Tutorial Moodle 3.3 Bahasa Indonesia

Membuat kelas pengajian pengkajian online tidak pula peristiwa sulit. Ketika ini telah banyak platform yang bisa Dia gunakan untuk menciptakan menjadikan materi e-learning yang menjajarkan. Moodle ialah salah satunya.

Segala apa sebenarnya Moodle itu? Artikel kami berikut akan membantu menjawab pertanyaan Anda. Menginjak dari signifikansi, berbagai kelebihan dan cara menggunakannya. Ayo baca lebih lanjut!

Apa itu Moodle?

Moodle ialah platform berwatak web-based yang seremonial digunakan kerjakan keperluan e-learning. Dengan kata lain, Moodle dibuat unik sebagai sebuah sistem manajemen pembelajaran online yang efektif.

Kepanjangan dari Moodle sendiri merupakan
Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Artinya, platform ini dikhususkan bagi membuat mileu belajar online yang dinamis.

Artinya, jika Ia kepingin menggunakan platform e-learning bakal membuat kegiatan belajar-mengajar lebih efektif, Moodle dapat menjadi pilihan yang tepat.

Rekaman pengembangan Moodle sebenarnya sudah dimulai dari tahun 1970. Sahaja, baru dirilis secara resmi pada 2002.
Martin Dougiamas
ialah bani adam di putar keseleo satu platform e-learning terbaik ini.

Platform ini bersifat open source dan bisa digunakan secara
gratis. Dengan demikian, bisa menjadi solusi cara belajar mengajar yang murah tapi tetap efektif.

Tak heran, banyak sekolah, kampus dan lembaga pendidikan menggunakan Moodle. Namun, banyak juga perusahaan samudra di dunia nan menggunakan Moodle sebagai media sparing para karyawannya. Salah satu contohnya adalah
Shell.

Moodle digunakan oleh perusahaan besar seperti Shell.

Kepopuleran Moodle berkembang dengan pesat sejak dirilis. Hingga saat ini, ada lebih dari
190 juta konsumen
Moodle di seluruh dunia.

Pengguna moodle terus meningkat.

Keistimewaan Moodle nan Terlazim Anda Ketahui

Banyak sekali keunggulan moodle yang menjadikannya platform pembelajaran yang memadai digunakan. Berikut di antaranya:

1. Prodeo

Ia dapat mendownload software Moodle sonder harus membayar lisensi tunggal. Tidak saja itu, Beliau dapat menggunakan dan mengembangkannya sendiri sesuai kemampuan Anda.

Meskipun demikian, kalau mau membangun kursus alias portal pembelajaran, Anda tetap harus membedakan biaya. Bikin segala apa? Takhlik website dan menyiapkan berbagai rupa materinya.

Kami akan menjelaskan lebih lanjut di adegan Cara Menggunakan Moodle.

2. Mudah Digunakan

Siapapun bisa menggunakan Moodle tanpa wajib mempelajarinya lama. Baik bak pengajar, administrator atau peserta.

Kemudahan tersebut terutama bisa ditemui pada tiga peristiwa berikut:

  • Fitur
    drag-and-terban
    yang lebih memudahkan dalam membentuk materi sparing.
  • Antarmuka yang
    instingtif
    sangat membantu memahami penggunaan Moodle lebih cepat.
  • Dokumentasi
    yang tersedia lengkap ditambah tuntunan Moodle nan banyak dibuat oleh peguyuban penggunanya.

3. Fleksibel

Platform ini membantu semua perimbangan pembelajaran. Mulai mulai sejak kelas mungil berilmu bilang orang, hingga portal pembelajaran untuk ribuan makhluk seperti mana di perusahaan dan sekolah.

Kondisi ini kian memungkinkan siapa saja kerjakan bisa mewujudkan kelas pengajian pengkajian sendiri. Bisa dimulai dari neraca kecil dengan materi terbatas dulu. Jika telah berhasil, bisa ditingkatkan perlahan buat audiens yang lebih banyak.

4. Aman

Tak mesti ragu dengan keamanan Moodle. Update yang secara rutin dilakukan bertujuan bagi menjamin keamanan pengguna. Baik berpangkal kehilangan data materi pendedahan atau preventif pencopetan data pribadi saat mengakses sistem.

Bahkan, kalau mengurusi mimbar tersebut sendiri, Anda akan menjawat lagam penuh atas keamanan platform Engkau.

