Tutorial Membuat Banner Di Coreldraw X7

Menentukan Ukuran dari Banner / Spanduk yang akan dibuat

Sebelum anda membuat Desain di CorelDraw, hal utama nan harus dilakukan merupakan menentukan ukuran nya, anda dapat menanya kepada pemesan maupun langsung survey lokasi dan melakukan pengukuran sendiri. Kenapa dimensi menjadi situasi nan utama? Karena seandainya dia jantan menciptakan menjadikan banner menggunakan ukuran bayangan / asal-asalan saya yakin beliau akan menyesal, misal kamu membuat desain dengan ukuran 3×2 meter ternyata pada spot pemasangan ukurannya 6×1, segala apa yang akan anda bagi takdirnya peristiwa itu terjadi? Maka terlazim saya tekankan bahwa ukuran banner adalah langkah awal yang utama dan harus anda ketahui sebelum anda menciptakan menjadikan desain.

Sebenarnya bisa saja anda cetak desan 3×2 meter menjadi 6x1meter, sekadar hasil nya kemudian hari desain bersumber banner ia tidak akan proporsional ataupun kerennya disebut anda si-pemerkosa gambar!! 😀

Mempersiapkan incaran nan akan dipakai plong banner/spanduk

Anda harus menentukan incaran dan komponen yang sejadi cak bagi keperluan desain sira, sharing dengan pemesan mungkin akan memecahkan masalah ini. Sebagai transendental momen ini saya akan membuat banner kerjakan Kantor Polisi, maka saya teristiadat logo-logo kepolisian dan foto-foto kegiatan kepolisian, ga mungkin kembali kan saya memasukan logo-logo produk komersial didalamnya? Kecuali kalau mau menseponsori plonco saya perolehan. 😀

Menentukan Komposisi warna dominan pada banner / spanduk

Peristiwa ini juga dapat menjadi elemen terpenting yang harus anda terapkan, sebelum memulai membuat desain sebaiknya anda sharing dulu dengan pemesan, biarkan pemesan memilih warna nan menurutnya cocok kerjakan banner nya.

Jangan pernah abaikan keinginan pemesan yaa.. seumpama takdirnya pemesan ingin mewujudkan warna nan dominan kuning semata-mata anda membentuk banner dengan corak yang bukan misal biru, maka semolek dan se professional apapun desain yang sira lakukan, pemesan akan kehilangan sedikit banyak rasa puasnya dengan hasil jerih erak kita.

Telitilah momen membuat desain banner

Ketelitian sangat dibutuhkan intern membuat desain banner, karena banner yang semenjana  kita buat, nantinya akan terbambang dijalan atau tempat-tempat taktis yang banyak dilihat turunan. Kalau kita salah ketik atau typo itu dapat berakhibat fatal, sebaiknya kamu cek dengan teliti sebelum anda memberikannya kepada pemesan dan ke percetakan.

Mulai Mewujudkan Banner / Tajuk rawal

*Klik Gambar Untuk Memperbesar


Awalan pertama


Kerjakan Desain Banner / Spanduk nan akan kita buat bersama ini, ukuran yang akan kita gunakan yaitu 6×1 meter, berbentuk mendatar entah namanya banner atau spanduk kita anggap saja sama. :D, Bukalah Program CorelDRAW dan buat New Document, karena tampilan default berpunca CorelDRAW Unit ukurannya adalah mm, maka kita terbiasa mengubahnya ke asongan cm agar lebih mudah nantinya. Lihat ramalan rang dibawah ini :

Ubah Unit ke satuan Centimeter
Gambar 1. Ubah Unit ke satuan Centimeter

Ukuran Unit boleh anda bahas di Property Bar, seandainya sudah lalu, silahkan membuat persegi pangkat menggunakan Rectangle Tool, dan untuk persegi hierarki tersebut berukuran 600x100cm.

Buatlah Objek Persegi Panjang
Gambar 2. Buatlah Objek Persegi Panjang

Langkah kedua

Siapkan Wallpaper / Gambar / apapun lakukan dijadikan background dan dandan dominan dari Banner, kali ini saya menggunakan wallpaper warna orange. Sira dapat membuat background sendiri atau mengambil bahan seperti mana wallpaper bermula internet, pasti saja nan free licensi ya.. jangan nan ada watermark nya. Kemudian perolehan sreg lawe kerja CorelDraw. Sebagai halnya gambar dibawah ini :

Masukan Wallpaper untu Background
Gambar 3. Masukan Wallpaper untu Background
Gambar 4. Memasukan Korban Menggunakan PowerClip

Langkah ketiga

Buatlah tulisan / Text menggunakan Text Tool

Gambar 5. Masukan Text menggunakan Text Tool
Gambar 5. Perolehan Text menggunakan Text Tool

Saran : Buatlah goresan dengan warna yang mudah terbaca, rapih dan teratur, anda boleh mengedrop tulisan-catatan terpisah-singkir namun usahakan teguh gurih untuk dibaca, warna kembali harus kontras ya dengan warna background moga mudah terbaca.

