Tutorial Membuat Boneka Dari Kain Perca

4 dari total 4 halaman

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara



© Diadona

Seperti yang diketahui, kain perca merupakan kain berak nan biasanya sudah tidak dimanfaatkan dan akan dibuang. Tapi, dengan kreatifitas tangga, sira dapat membuat karet perca menjadi sebuah anak-anakan lho.Ya biarpun kelihatannta kejai perca ini lusuh, tidak menggandeng dan banyak motif nan berbeda, sampai-sampai ini akan menciptakan menjadikan anak-anakan buatanmu berlainan dengan yang suka-suka di toko. Lalu, bagaimana cara membuat boneka dari kain tiras? Berikut ulasannya.1. Pertama, siapkan alat dan bahan-bahannya lebih-lebih dulu, seperti gunting, pencucuk jahit, lungsin sulam, cemping perca, manik-manik, dacron, dan kancing gaun.2. Setelah  itu, buatlah pola boneka sesuai apa yang kamu inginkan lalu tempel pada kain reja dan potonglah pola tersebut dengan menggunakan gunting. Usahakan memotongnya yang rapi ya, biar popi nan dibuat pun terlihat makin segeh.3. Kaidah membuat boneka yang lebih lanjut ialah jahit sejumlah kejai contoh yang sudah lalu dibuat. Proses ini memang sedikit sulit, bintang sartan kamu harus telaten dan panjang hati. Jadi saat telah selesai dijahit nanti kainnya akan dibalik, dan jahitan akan berharta di dalam anak-anakan.4. Sisakan sekeliling 4-5 cm di samping raga boneka untuk mengegolkan isi boneka dengan dacron. Selain itu, fungsi berasal bagian yang belum dijahit adalah untuk menjengkelitkan kain kejai. 5. Bontot, jahit gaung nan ia gunakan kerjakan memasukkan isi. Selesai. Ohya, dia juga boleh menambahkan hiasan popi bermacam-macam sesuai kreatifitasmu ya. Gampang kan?

Itulah pendirian membuat boneka yang simple dan praktis untuk mainan si kecil di akhir pekan. Mudahmudahan bermakna!

Benang Wol banyak sekali kegunaannya riuk satu bakal pembuatan boneka yang khas. Banyak boneka nan terjual di murahan dengan harga yang berpariasi tergantung berbunga ukuran popi dan bahan pembuat boneka tersebut sob. Takhlik boneka tentunya tidak mudah yang kita bayang kan, membutuhkan incaran dan alat nan harus kita siapkan justru dahulu, serta yang harus kita perhatikan motif boneka segala yang harus kita untuk. Namun plong kesempatan kali ini kita akan takhlik boneka dengan mudah dan sangat terbelakang sekali sob, hanya menggunakan benang wol. Banyak sekali kerajinan pecah lembar wol yang bisa kita buat sob, bukan saja boneka saja diantaranya mewujudkan kembang, membuat bola, menciptakan menjadikan gelang dan masih banyak lagi. Kerajinan tangan dari benang laken tentunya lewat sederhana sekali alat dan bahan mudah didapat, kembali sangat murah. Banyak sekali pariasi dandan tali kamhar yang boleh kita pilih, bakal pembuatan boneka. Pembuatan boneka yang kita akan buat adalah boneka pom pom, yang khusus dimensi kecil dan terbelakang dan itu juga bisa dibuat dengan ukurana samudra, cak bagi proses pembuatan seterusnya bisa sobat buat khuluk popi nan lainnya yang lebih tersendiri dan sederhana sob. Benang wol banyak sekali sobat temukan di pasar, harga benang sekelat yang ukuran berat sedikit makin 50 gr dengan helai kecil harganya Rp.7.000. Bagi menuju kepores pembuatan boneka dari lungsin wol pertama yang harus sobat siapkan bahan dan alatnya, apa doang yang dibutuhkan sejauh proses pembuatan. – Utas Kamhar – Gunting – Lem – Ain Kocak – Dus Awalan pertama lilitkan kenur wol tersebut dengan daluang karton, lakukan dengan rapi sehingga menjadi rimbun. Semakin tebal kili-kili sutra wol tersebut maka semakin bagus bonekanya.

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

Kerangka gelendong benang wol dengan kertas

Persiapan selanjutnya, selepas lungsin tersebut di lilit dengan tebal secukupnya, lepaskan benang tersebut berasal kertasnya, lever – lever ya sob biar benangnya tidak lepas dan semraut.

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

Gambar sehabis benan sekelat di lepaskan berusul daluang

Langkah selanjutnya sobat ikat dibagian tengah benang tersebut dengan perpautan melingkar, pasca- itu lakukan proses pengguntingan dibagian kiri dan kanan kenur tersebut dengan rapi, seperti gambar dibawah ini sob.

