Tutorial Membuat Motion Graphic Di After Effect




Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)




Pernahkah anda menonton video nan isinya informasi terik tapi disajikan dengan lembaga dan huruf bergerak? Kali, videomotion graphiclah yang sedang kamu tonton. Yap, video ini memang belalah ditemukan di bekas umum, begitu juga kereta, perempatan jalan raya, dan sebelum penayangan gambar hidup bioskop dimulai.Motion graphic adalah salah suatu media informasi visual. Gambar dan gerakannya yang dinamis membuat orang nggak cepat bosan. Supaya bertambah kenal dengan jenis video yang satu ini, yuk kita sama-setimpal sparing cara membuatmotion graphic.









Barang apa Itu


Motion Graphic


?








Sesuai dengan namanya,motionartinya gerak dangraphicartinya grafis. Jikalau digabungkan artinya menjadi grafis yang bersirkulasi. Secara garis besar,
motion graphic
adalah rangkaian desain berbasis media visual dengan menambat berbagai ragam komponen di dalamnya, seperti mana ilustrasi, tipografi, dan fotografi nan diberi surat berharga visual serta efek suara tertentu.




Objek yang tadinya berupastill imagediberi efek sehingga cak semau ilusi bergerak secara dinamis. Pastikan juga rancangan nan akan kamu edit memiliki kontinuitas dengan gambar selanjutnya sehingga nggak merusak lintas imajiner penonton. Rata-rata video ini digunakan bikin membagi informasi ke bani adam luas dengan cara penyampaian nan sederhana dan mudah dimengerti. Sehingga khalayak nan menonton pun nggak cepat bosan.








Motion Graphic


cak bagi Berlatih Efektif











Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)

Ilustrasi motion graphic (Sumber:giphy.com)







Belajar berpunca visual juga nggak kalah, loh. Memang, nggak semua khalayak nyaman belajar lewat okuler. Namun untuk makhluk dengan tipe sparing audio-visual,motion graphicboleh menjadi keseleo satu solusisparing efektif. Bentuknya nan tunggal dan tulisan yang sudah dipersingkat menciptakan menjadikan belajar jadi lebih asik dan santai, karena isi materi sudah dipersingkat dan durasi nggak terlalu panjang, kesudahannya isi materi lebih mudah diingat.






Kejadian-Kejadian yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Motion Graphic








Menciptakan menjadikan videomotion graphicmemang nggak mudah. Semakin banyak komponen dan panjang durasi, maka semakin tinggi sekali lagi tingkat kesulitannya.Layerdankeyframesekali lagi akan semakin banyak. Sebagaimana nan diketahui, setiap perancangan karya karuan ada keadaan-keadaan penting nan harus kamu perhatikan, teragendakan saat hendak membuat videomotion graphic. Cara membuatmotion graphichampir sebagaimanacara membuat animasi kok. Berikut hal-peristiwa yang harus diperhatikan detik membuatmotion graphic:








1. Timing










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)

Ilustrasi motion graphic (Sendang:giphy.com)











Timingadalah pelecok satu cara dasar animasi. Jikalau kita kaitkan denganmotion graphic, fungsitimingadalah buat menciptakan satu perbedaan besar dengan atmosfer yang tepat. Misalnya suka-suka objek bola basket di dalam video. Bola basket harus menyembat ke atas dan ke radiks dengan waktu nan tepat. Kamu dapat mengulangulang atau bahkan menangguhkan pergerakan bahan untuk menciptakan ilusi gerak yang riil.









2. Pergerakan










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)

Contoh rayapan dalam motion graphic (Sumber:blog.advids.co)










Hal berikutnya yang harus diperhatikan yaitu rayapan mangsa nan ada di dalam video. Buatlah gerakan-persuasi yang sinkron dan memiliki kontinuitas seharusnya terlihat bertambah nyata. Misalnya di privat video menunjukkan pergerakan seorang anak asuh lanang yang sedang berjalan dari jihat kiri ke kanan. Maka sebagai
video penyunting
, anda perlu menjatah pergerakan yang dinamis dan setimbang dengan objek penting. Coba gerakkanbackground,rumput, dan lampu busur jalan ke arah berlawanan berpangkal objek utama. Supaya cak semau ilusi berjalan semenjak jihat kiri ke kanan.









3. Atraksi










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)

Ilustrasi motion graphic (Perigi:giphy.com)










Atraksi di sini maksudnya kamu harus sakti memilih momen keluar dan masuknya bentuk dengan surat berharga visual. Anda harus pandai mengarahkan perhatian penonton ke arah pengumuman nan kepingin kamu sampaikan padascenetertentu. Misalnya jangan memberi efek kelap-kelip ketika kamu mau menuliskan angka-angka terdepan secara singkat. Nanti, penonton nggak bisa mengaram dengan jelas informasi yang sebenarnya cak hendak kamu sampaikan.