Gambar 6. Susun dan Rapihkan Text
Rang 6. Susun dan Rapihkan Text

Kamu boleh menambahkan outline untuk mempertegas Text dan menambahkan Shadow memperalat Tool Dropshadow sesuai keinginan.

Langkah keempat

Akuisisi Gambar cak bagi mempercantik desain
Langkah selanjutnya adalah memasukan gambar dan alamat-objek untuk mempercantik visual dari desain yang sedang anda buat, anda objektif memasukan rancangan-bentuk tentunya yang sesuai dengan desain banner, susunlah gambar dan sasaran dengan rapih hendaknya terkesan bahwa desain dia itu memiliki konsep dan kepentingan visual nan baik.

Gambar 7. Masukan Objek lain untuk mempercantik desain
Gambar 7. Masukan Objek tidak bikin mempercantik desain

Gambar dan Objek-target setelah dirapihkan

Foto, Text dan Objek setelah dirapihkan
Kerangka 8. Foto, Text dan Objek setelah dirapihkan

Tuntunan EXTRA


Cara membuat Shadow/bayangan sreg bahan

Pilihlah Ambruk Shadow Tool pada Toolbox beliau, klik segitiga sama kaki kecil dibawah Blend Tool lalu memilah-milah Drop Shadow

Membuat efek bayangan di CorelDRAW
Lembaga 9. Membuat efek bayangan di CorelDRAW

Klik dan Drag pada incaran yang akan diberi surat berharga cerminan

Klik dan Drag untuk membuat efek bayangan
Gambar 10. Klik dan Drag untuk membuat surat berharga bayangan

Kaidah Membentuk Foto Gradasi

Timbun dan sejajarkan dua foto ataupun lebih pada lembar kerja coreldraw anda, kemudian pilih Tranparency Tool pada Toolbox.

Membuat efek gradasi di CorelDRAW
Gambar 11. Membentuk bilyet gradasi di CorelDRAW

 Klik pada ujung foto yang akan kamu gradasi, sesuaikan panjang gradasi yang pas menurut dia

Klik dan Drag untuk membuat efek gradasi
Bagan 12. Klik dan Drag bakal membuat efek gradasi

Hasilnya begini :

Hasil dari efek gradasi
Rancangan 13. Hasil terbit efek gradasi

Membuat Alamat Lengkungan Persegi Panjang

Buatlah Persegi panjang menggunakanRectangle Tool kemudian Klik Kanan pada Objek Persegi Panjang habis pilihConvert To Curve ataupun dapat memperalat Keyboard ShortcutCTRL+Q

Membuat Lengkungan pada Objek Persegi Panjang
Gambar 14. Membuat Lengkungan pada Incaran Persegi Panjang

Sehabis objek berubah menjadi Curve, selanjutnya memilah-milah Shapes Tool pada Toolbox, dan klik kanan pada Curve nan akan dilengkungkan dan pilih To Curve. Silahkan cak bagi lengkungan objek sesuai selera anda.

Convert To Curve
Rajah 15. Convert To Curve

Hasilnya sejenis ini :

Gambar 16. Persegi Hierarki setelah dilengkungkan

Membentuk Gradasi Warna

Klik sreg alamat yang akan di beri warna Gradasi, kemudian klik Fountain Fill sreg Toolbox maupun menggunakan Keyboard Shortcut F11

Membuat efek Gradasi Warna di Coreldraw
Bagan 17. Takhlik efek Gradasi Warna

Maka akan muncul window baru nan dapat anda gunakan bagi mensetting rona gradasi dari objek tersebut, silahkan berexplorasi dengan warna-corak di pengaturan ini.

Gambar 18. Menu Pengaturan mulai sejak Fountain Fill

Hasil berpokok kekuasaan yang saya buat, sama dengan ini:

Gradasi Warna pada objek
Rencana 19. Gradasi Rona sreg objek

Setelah melangkahi proses yang tataran dan melelahkan, akhirnya desain yang dia buat telah selesai. Jangan pangling untuk meneliti, siapa tau ada pelecok-keseleo introduksi atau bahasa gaulnya Typo.

Editing: Shiling.Kellyx

Source: https://ukellykobak.wordpress.com/2019/05/21/tutorial-cara-membuat-banner-di-coreldraw-x7/