Tutorial Membuat Presentasi Power Point Yang Menarik

Belajar cara membuat PPT menarik merupakan hal penting bagi siapa saja yang rutin mengamalkan penyampaian. Entah itu karyawan di sebuah firma alias tenaga pendidik, terutama dosen yang nyaris saban hari buruk perut mengamalkan presentasi materi pembelajaran di hadirat puluhan sebatas ratusan mahasiswa.

PPT atau
slide
presentasi memang terbiasa didesain semenarik kelihatannya untuk membuatnya tampak menarik di alat penglihatan siswa didik. Tujuannya agar semua dapat titik api kepada materi yang disampaikan. Kesadaran kemudian lebih maksimal dan tentunya akan memberi fasilitas cak bagi meraih nilai ujian yang memuaskan.

Meskipun proses pembuatan PPT terbilang mudah, ternyata tidak abnormal nan masih bingung untuk menjadikan tampilannya menjujut. Sebab dengan memperalat
template
ala kadarnya dan asal dalam memilih font alias huruf. Maka tampilan menjadi lazim dan enggak bisa menggugah minat. Lalu, bagaimana mudah-mudahan PPT bisa lebih menyeret?

Pentingnya Takhlik PPT Lebih Menarik

Pada dasarnya cak semau banyak cara menciptakan menjadikan PPT menjajarkan dan tentunya bisa menerapkan satu cara maupun makin bagi disesuaikan kebutuhan. Namun, lakukan mengetahui cara-cara tersebut terlebih suntuk terbiasa paham kenapa PPT harus dibuat menarik. Menjadikan PPT lebih meruntun karuan butuh
effort
lebih dan tidak semua dosen memiliki waktu sepan untuk melakukannya.

Namun, jika sudah kritis alasan kenapa PPT mesti dibuat menarik maka bisa menjadi senawat. Sehingga bisa mencoba lebih gigih untuk mendesain PPT menjadi lebih menarik dan tak kembali pasrah begitu tetapi. Adapun alasan yang membuat PPT perlu didesain dengan baik adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan perhatian peserta alias mahasiswa, dengan desain PPT yang dibuat atraktif dan menarik maupun enak dilihat. Maka semua mata dengan mudah tertuju di PPT tersebut, faali ingatan didapatkan. Dosen pun bisa lebih nyaman sinkron percaya diri menjelaskan isi PPT tersebut.
  • Menciptakan suasana presentasi yang mendukung, peristiwa ini masih berhubungan dengan kredit sebelumnya dimana mahasiswa bisa titik api ke PPT. Maka suasana kelas menjadi makin lengang dan dosen juga boleh lebih mudah mengendalikan suasana kelas. Sehingga suasana nan kondusif bagi kegiatan penelaahan terdidik dengan sendirinya.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran, dimana mahasiswa bisa lebih perseptif materi nan dipresentasikan dosen. Kemudian timbrung menuas performa akademik mereka, misalnya dengan banyaknya pemilik ponten nan bagus. Sebab biasanya mahasiswa mampu memahami materi penelaahan dengan baik.

Baca Sekali lagi:

Arketipe Daftar Biografi

Contoh Salinan Rekomendasi Lektur

Kaidah Melamar Menjadi Dosen di PTS

Teoretis CV Dosen nan Baik dan Benar

Kamil CV Lamaran Kerja


Cara Membentuk PPT Menarik

Mempelajari berbagai cara membuat PPT menggandeng tentu menjadi hal penting, setelah memahami manfaatnya bersumber penjelasan sebelumnya. Sedangkan bagi membentuk PPT tampil lebih menarik dan profesional. Maka boleh mencoba menerapkan cara-cara berikut ini:

1. Menggunakan Tema Khusus

Pendirian permulaan bagi menjadikan slide presentasi lebih menjajarkan di mata mahasiswa yaitu dengan menggunakan tema individual. Tema ini bisa dibeli dan dapat pun didapatkan gratis terbit aplikasi pihak ketiga. Terdengar ribet? Maka tak keburukan menggunakan tema nan sudah ada di PPT dan tinggal dipakai.

Kuncinya merupakan konsisten menggunakan satu tema saja, jangan dicampur-campur. Memilah-milah tampilan yang sesuai materi, sebab beberapa terbiasa ditambahkan gambar, ada yang sekadar teks hanya, cak semau pun yang wajib ditambahkan grafik. Tema bawaan di PPT umumnya mutakadim diatur desain
layout-nya sehingga lalu di edit teksnya sesuai kebutuhan.

2. Membuat Killer Opening Slide

Kaidah mewujudkan PPT menarik seterusnya yakni dengan membuat
killer opening slide. Artinya, untuk slide mula-mula sebaiknya dibuat berkesan sehingga memberi efek “mematikan”. Slide ini kemudian akan membantu mendapatkan fokus dan pikiran petatar sejak pertama kali membuka PPT.

Lalu, seperti barang apa slide penyampaian yang punya efek mematikan tersebut? Keseleo satu contohnya yaitu dalam bentuk soal dan berisi satu kalimat cak bertanya belaka. Jangan kian, kendati mahasiswa langsung fokus dengan soal tersebut dan kemudian menyedang menemukan jawabannya dengan memperhatikan slide-slide berikutnya.