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

Gambar proses di ikat babak perdua

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

Gambar gunting kiri dan kanan

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

Buram hasil semenjak guntingan

Anju selanjutnya sobat rapikan hasil berasal guntingan benang wol tersebut, supaya boneka nampak kecil-kecil dan bagus. Proses selanjutnya ambil alat penglihatan kocak dan berikan perekat kita tempelkan dibagian boneka tersebut sehingga berbentuk boneka pom pom.

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

Gambar menghalskan benang wol

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

Rang hasil bermula benang kamhar menjadi boneka yang spesial

Cak bagi segiwarna sobat silahkan memperbedakan warna sesuka sobat dan usahakan warna berasal boneka tersebut sepan satu warna, jangan dicampurkan dengan warna yang lain karena nampak hasil kurang bagus. Selain itu juga sobat boleh menciptakan menjadikan boneka tersebut bertambah banyak dan disalurkan ke penjual boneka, itung itung umpama pembayaran pelengkap sebagai kerajinan kita bisa dijual. Ok mungkin doang itu saja yang bisa saya bagikan lega kesempatan kali ini, selamat mencoba semoga berhasil semaksimal mungkin, terimakasih…

Cara Membuat Popi dari Cemping Perca
– Reja perca yakni cemping sisa yang biasanya mutakadim tidak dimanfaatkan dan akan dibuang. Tapi, dengan kreatifitas, kita boleh menciptakan menjadikan kain cemping menjadi sebuah popi lho.

Kalau kamu atau mana tahu setangga yakni tukang jahit, tentu punya banyak kejai reja. Nah, dengan karet perca itu, sira dapat berkreasi menuangkan kreatifitas yang ada di atasan lho.

Walaupun kelihatannya kain kain ini kumal, tidak meruntun dan banyak motif yang berlainan. Kalau kita bisa memanfaatkannya dan menjadikannya sebuah kreasi unik, tentu akan tertentang sangat bagus dan memiliki biji yang makin.

Kerajinan nan dibuat dari cemping perca sebenarnya tak terlalu pelik untuk dibuat. Bahkan, kita bisa mengajak si kecil lakukan masuk terlibat secara langsung kerumahtanggaan proses pembuatan kerajinan tangan boneka dari kain perca ini lho.

Engkau tidak mesti memikirkan bagaimana membuatnya, apa saja alatnya, barang apa perlu pakai mesin jahit atau enggak. Tenang, bukan teradat menyerah dan putus asa karena kurangnya perlengkapan dan alamat.

Membuat popi berbunga perca perca tidak perlu alat-alat nan jarang kok. Kalau anda lain punya mesin jahit, menjahit menggunakan sutra dan jarum saja kembali bisa lho. Cemping percanya dapat kita cari di ahli jahit nan suka-suka di selingkung rumah kita.

Nah, bermula puas penasaran, berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti buat menciptakan menjadikan popi dari kain perca.

Pembuatan boneka bersumber bahan kain reja tentunya membutuhkan perlengkapan dan objek. Siapkan malah dahulu perabot dan target dibawah ini.

Gawai dan Bahan

  • Gunting
  • Sidol dan pensil
  • Gunting
  • Pencucuk jahit
  • Penyemat pentul
  • Kerangka boneka
  • Benang sulam
  • Karet perca
  • Manik-manik
  • Kancing baju
  • Isi boneka, bisa menggunakan dakron, kapas, atau potongan kecil kain perca

Cara Membuat Boneka dari Karet Perca Primitif

Berikut ini langkah-anju untuk membuat boneka kain perca.

1. Takhlik Transendental Boneka

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

justshareamoment.wordpress.com

Langkah mula-mula yang harus dilakukan adalah menciptakan menjadikan pola boneka. Pilihlah bentuk boneka yang akan dibuat tambahan pula dahulu. Selepas itu, susuk di atas kertas mengikuti susuk boneka secara garis besar saja.

2. Memotong Cermin Anak-anakan

Setelah ideal selesai dibuat, lalu gunting kertas menirukan kerangka yang mutakadim terserah. Usahakan memotongnya yang rapi agar boneka nan dibuat menjadi rapi juga.

3. Memindahkan Pola ke Kejai Cemping

Pilihlah kain perca dengan berbagai spesies warna nan ia inginkan. Kemudian ambil pola yang sudah kamu kerjakan di kertas, lalu tempelkan di atas kain dan gambar pola tersebut lega kain cemping. Paradigma boneka yang akan dibuat plong kain karet bisa menggunakan pensil atau spidol.

4. Memotong Kain Perca

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

kerajinan.id

Sesudah pola tercetak pada kain, persiapan selanjutnya merupakan memotong kain sesuai transendental. Memotong contoh ini harus ketat ya, sebisa mungkin ikuti gambar yang telah ada.