5. Koheren

Cak hendak membangun sebuah sistem pembelajaran online yang terintegrasi? Moodle bisa menjadi seleksian tepat. Alasannya, podium ini memiliki fitur
external collaborative tools. Jadi, Anda bisa melengkapi kursus online Anda dengan halaman wiki, forum, sampai blog dengan mudah.

6. Bisa Dikustomisasi

Platform ini memang diciptakan kerjakan semua lingkaran. Maka, kerjakan membantu intensi tersebut, Moodle sengaja dibuat agar mudah dikustomisasi.

Dari arah tampilan, Anda boleh mengganti tema sesuai yang kemauan. Halaman direktori Moodle mempunyai banyak seleksian tema yang dapat diunduh gratis. Selain itu, Anda bebas menukar logo dan footer sesuai instansi atau lembaga Dia.

Moodle adalah platform yang mudah dikustomisasi dengan penggunaan berbagai tema.

7. Mendukung Plugin

Secara default, Moodle sudah boleh digunakan untuk menciptakan menjadikan podium penerimaan yang baik. Namun, jika Anda kepingin menambah fungsi khusus, platform ini juga menyempatkan plugin.

Bukan tekor dari
1677 plugin
terhidang di direktori plugin Moodle. Baik untuk kebutuhan administrasi, penilaian, komunikasi dan lainnya.

Moodle mendukung plugin yang beragam.

8. Mobile Friendly

Pengembangan Moodle tak koalisi cak jongkok. Pelecok satunya, dengan menjadikan podium ini mobile friendly. Peristiwa ini tentu akan memudahkan dalam mengakses materi belajar kapan saja, di mana saja.

Moodle adalah CMS yang mobile friendly.

Sebagai sebuah platform berbasis web, peningkatan puas cross browser compatibility membuat tampilan materi akan terlihat sama meskipun diakses dari perangkat dan browser nan berbeda.

9. Mendukung Berbagai Bahasa

Moodle memiliki komunitas yang aktif dari seluruh dunia. Merekalah yang banyak membantu peluasan Moodle. Salah satu ekspansi tersebut adalah penerjemahan tribune ke plural bahasa (localization).

Meskipun belum mendukung bahasa Indonesia secara penuh, Moodle sudah membantu banyak bahasa di dunia. Inilah yang membuat eksploitasi Moodle menjadi semakin mudah dan penggunanya meningkat.

Baca Kembali:

Rekomendasi LMS Plugin WordPress untuk Membuat Website E-Learning

Barang apa Tetapi Fitur Unggulan Moodle?

Moodle memiliki banyak sekali fitur yang diperlukan untuk membangun e-learning Anda. Apa saja fitur Moodle tersebut?

1. Personalized Dashboard

Salah satu fitur terbaik nan dimiliki Moodle adalah dashboard yang intuitif dan teratur. Berbagai informasi terdahulu boleh bersama-sama Anda akal masuk berasal halaman utama tersebut. Berangkat dari daftar kursus, takwim kegiatan, pengguna yang sedang online, setakat warta publik.

Cara menggunakan Moodle dengan mengakses dashboard.

Dasboard ini pula bisa dikustomisasi sesuai hak akses yang dimiliki oleh masing masing peran (guru, peserta, administrator).

2. File Management

Ketika membuat materi kursus ataupun ujian, Anda bisa dengan mudah menambahkan file baru ke dalamnya. Memadai dengan
drag-and-ambruk, file otomatis akan menjadi bagian cak bimbingan Anda.

Cara enggak yakni dengan menambahkan
resource
materi yang terserah di kursus bukan. Dapat berupa sebuah file, folder atau alamat URL.

3. Progress Tracking

Akan dahulu sulit memastikan kesuksesan sebuah pembelajaran tanpa diikuti pengawasan nan baik. Itulah alasan Moodle terus mengembangkan fitur tracking progress di platform mereka.

Menariknya, fitur tracking ini meliputi semua penilaian nan bisa dilakukan melalui podium pembelajaran ini.

  • Course completion. Setiap materi kursus nan sudah diikuti dapat ditandai secara manual alias otomatis. Jadi, bisa dilanjutkan ke materi berikutnya.
  • Activity completion. Indikator cak bagi men bahwa sebuah tugas telah selesai terjamah. Dapat ditandai secara manual atau otomatis.
  • Grades. Penilaian atas sebuah tugas ataupun tentamen yang mutakadim dijalani.
  • Badges. Penghargaan yang diberikan ke murid tertentu yang telah menyelesaikan tugas ataupun materi kursus tertentu.
  • Competencies. Pemberian peringkat sesuai dengan kemampuan peserta pembelajaran.

