Tutorial Membuat Logo Dengan Adobe Illustrator

Pada tutorial ini, sira bias mewujudkan sebuah semacam cap tulisan tersisa menjadi lebih keren dengan menambahkan garis pinggir (offset) pada tulisannya.

Ancang 1 – Artboard Plonco

Buka Adobe Illustrator. Buat Artboard baru dengan ukuran A4, Landscape. Saya menggunakan Color Tren RGB supaya spektrum warnanya lebih luas.

Ancang 2 – Membuat Latar

Klik “Rectangle Tool” maupun shortcut-nya “M”.

Buatlah peti menghampari Artboard.

Kita akan warnai kotak tersebut. Bentang panel “Color” atau dengan menekan F6. Panel Color akan unjuk. Kita perlu menyorongkan panel color tersebut secara utuh. Caranya, klik icon menu kerdil pada kanan atas panel (lihat rencana). Pilih “Show Options”, maka akan terserah lampiran tampilan pada panel tersebut.

Bila anda masih awam dengan Adobe Illustrator ataupun programa Adobe lainnya, kamu perlu mencerna panel Color (warna) ini. Fill color adalah dandan isi, sementara Stroke color ialah warna sisi. Nah puas momen ini, warna Fill Color (isi) adalah tahir, sementara Stroke Color (sisi) adalah hitam.

Perhatikan, jika kotak “Stroke color” ada diatas “Fill Color” maka kamu menengah mengedit corak sisi berusul satu target nan diseleksi. Jikalau ingin mengedit dandan fill color-nya, maka dia harus membalikkan posisi icon Fill Color dan Stroke Color dengan menekan X.

Sekarang mari ubah warna fill colornya menjadi kuning, atau rona tidak kesukaan kalian.

Persiapan 3 – Masukkan Pustaka

Tekan Type Tool atau shortcut T. Kemudan buatlah peti teks dengan mengklik & geser pada meres yang mentah kita buat. Ketik sebuah kata sesuai selera (saya memakai prolog “meh.”) Jikalau ingin mengubah font dan format, seleksi teks tersebut kemudian plong panel “Character” yang terletak di bagian atas, pilih font yang terhidang dan silih jenisnya (Bold, Italics) dan ukurannya.

Pada karangan ideal yang saya pakai, jarak antar hurufnya terlalu jauh; saya ingin tulisan tersebut lebih rapat. Caranya, seleksi adv amat tulisannya, kemudian klik menu “Character” yang berada di menu bagian atas. Silih angka “tracking” menjadi -100 (tatap rangka).

Kemudian saling corak tulisan menjadi kalis. Caranya selaras begitu juga Awalan 2; buka panel Color, kemudian ubah Fill color gubahan dengan warna putih.

Langkah 4 – Menciptakan menjadikan Outline

Ubahlah coretan tersebut menjadi outline. Caranya pada menu atas Type> Create Outlines.

Maka tulisan tadi telah berubah menjadi outline.

Langkah 5 – Membuat Offset Path

Pastikan outline tadi aktif (terseleksi), karena kita akan menambahkan Offset Path – semacam garis sisi/stroke. Caranya masuk ke menu atas Object> Path> Offset Path.

Berikan kredit Offset 10, dan berikan etiket centang pada boks “Preview” lakukan bisa meluluk hasilnya serempak. Jika mutakadim puas, tekan OK.

Buka panel Color (F6) dan berikan warna fill seadanya dulu cak bagi mempermudah mengecualikan garis offset dan objek tulisan terdahulu kita.

Posisikan garis offset tersebut subur di birit tulisan utama kita, dengan mengimpitkan Ctrl+[ (jikalau goresan agak hierarki, mungkin wajib ditekan berulang-ulang) sampai tepat berada di belakang tulisan utama. Klik di luar tulisan untuk menyejukkan path biru pada masing-masing sebelah tulisan tersebut.

Persiapan 6 – Tambahkan Offset

Biar terlihat lebih nge-pop, copy garis offset tersebut. Tekan A buat mengaktifkan Direct Selection Tool. Tekan & tahan Shift dan klik cak satu demi satu satu tulisan sampai semua karangan offset terseleksi. Lihat GIF di bawah ini:

Tekan dan tahan Alt dan kemudian turun takhta ke sisi pojok kanan bawah untuk membentuk semacam gambaran. Tatap GIF di radiks ini:

Hasilnya akan begini

Ancang 7 – Gabung kedua offset

Mirip seperti mana langkah sebelumnya, seleksi kedua offset tadi, kemudian buka menu Window> Pathfinder.

Diskriminatif Shape Mode Unite bakal menggabung kedua offset path.

Kita mesti menghilangkan sudut-ki perspektif yang enggak perlu (misal sreg pojok kidal bawah huruf “m” pada eksemplar). Aktifkan “Delete Anchor Point Tool” atau shortcut (-).

Hapus dengan mengklik bintik-titik sudut tersebut dengan tool tadi.

Done!, desain cap garitan sederhana telah jadi. Selanjutnya kamu bisa ubah-saling warnanya dengan memainkan panel Color (F6). Atau dia bisa tambahkan dengan background vector maupun foto. Selamat berkreasi!

Source: http://desaingraphix.blogspot.com/2017/03/membuat-logo-tulisan-dengan-adobe.html