Tutorial Uji Lagrange Multiplier Dengan Eviews

Jasa Olah Data dan Analisis Statistik Dengan Bimbingan

Latihan Lagrange Multiplier Test dengan Eviews

Pengertian Lagrange Multiplier Test

Uji Lagrange Multiplier Test atau biasa disebut dengan istilah Lagrangian Multiplier Test adalah analisis yang dilakukan dengan tujuan kerjakan menentukan metode yang terbaik internal regresi data panel, apakah akan menggunakan common effect ataupun random effect. Kerumahtanggaan artikel kali ini akan kami jelaskan langkah ataupun cara melakukan Uji Lagrange Multiplier Test dengan Eviews.

Lagrangian Multiplier Test

Para pembaca jangan risau maupun terkecoh jika mendengar dua istilah yang mirip, yakni Lagrange Multiplier Test dan Lagrangian Multiplier Test. Sebab keduanya sesungguhnya dua istilah yang sama maksudnya, yaitu uji Lagrange Multiplier dimana riuk satu fungsi atau kegunaannya yaitu untuk menentukan perhitungan terbaik, apakah menggunakan random effect atau tak.

Jasa Olah Statistik

Kata sandang ini merupakan terang ketiga seumpama kontinuitas berpokok kata sandang sebelumnya yaitu Hausman Test dengan Eviews. Sebagai bagian nan tidak terpisahakan dari serial kata sandang kami tentang regresi data panel dengan eviews, maka terdepan untuk kita untuk mempelajari artikel ini baik-baik.

Kiranya pemaham sidang pembaca tidak terputus atau segumpal sekadar, sebaiknya baca kata sandang kami tentang regresi data panel dan regresi data panel dengan eviews.

Tujuan Lagrange Multiplier Test

Seperti yang mutakadim kita pahami bersama sebelumnya, Uji Lagrange Multiplier Test dengan eviews ini harus dilakukan jikalau kita berpunya pada dua kondisi momen melakukan regresi data panel. Yaitu:

  1. Uji Chow Test menunjukkan bahwa metode yang terbaik merupakan Common Effect dari pada fixed effect. Sehingga langkah berikutnya untuk menentukan apakah Common Effect lebih baik dari plong Random Effect, maka diperlukan uji Lagrange Multiplier Test.
  2. Uji Hausman Test menunjukkan bahwa metode yang terbaik yaitu Random effect berpangkal plong Fixed Effect. Sehingga awalan berikutnya lakukan menentukan apakah Random Effect lebih baik dari pada Common Effect, maka diperlukan uji Lagrange Multiplier Test.

Tutorial Uji Lagrange Multiplier Test dengan Eviews

Berikut akan kemi jelaskan cara melakukan Uji Lagrange Multiplier Test atau Lagrangian Multiplier Test secara detail menunggangi aplikasi Eviews. Pastikan kamu telah mengajuk cak bimbingan sebelumnya tentang Hausman Test, sehingga anda telah siap dan punya file kerja yang akan digunakan privat tutorial Lagrange Multiplier Test dengan Eviews ini.

Kondisi Diperlukannya Lagrange Multiplier Test dengan Eviews

Silahkan beber kembali file kerja eviews sira dan pastikan bahwa anda sudah melakukan uji Chow Test dan risikonya merupakan menerima H0 atau yang bermakna pilihan common effect lebih baik dari pada fixed effect. Atau kamu mutakadim berbuat ancang Hausman Test dan jadinya ialah menerima H0 atau yang signifikan pilihan random effect lebih baik dari sreg fixed effect.

Lagrange Multiplier Test Sehabis Chow Test

Apabila sira mewah pada kondisi pasca chow test dan menerima H0, maka silahkan lakukan analisis random effect. Caranya adalah pada “Jendela Equation” anda klik pentol
Proc -> Specify/Estimate. Kemudian sekiranya unjuk “Tingkapan Estimation Equation” anda pilih “Tab Options” kemudian plong
combo box Cross-Section
silahkan pilih
Random.

Jasa Olah Statistik Dengan Konsultasi

Tampilannya yakni sebagai berikut:

Random Effect Regresi Data Panel dengan Eviews
Random Effect Regresi Data Panel dengan Eviews

Selanjutnya anda tekan tombol
OK.

Lagrange Multiplier Test Setelah Hausman Test

Apabila anda berada pada kondisi pasca hausman test dan menerima H0, maka silahkan lakukan amatan common effect. Caranya ialah lega “Perputaran udara Equation” engkau klik cembul
Proc -> Specify/Estimate. Kemudian jika unjuk “Aliran udara Estimation Equation” ia membeda-bedakan “Tab Options” kemudian lega
combo box Cross-Section
silahkan memperbedakan
None. Tampilannya adalah sebagai berikut:

Common Effect Regresi Data Panel dengan Eviews
Common Effect Regresi Data Panel dengan Eviews

Selanjutnya anda tekan tombol
OK.

Sehabis anda berbuat keseleo satu anju pada kondisi-kondisi di atas, maka silahkan anda untuk anju Uji Lagrangian Multiplier Test. Ialah puas “Jendela Equation” anda tekan pentol
View -> Fixed/Random Effects Testing -> Omitted Random Effects – Lagrange Multiplier.

Interprestasi Lagrange Multiplier Test dengan Eviews

Jika langkah dia moralistis, maka seharusnya akan unjuk “Perputaran udara Equation” begitu juga di bawah ini:

Output Lagrange Multiplier Test dengan Eviews
Output Lagrangian Multiplier Test Regresi Data Panel dengan Eviews

Sebenarnya banyak sekali metode perhitungan yang dapat dilakukan, hanya saja dalam tutorial ini akan kami jelaskan dengan menggunakan metode Breusch Pagan. Metode ini paling kecil buruk perut digunakan oleh para pengkaji. Kerumahtanggaan eviews, silahkan anda baca output di atas, terutama yang dilingkari rona abang.

Nilai P Value ditunjukkan oleh kredit nan dibawah yaitu sebesar 0,000 dimana nilainya invalid dari 0,05. Sehingga Lagrange Multiplier Test ini menunjukkan bahwa menerima H1 yang berarti metode perincian terbaik merupakan Random Effect. Apabila nilai p value lebih besar dari pada 0,05 maka menerima H0 yang berarti metode estimasi nan terbaik adalah Common Effect.

Hasil dari kajian Lagrangian Multiplier Test dalam artikel ini bisa ia bandingkan dengan aplikasi lainnya, yaitu STATA. Dimana telah dibahas tentang Tutorial Regresi Data Panel dengan STATA.

Demikian di atas mutakadim kita lakukan uji lagrange multiplier test dengan eviews. Semoga cak bimbingan dalam kata sandang ini dapat berarti bagi para pembaca untuk menyelesaikan tugas penghabisan ataupun penelitiannya. Kata sandang berikutnya untuk menjelaskan secara komprehensif akan halnya interprestasi regresi data panel dengan eviews, maka statistikian akan terbitkan artikel yang berjudul: Cara Mendaras Regresi Data Panel dengan Eviews.

Jasa Olah Data Aman Terpercaya

Source: https://www.statistikian.com/2017/04/tutorial-lagrange-multiplier-test-dengan-eviews.html