Tutorial Membuat Jam Tangan Dari Kayu

Merdeka.com, Banyuwangi –
Jam tangan sebagian besar terbuat terbit bahan besi, stenlis dan plastik. Tapi di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi ada pengrajin yang mampu membuat rangka jam tangan berpunca bulan-bulanan kayu.


Akbar Andi (28), mutakadim setahun ini menekuni kerajinan kerangka jam tangan berasal objek kayu. Lain kalah dengan jam tangan mahal sreg umumnya, meski berbahan kayu kamu berani menjamin jam tangan buatannya lega hati dipakai cak agar terkena air hujan.

“Ini jikalau kena hujan angin enggak apa-apa, tapi kalau dicelupkan air jangan,” jelas Andi saat ditemui Merdeka Banyuwangi di rumahnya, Selasa (6/12).

Melihat prospek yang menjanjikan, mulanya sira coba belajar menciptakan menjadikan arloji dengan peralatan sederhana seperti gergaji tangan dan amplas. Sesudah semakin banyak pemadat yang cak hendak membeli, beliau mulai menunggangi peralatan mesin gergaji, bor dan penghalus dari dinamo.

“Sekarang sudah mulai banyak peminatnya. Intern suatu ahad rata-rata menerima pesanan sampai heksa- jam tangan,” jelasnya.

Andi, membuat kerajinan ini seorang diri. Sira membisniskan kerajinan tangannya melalui ki alat sosial seperti facebook dan website jual beli gratis lainnya. Pemesannya plural, ada nan berpunca Bandung, Semarang, Yoyakarta dan Bali.

“Jualnya lalu online. Sistemnya pre-proyek. Makara setelah wanti-wanti, hasil setengah jadinya dikasih tahu,” ujarnya.

Untuk masalah harga, kamu memasang tarif antara Rp 300 ribu setakat Rp 400 ribu. Harga tersebut, sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya. Prosesnya, bahan kusen dipotong menjadi lembaran. Kemudian dibor untuk membuat kerjakan bingkai maupun tempat mesin jam. Setelah itu, dibentuk sesuai bestelan. Suka-suka yang bundar dan persegi.

“Format diameter beling 3 Cm, diameter rencana 4 Cm. Sekiranya transendental buntak, garis tengah bertambah kecil cak bagi perawan yang segara untuk laki-laki. Untuk keberagaman gawang, ada permintaan konsumen,” paparnya. Namun, sebagian besar anda memanfaatkan limbah kerajinan mangkuk, spatula dari bahan kayu tipe pinus, putih dan sono keling.

“Yang minimal sulit itu membentuk rantai jam tangannya. Harus presisi. Sekiranya ada nan salah satu harus untuk dari semula lagi, soalnya ini manual semua buatnya,” jelasnya.

Setelah bingkai dan rantai kerokot jam tangan sudah jadi, dahulu finishing. Menjatah salutan inkompatibel gores untuk mencegah munculnya jamur. Soal warna, tunak natural dari kayunya.

“Satu buah jam proses membentuk maksimal 3 hari. Yang penting anti alergi di kulit dan anti jamur, karena suka-suka antagonistis goresnya,” ujar lelaki yang sebelumnya pengrajin gelang dan aksesoris berbunga bahan stenlis ini.

Setelah semua kerangka jam tangan jadi, dia terlampau membeli mesin jam di toko terhampir. “Akhirusanah rencananya pakai brand. Namanya Maccasi,” ujarnya.

Bila Engkau ingin memanjar, boleh menghubungi lewat jejaring sosial di facebooknya dengan nama Jam Tangan Tiang Maccasi.

Source: http://m.merdeka.com/banyuwangi/lapak/kreatif-jam-tangan-berbahan-kayu-dari-banyuwangi-1612061.html