Selain mengimak contoh, pemotongan karet harus dilebihkan 1-2 cm buat memperkuat jahitan anak-anakan nantinya. Kaprikornus, seandainya kamu membuat pola, usahakan jangan dekat-rapat persaudaraan jarak antar polanya ya.

5. Menjahit Perca Perca

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

tisyahaisyah.wordpress.com

Setelah kain karet menjadi beberapa pola yang telah dibuat, awalan selanjutnya adalah menjahit. Proses menjaih ini sedikit rumit dan harus telaten.

Mula-mula, engkau harus mengambil contoh yang bentuknya setimbang, lalu satukan. Nah, menyatukan kain percanya berseberangan ya, saling bersemuka kainnya.

Sehabis itu jahit kain mengikuti pola yang sudah suka-suka. Menjahit kain ini puas putaran intern ya, jadi saat sudah selesai dijahit nanti kainnya akan dibalik, dan jahitan akan berada di dalam boneka.

Sisakan juga sekitar 4-5 cm di samping tubuh boneka, jangan dijahit pada bagian ini. Geladir korok yang belum dijahit ini nanti akan digunakan untuk memasukkan isi boneka. Selain itu, fungsi dari episode yang belum dijahit yaitu buat membalik kain tiras.

6. Mengisi Anak-anakan

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

tisyahaisyah.wordpress.com

Setelah cemping kain selesai dijahit, seterusnya kita tinggal mengegolkan isian boneka. Ia bisa memperalat potongan katai perca perca, spons, dakron, surai angsa, atau kembung.

Masukkan objek isi sedikit demi sedikit, sambil di dorong menunggangi alat, misalnya pensil. Kemujaraban dari pendorongan merupakan agar anak-anakan nantinya menjadi padat.

Setelah terisi penuh, lalu jahit lubang yang kita gunakan buat memasukkan isi. Mula-mula, bekuk terlebih dahulu perca ke putaran privat, lewat jahit yang rapi.

7. Membuat Hiasan

Hiasan boneka ini bisa bineka, beliau bisa membuat netra, alat pencium, atau telinga. Takdirnya rencana bonekanya tidak boneka, kamu lewat menyesuaikan semata-mata.

Paesan pada anak-anakan ini bisa menggunakan kain perca yang sudah dipotong, pita, manik-manik, atau bisa pula menggunakan anak kunci baju. Kamu juga bisa menambahkan rambut menggunakan benang wol.

Untuk gaun dari anak-anakan, kamu bisa membuatnya dari tiras perca sekali lagi lho. Bintang sartan, semua incaran karuan akan mudah kamu dapatkan.

Nah, mudah bukan membuat boneka dari reja cemping? Kamu bisa melihat beberapa model popi nan telah pernah dibuat di bawah ini.

Contoh Boneka berasal Tiras Perca

1. Boneka Bantal Elang malam

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

rensimanda.blogspot.com

Beliau bisa meneladan boneka yang satu ini, berbentuk sebagai halnya titit mambang, tapi bisa juga digunakan sebagai bantal kedudukan. Lucu bukan bentuknya? Kalau dilihat, popi burung hantu ini juga memperalat kain flanel buat membuatnya menjadi makin mengganjur lagi.

2. Boneka Cemping Perca Anjing Menggelikan

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

abbeart.blogspot.com

Boneka anjing semenjak tiras perca ini terpandang lucu dan karuan anak-momongan akan suka. Dengan memanfaatkan berbagai ragam motif kain perca, kemudian menggabungkannya menjadi satu, jadilah boneka tunggal, berbeda dari yang ada di kodian.

Selain kain perca, kamu bisa mengkombinasikan dengan cemping flanel, sehingga kelihatannya boneka kain flanel.

3. Boneka Perca Perca Anak

Membuat boneka dari kain dan benang teknik pembuatannya dengan cara

blogoinformasi.com

Kalau kamu ingin mengajarkan agama, dapat juga nih pakai boneka yang mengaryakan hijab. Jadi, anak-anak asuh akan wajib dengan yang berhijab, dan hal ini diharapkan akan menjadikan dia kembali jemah perlu mengenakan hijab.

Terimalah, itu tadi cara membentuk popi dari kain cemping. Susah tak? Sepertinya simple dan mudah bakal diikuti cerek? Kalau gitu, buruan coba dan praktekkan di rumah.

Coba juga ikuti langkah untuk takhlik anak uang kertas, ataupun mungkin ia tertarik membentuk tas kejai cemping?

Jangan lalai ajak si kecil timbrung membuatnya, selain membangun kreatifitas, kegiatan ini tentu akan menaik keakraban antara orang gaek dengan anak. Selamat mencoba 🙂

Source: https://idkuu.com/membuat-boneka-dari-kain-dan-benang-teknik-pembuatannya-dengan-cara