Selain semua penilaian di atas, Moodle juga n kepunyaan fitur
Reports
dan
Analytics
yang berguna untuk mencerna penjelasan berpokok setiap progress yang tercatat.

Fitur Reports pada Moodle.

4. Multimedia Integration

Cara termudah bikin belajar adalah menggunakan berbagai macam media yang silih kontributif. Selain itu, pendekatan ini juga akan membuat pengalaman belajar menjadi bukan melelapkan.

Moodle mendukung upaya ini dengan kemudahan integrasi multimedia pada platform mereka. Baik lega materi pembelajaran maupun eksamen.

Moodle mendukung multimedia integration.

Penyuluh bisa menggunakan multimedia begitu juga audio, video, dan gambar dengan bermacam-macam format. Terlebih, bisa pula menggunakan media embedding mulai sejak
YouTube
alias
Vimeo.

Jikalau ingin menggunakan format multimedia tertentu, cukup mengaktifkannya secara manual melalui menu supremsi administrator.

5. Peer Assessment

Moodle punya fitur yang cukup unik. Pengajar boleh meminta pesuluh pengajian pengkajian kerjakan memberikan penilaian temannya. Selain dapat mendapatkan hasil lebih cepat, cara ini tentu akan melibatkan partisipasi peserta nan kian baik.

Fitur ini pun dapat diatur sesuai dengan kehausan pengajar. Bisa berlangsung secara kodrati alias dengan kaidah penunjukkan kontan dimana salah satu petatar dipasangkan dengan peserta lainnya.

Fitur peer assessment di Moodle cocok untuk membuat elearning yang baik.

6. Inline Feedback

Pengajar enggak teradat memberikan koreksi atas tugas yang diberikan menunggangi arsip yang berbeda. Dengan Moodle, koreksi dan feedback bisa sekaligus dilakukan melewati browser pada tugas tersebut.

File manuskrip nan diunggah murid pembelajaran bisa langsung diberi catatan ataupun di-highlight.

Karuan saja keenam fitur di atas sekadar bilang fitur unggulan berpunca Moodle. Masih banyak fitur bukan yang bisa Dia gunakan sesuai kebutuhan dan jenis pelajaran online yang Beliau ingat.

Baca juga: 17+ Situs dan Aplikasi Sparing Online Terbaik lakukan Anda!

Perbedaan Moodle.org, Moodle.com, dan MoodleCloud.com

Moodle menawarkan tiga versi untuk Kamu gunakan. Supaya Dia lebih memahaminya, kami akan mengulas perbedaan ketiga versi tersebut. Berikut perbedaan Moodle.org, Moodle.com, dan Moodlecloud.com.

1. Moodle.org

Moodle.org

Moodle.org merupakan peguyuban bagi Moodle Project. Adanya forum support memungkinkan Kamu mendapatkan solusi atas suatu rintangan. Selain itu, Anda pun dapat mengunduh code dan plugin lega website ini.

2. Moodle.com

Moodle.com

Moodle.com adalah varian niaga dari Moodle HQ. Di sini Anda akan menemukan beragam ijab produk sebagai halnya Moodle LMS, Moodle App, Moodle Workplace, dan banyak lagi.

Selain itu, terhidang juga Moodle Partner bagi mencari ahli dalam melakukan training, hosting, sebatas emplementasinya. Tak kepalang tanggung, Dia kembali bisa mendaftarkan diri menjadi partner, lho!

3. MoodleCloud.com

MoodleCloud.com

Mungkin, ini adalah versi Moodle yang paling kecil difavoritkan. Menggunakan tribune ini, Anda boleh membangun koteng situs berlatih online secara percuma. Materi pembelajaran Anda juga akan mudah diakses karena disimpan internal server Moodle.

Baca lagi: Cara Membuat E-Learning Berbasis Web dengan Tutor LMS [Terbaru]

Bagaimana Cara Menggunakan Moodle?

Pada dasarnya Moodle bisa digunakan dengan tiga cara utama:
self-hosted,
managed service
menggunakan Moodlecloud, dan integrasi dengan WordPress.

Self-hosted artinya Anda memiliki website dengan server sendiri dan terlampau mengelolanya secara mandiri. Bisa dilakukan dengan melanggani layanan hosting.