Ketiga situasi terdepan di atas mesti kamu pahami dan terapkan saat tiba membuat videomotion graphic. Dengan ketiga hal tersebut, video buatanmu akan tertentang lebih nyata, karena adanya pergerakan yang dinamis dan selaras. Semuanya nggak akan sulit kalau kamu memahami teknik dasarnya.









Baca Kembali :

6 Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Membuat Stop Motion













Cara Membuat Motion Graphic di Adobe After Effects











Tadi kami mutakadim membahas seputar segala itumotion graphic dan hal utama apa yang mesti dia pahami saat proses pembuatannya. Waktu ini kami akan membagikan cara membuat motion graphic di Adobe After Effects yang dapat beliau praktikkan sendiri.







Memiliki kemampuan membetulkan dan tahu cara membuatmotion graphicitu untuk menguntungkan loh, GenK! Soalnya, sekarang ini banyak dicari
motion graphic designer
yang andal bikin kontributif produksi video promosi sebuahbrandatau perusahaan. Bintang sartan, manfaatkan baik-baik tuntunan mulai sejak kami, yah! Untuk permulaan kita akan sparing dulu cara menciptakan menjadikan teks bergerak.









Membuat New Project dan Menuliskan Referensi









1. BebersoftwareAdobe After Effects. Kemudian buat New Project.










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)

Buka Adobe After Effect dan buat New Project










2. Setelah itu klik kanan ->new->solid. Tahap ini digunakan bagi membuat lembaga solid mentah dengan ukuran 1920 px x 1080 px. Ubah warna bentuk solid sesuai nan beliau inginkan.








3. Klik kanan ->new->text. Ini digunakan bagi membuat teks baru. Akan unjuklayer“Text 1”, kemudian tulis “Your”.









Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)
Menciptakan menjadikan teks baru di Adobe After Effects









4. Bakal lagi teks yunior dengan cara nan sama. Akan muncullayerbaru dengan jenama “Text 2”, kemudian catat “Creative”. Posisikan pustaka 2 di samping teks 1, sehingga membuat gubahan “Your Creativity”.









Menambahkan Motion pada Teks









5. Waktu ini kita eksekusi teks 2 terlebih dahulu. Klik tulisan“Creativity”, kemudian saling posisinya ke bawah sehingga unjukkeyframe1. Setelah itu saling posisinya ke atas, selaras dengan teks 1. Munculkeyframe2. Antarakeyframe1 dengankeyframe2 diberi jarak lakukantiming. Cobaplayvideo dengan menekan pentol spasi. Maka teks 2 seakan-akan bergerak bermula sumber akar ke atas.










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)
Eksekusi animasi buat teks yang sudah dibuat










6. Kemudian silih lagi posisi teks 2 ke atas. Munculkeyframe3. Beri jarak antarakeyframe2 dengankeyframe3.








7. Di tengah-tengah rayapan teks 2 darikeyframe2 dengankeyframe3, gantiopacity teks 2 dari 100% menjadi 0%. Sebelum menggantiopacity, buat dulukeyframe opacity1 nan merupakan tampilan 100% dankeyframe opacity2 yang merupakan tampilan 0%. Beri jarak di antara keduanya.










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)
Menyesuaikan opacity animasi teks










8. Sekarang cak bagi teks 3 dengan cara klik kanan ->new->text. Ubah tulisannya menjadi “Skills”.








9. Serah efek teks 3 yang caranya seperti mana step 5-7.










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)

Memberikan efek lega bacaan










10. Kalau telah, buat teks 4 dengan cara klik kanan ->new->text. Ganti tulisannya menjadi “Success”.








11. Beri sekuritas wacana 4 yang caranya seperti step 5-7.










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)
Membuat efek pustaka












Finishing











12. Saatnyafinishing. Pastikan objek karangan dan efek gerak sudah sesuai membentuk 3 kalimat berduyun-duyun, yaitu “Your Creativity”,“Your Skills”, dan“Your Success”.







13.Playhasil video dengan cara klik cembul spasi.







14.Render
video.










Cara Mudah Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects (Pemula Bisa!)
Pasca- semua selesai, render video kamu!










15. Motion graphicbuatanmu sudah kaprikornus.









Sekarang kamu jadi lebih paham tentang arti, biji terdepan, dan cara membuatmotion graphic,kan? Beber Adobe After Effects punyamu dan mulailah berkarya! Kalau kamu belum lihai utak-atik Adobe After Effects, kamu boleh coba rekomendasisoftwarebukan yang mutakadim pernah kami tulis di artikel sebelumnya. Klik link-nya di bawah ini, yah!








Baca Kembali :


7 Motion Graphic Software kerjakan Pemula Sampai Profesional





profile-picture

honinbo memberi popularitas

Source: https://m.kaskus.co.id/thread/602e433e9f7b6d50f42c26b3/cara-mudah-membuat-motion-graphic-lewat-adobe-after-effects-pemula-bisa