3. Sederhanakan Tema untuk Dibahas

Seterusnya ialah dengan menyederhanakan tema untuk dibahas. Maksimal sampaikan 3 (tiga) tema secara berurutan, usahakan jangan berlebih banyak. Sebab bisa membuat jumlah slide terlalu banyak dan resiko kehilangan fokus mahasiswa menjadi sangat tingkatan.

Makara, buatnya penyampaian materi dengan disederhanakan supaya slide penyajian lebih sedikit. Kemudian punya banyak perian untuk menguraikan panjang lebar secara leluasa. Pastikan segala yang disampaikan tidak akan didapatkan mahasiswa berpunca internet, buku, dan sumber penelaahan lainnya.

Oleh sebab itu, slide pengutaraan teradat dijadikan perlengkapan bantu sahaja dan bukan dijadikan yang utama. Angka terdepan adalah dosen itu koteng yang menguasai materi dan mampu memberi penjelasan lebih dibandingkan isi slide penyampaian tersebut. Kaprikornus, sederhanakan materi agar bisa menjelaskan dengan detail sebatas mahasiswa reaktif sampai ke privat-n domestik.

4. Gunakan Poin-Poin dan Minimalkan Bacaan

Kemudian,  mandu membuat PPT menarik yang keempat adalah menunggangi skor-poin maupun penomoran. Tujuannya agar PPT tertumbuk pandangan lebih keteter dan terlihat mengganjur karena isinya mudah dibaca. Setiap poin ini kemudian boleh dengan mudah dipahami oleh mahasiswa, dan penjelasan detailnya akan didengarkan dari apa nan disampaikan dosen.

Minimalkan eksploitasi teks, kaprikornus di PPT hanya tampil nilai-poin utama. Selebihnya dosen terbiasa menguraikan secara oral yang kemudian efektif mendapatkan minat dan perhatian mahasiswa di inferior. Jika berlebih banyak wacana, dan dosen hanya menganjurkan ulang pustaka nan tertulis di PPT. Maka dijamin mahasiswa mudah bosan dan mengantuk di kelas.

5. Menambahkan Slide Kosong

PPT ternyata bisa jauh makin menarik jikalau didalamnya disisipkan slide nol, tanpa teks dan tanpa ponten. Boleh hanya menampilkan kop slide saja yang berisi suatu kalimat sumir. Padahal isinya cukup dijelaskan dengan lisan oleh dosen, sekonyongkonyong perhatian seluruh kelas akan tertuju ke dosen.

Maka sendi mulai sejak pengutaraan ini yakni dosen yang paham betul materi pembelajaran, dan kemudian disisipkan sejumlah pesan atau cerita pengalaman. Sehingga segala yang disampaikan dengan oral ini tidak akan ditemukan mahasiswa di internet, buku, dan media lainnya. Presentasi dosen kemudian akan dianggap menarik dan kelas selalu riuh-rendah karena elusif yang absen dan menampilkan interaksi.

6. Menggunakan Gambar dan Video Berkualitas Tinggi

Dalam mempelajari cara membuat PPT meruntun biasanya akan disarankan bagi mewujudkan animasi, misalnya pustaka yang bergerak-gerak. Semata-mata, menjadikan PPT menarik sememangnya tidak dengan kartun begitu juga ini. Cukup jadikan isinya halal minus efek dan bermain dengan konten nan variatif.

Selain pintar pustaka dan nilai-nilai bisa ditambahkan tulang beragangan maupun video. Pastikan kualitasnya bagus dan memiliki resolusinya nan tinggi. Meski gambar dan video ini dapat dilihat dengan jelas dan kemudian menjadikan PPT lebih menarik. Sekaligus sukses meraih perhatian mahasiswa di kelas.

7. Membagikan Selebaran ke Mahasiswa

Rahasia selanjutnya adalah membagikan brosur, ceceran ini kemudian dibagikan kepada mahasiswa di inferior untuk dapat mengikuti setiap slide di PPT. Doang, isi ceceran ini bukan hasil cetak seluruh PPT dari pekarangan mula-mula sampai akhir. Pas semua ponten terdepan saja dan sedikit penjelasan.

Tujuannya agar mahasiswa di awal kegiatan pembelajaran boleh tahu segala doang nilai-poin nan akan dibahas di kelas. Selain itu bisa lebih fokus mengkritik slide penyampaian dan dosen yang berdiri di depan kelas.

Dengan berjenis-jenis cara menciptakan menjadikan PPT menarik di atas maka menyusun slide presentasi menjadi kian mudah. Serentak kegiatan pengajuan menjadi lebih mendinginkan karena memang bisa mendapatkan manah seluruh mahasiswa di kelas. Bintang sartan, jangan ragu cak bagi mempraktekannya.

Artikel Terkait:


Tips Agar Power Pont Disukai Mahasiswa

Tata Kaidah Takhlik Google Classroom

Cara Membuat PPT nan Komunikatif dan Atraktif

Tips Membuat PPT yang Menggelandang, Atraktif, dan Informatif

5 Langkah Pengajuan Seyogiannya Lektur Menarik

4 Teknik Presentasi Agar Bukan Blank

Source: https://www.duniadosen.com/cara-membuat-ppt-menarik/