Sebaliknya, Moodlecloud yakni layanan nan mendukung Engkau takhlik website penerimaan online dengan server yang sudah disiapkan. Kaprikornus, lebih praktis. Namun, pendirian ini memiliki berbagai keterbatasan seperti ketentuan besaran pemakai, storage dan fungsi abnormal.

1. Self-Hosted

Cak bagi menggunakan secara self hosted, inilah beberapa anju yang teradat Anda lakukan:

Moodle ialah software nan mesti Beliau download dan install. Agar dapat melakukan hal tersebut, beberapa perincisan hosting cak bagi Moodle yang harus Kamu penuhi.

  • Web server begitu juga
    LiteSpeed
    dan acara database seperti
    MariaDB.
  • PHP yang sudah lalu terkonfigurasi dan ekstensi nan diperlukan
  • Sendmail jika membutuhkan akal masuk penggunaan email

Langkah 2: Mengunduh Moodle

Selepas memastikan semua syarat di atas bisa dipenuhi, Anda bisa mendownload software Moodle.

Tutorial Moodle diawali dengan mengunduh software tersebut secara gratis.

Persiapan 3: Membentuk Database

Buatlah database sesuai dengan program nan Kamu gunakan. Kemudian tentukan username dan password.

Awalan 4: Membuat Direktori

Bagi menyimpan semua file dari platform pembelajaran Anda, buatlah direktori kosong. Pastikan direktori tersebut bisa diakses dengan baik sehingga tidak mengganggu pengejawantahan platform Ia.

Persiapan 5: Instalasi Moodle

Setelah memastikan instalasi kode Moodle dan konfigurasi awal dilakukan, lanjutkanlah dengan instalasi Moodle. Jangan pangling untuk mengatur kepunyaan akses dengan bermoral. Yaitu programa file diatur not writable, sedangkan data file diatur writable.

Langkah 6: Setup Cron

Cron job adalah sebuah program yang menjalankan perintah secara otomatis. Ancang ini perlu Ia lakukan setelah tahapan instalasi Moodle berhasil. Rekomendasi cron job nan perlu disetting merupakan setiap menit.

Persiapan 7: Website Moodle Siap Diakses

Selamat Anda sudah dapat mengakses website Moodle Dia jika semua langkah di atas sudah lalu dilakukan dengan moralistis. Lebih jauh, Kamu cukup menyiapkan materi dan membuat beraneka rupa kursus melalui menu utama Moodle.

Baca Juga: Pendirian Install Moodle di VPS Ubuntu dalam 7 Ancang

2. Moodlecloud

Cara lain lakukan memperalat Moodle adalah dengan memanfaatkan
Moodlecloud. Begini caranya:

Langkah 1: Sign Up/Login

Anda harus mempunyai akun Moodlecloud untuk dapat menggunakan layanan ini lebih jauh. Jadi, Kamu bisa melakukan sign up terlebih suntuk.

Moodlecloud login page.

Isikan data diri kamil dan tunggu verifikasi berdampak lewat email

Persiapan 2: Lakukan Kekuasaan Website

Pasca- berhasil, website belajar online Anda sudah dapat diakses sesuai URL yang Anda gunakan.

Pengaturan website elearning menggunakan Moodlecloud.

Suntuk, Anda bisa melakukan login dan timbrung ke pelataran utama. Ia bisa mengidas menu
“Site Administration”
untuk mulai berbuat pengaturan website sesuai keinginan.

Terdapat bermacam-macam spesies menu yang bisa akses bikin melakukan personalisasi pada website Ia. Start dari otoritas umum, konsumen, kursus, sebatas ke tampilan website.

Awalan 3: Takhlik Kursus

Anda bisa mulai membuat kursus, berasal jerambah utama dan memilih
“Add a New Course”.

Langkah pembuatan kursus online.

Lalu, masukan heterogen pemberitahuan tentang pelajaran yang dibuat. Berangkat dari penjelasan masyarakat tentang nama kursus dan tanggal pelaksanaan, hingga kontrol tampilan dan dimensi kursus.

Jika sudah selesai, silakan pilih
“Save And Return”.

3. WordPress Integration

Jika Ia punya website WordPress, Anda bisa melakukan integrasi kursus nan terserah di Moodle. Untuk mengamalkan hal ini, Engkau memerlukan plugin
Edwiser Bridge.

Berjualan kursus online dengan WooCommerce Integration.

Inilah anju yang perlu Anda lakukan:

  • Download dan install plugin
    Edwiser Bridge.
  • Masuk ke
    Settings
    ->
    Connection Settings.
  • Masukan
    Moodle URL
    dan
    Moodle Access Token lalu
    Simpan.
  • Turut ke
    Settings
    ->
    Synchronization
    ->
    Synchronize Courses.
  • Pastikan synchronization option tercentang, lalu
    Start Synchronization.

Dengan cara tersebut, kursus nan ada pada website Moodle Anda akan terintegrasi di website WordPress yang digunakan.

Pasca- bertelur, Dia bisa melanjutkan pengaturan kursus online Anda melangkaui menu Settings di Edwiser Bridge.

Cara Mendapatkan Uang lelah berusul Moodle

Anda bisa mendapatkan penghasilan berusul platform pembelajaran yang Anda bakal. Baik yang langsung dari website Moodle maupun melalui integrasi dengan website WordPress Dia.

Inilah cara tersebut:

1. Moodle PayPal Enrolment

Agar dapat membuat kursus online berbayar, Beliau mesti memasang PayPal Enrolment plugin terlebih tinggal. Plugin ini diperlukan cak bagi melakukan supremsi pemasukan di masing-masing kursus yang diselenggarakan.

Mandu ini unik untuk Moodle yang self-hosted. Sebab, pengguna Moodlecloud bukan dapat berbuat instalasi plugin tersebut.

Sekiranya Anda mau semua anak adam dapat bergabung menggunakan email mereka, pastikan Dia sudah mengaktifkan
Email-based Self-Registration
plong menu
Settings.

Pasca- itu, lakukan anju berikut:

  • Masuk ke
    Settings
    ->
    Users
    ->
    Enrolment Methods.
  • Lanjutkan dengan klik
    Edit PayPal option.
  • Pastikan
    Allow Paypal Enrolment
    dalam keadaan
    Yes.
  • Isikan nominal di
    Enrol Cost
    dan tentukan juga
    Currency
    (mata uang jasa).
  • Atur
    Assign Role

    puas
    Student.
  • Kemudian
    Add Method
    dan
    Save Changes.

Sehabis melakukan pendirian di atas, penetapan harga sreg cak bimbingan yang Engkau inginkan sudah berakibat.

2. WooCommerce Integration

Pendirian enggak yang bisa Anda gunakan lakukan mendapatkan uang dari Moodle ialah dengan mengintegrasikan Moodle dengan WordPress. Caranya? Ia dapat menggunakan plugin Edwiser Bridge.

Namun, Ia perlu mengeluarkan biaya untuk membeli plugin premium
WooCommerce Integration for Edwiser Bridge
seharga
$55. Jika instalasi sudah lalu dilakukan, Anda dapat menjual kursus online Anda layaknya sebuah toko online biasa.

Fungsi berusul mandu ini adalah Kamu bisa menjual pelajaran ataupun materi pembelajaran online Kamu dengan plural cara pembayaran. Bisa per materi, sistem bundle sampai melanggani (subscription).

Selain itu, diversifikasi penyetoran yang dilakukan sekali lagi tidak namun dengan PayPal saja. Bisa dengan
Stripe,
PayU Money, dll.

Yuk Lakukan E-Learning dengan Moodle Waktu ini Juga

Moodle yakni salah suatu platform e-learning terbaik dengan berbagai fitur unggulan. Anda dapat menggunakannya cak bagi membuat aplikasi penelaahan online.

Apapun proporsi dan tujuan portal pembelajaran Anda, Moodle dapat menjadi pilihan. Lebih lagi, jika Dia bertujuan mendapatkan penghasilan semenjak website pengajian pengkajian nan Engkau buat.

Moodlecloud merupakan kaidah membuat website pembelajaran yang mudah. Sayangnya, abnormal memasrahkan keleluasaan dalam mengelola e-learning Ia.

Di sisi tak, self-hosted Moodle memberikan Anda kendali penuh atas website e-learning tersebut. Malar-malar, jika
didukung layanan cloud hosting dengan penampilan yang baik
.

Layanan cloud hosting Niagahoster menyerahkan Ia unlimited bandwith dan acaram uptime yang tangga agar website Ia dapat terus diakses sejauh 24 jam penuh.

daftar paket cloud hosting niagahoster

Hendaknya keterangan di artikel ini bermanfaat lakukan Anda. Salam sukses.

Source: https://www.niagahoster.co.id/blog/moodle-adalah/