Tutorial Buat Bros Dari Kain Perca

Memiliki banyak tiras karet di rumah dan sano ingin dibuat segala apa? Hmm, gimana kalau kita bikin jadi ban yang imut dan unyu-unyu kayak sira gals :p . Reben ini nantinya boleh dimanfaatkan untuk keronsang, jepit rambut maupun aksesoris di baju kamu loh.

Di sini aku bakalan share ancang bawah bagi membuat pita atau
bow
bermula kain reja. Semupakat banget nih buat kalian nan masih pemula dan kepingin belajar crafting. Karena cara membuatnya pun sangat simple dan mudah.

Tutorial Membuat Pita (Bow) dari Kain Perca

Tidak diperlukan syarat unik harus memakai bahan apa buat takhlik pita. Bintang sartan bahannya bisa pakai perca varietas segala apa saja yang kita punya di rumah. Bisa kain katun, satin, tile, kaos bahkan jeans. Dan yang akan saya gunakan untuk membuat pita kali ini adalah perca tiras nan berbahan stretch (kaos).

Sasaran yang diperlukan :

– Kain perca
– Lawai & penyemat jahit
– Gunting

Bahan membuat pita dari kain perca
Bulan-bulanan takhlik pita dari kain cemping

Anju-langkah membuat pita (bow) :

  1. Siapkan kain perca, boleh satu varietas tiras saja atau dua tipe sebagai pertalian rona (aku memakai dua buah kain perca dengan warna yang berbeda). Kemudian untuk kain menjadi dua bagian seperti sreg pola berikut ini :

    kain untuk ban dasar : berukuran 21 x 10 cm (aku menggunakan kain rona cream)

    kain untuk ikat (obi) : berukuran 3,5 x 6 cm  (aku mengaryakan kain dandan orange)

    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain

    Model di atas kerjakan membentuk pita(bow) yang berdimensi kurang lebih 10 x 6 cm. Untuk membentuk ban nan bertambah lautan kembali, kalian boleh menambahkan ukurannya pada setiap tataran dan lebar sempurna sesuai keinginan, demikian lagi sebaliknya.

  2. Bakal takhlik reben dasar, siapkan kain untuk membuat pita dengan posisi kain bagian buruk menghadap ke muka. Kemudian lipat kedua pinggiran kain (sisi atas dan radiks) ke dalam masing-masing selebar 2cm sebagaimana puas lembaga di dasar ini. Hal ini cak bagi ondok babak cemping(pinggiran) cemping agar lain terburai/tertumbuk pandangan.

    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    (Klik pada gambar untuk mematamatai lebih segara)

  3. Kemudian bekuk bagian kanan kain ke privat sepanjang 5,5cm (minus melebihi putaran tengah reja). Dan buat juga pada bagian kiri kain, sehingga ujung tiras bagian kiri tertumpuk oleh ujung karet bagian kanan sekitar 0,5cm.

    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain

    Ini dilakukan untuk menutup tiras bagian kanan dan kiri kain, sekali lagi nantinya membuat pita menjadi terlihat tebal (bervolume). Sehingga reja untuk menciptakan menjadikan pita tersebut menjadi berdimensi 10 x 6 cm.

  4. Langkah lebih lanjut adalah menciptakan menjadikan kerutan/lipatan pita (bow) dari alamat yang mutakadim dibentuk puas langkah ke-3. Siapkan jarum yang telah dipasang benang jahit, dan bentuk simpul pada ujung kenur. Lalu bakal jahitan jelujur di bagian tengah alamat, dan

    pastikan pula ujung-ujung cemping yang berkecukupan di perdua bahan terinjak-injak oleh jahitan

    seyogiannya tak magfirah (seperti plong gambar bagian “pinggul”). Untuk hasil yang beres, usahakan memperalat benang dengan warna yang ki seirama dengan kainnya. Aku sengaja memakai warna rayon yang berbeda seharusnya mudah disimak (terlihat).

    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain


    Tips lakukan menghasilkan rancangan lengkap (simetris)

    pada kerutan/obrasan di episode tengah pita terdapat pada penentuan letak dan jahitan jelujur. Untuk takhlik ban yang putaran tengahnya mempunyai 3 buah lipatan seperti pita sreg umumnya dan  juga pada pita yang kubuat kelihatannya ini, bagi jahitan jelujurnya seperti lega gambar.

  5. Sebagaimana yang terbantah di buram, posisikan lebar bahan menghadap ke arah samping kiri-kanan. Pertama masukkan penyemat dari arah “penggalan depan” (putaran baik) sasaran  di jihat agak ujung kanan (jangan terlalu ujung). Kemudian tarik jarum hingga simpul ujung tali berharta di posisi ujung kanan incaran. Lampau buat menjadi 5 jengkal jelujur nan sekufu panjang ke sisi kiri bahan, sehingga puas “bagian depan” bahan tertentang 2 biji zakar kenur jahitan, dan di “adegan belakang” bahan terwalak 3 buah benang jengkal.

    Untuk menciptakan menjadikan lin dengan kian dari 3 biji zakar lipatan, kita boleh menambahkan jumlah jengkal jelujur. Seperti membagi 7 setik jelujur kerjakan menghasilkan 4 biji pelir lipatan, dan selanjutnya.

  6. Setelah menciptakan menjadikan jahitan jelujur yang simetris, tarik benang(jahitan) sebatas kain membentuk kerutan(lipatan) sampai berhimpit. Sambil ditahan dengan tangan, kemudian lilitkan benang melingkari bagian tengah pita, sepatutnya lipatan semakin kuat dan enggak mudah abolisi.

    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Bagian depan pita dasar

    Lalu jahit mati pada bagian bokong (bagian buruk) pita. Dan alhasil akan terlihat seperti plong lembaga di atas.

  7. Langkah lebih lanjut yaitu
    membentuk pengikat lin (obi)
    andai penutup bagian tengah pita agar terlihat semakin rapi. Caranya merupakan siapkan tiras kerjakan obi dan bagian buruk tiras letakkan menghadap ke muka. Lampau tekuk ke dalam pada adegan atas sisi perca yang mengaret selebar 1cm, lanjutkan kembali pada penggalan bawah tiras. Sehingga tepian(kain) kain bagian pangkal meliputi pinggiran karet fragmen atas seperti sreg gambar.

    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain

    Teoretis obi puas langkah-1 tersebut akah menghasilkan obi dengan lebar sekitar 1,5cm. Jika ingin takhlik obi yang lebih lebar atau lebih kecil, tinggal diubah cuma pada ukuran polanya.

  8. Letakkan pengikat pita melingkari adegan tengah pita, dengan bagian baik (bagian yang tidak ada tiras kain) ikat tali tap berada di luar. Posisikan bagian tengah ikat ban berlimpah pada posisi bagian baik (depan) reben. Sehingga pada bagian buruk (belakang) pita kelihatan sebagai halnya puas tulangtulangan berikut.
    Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
    Bagian belakang lin

    Setelah merapatkan berkas tali tap, maka kedua ujung reben akan berlawan di adegan belakang pita. Pastikan kedua ujungnya saling menimbun, kemudian tindas dengan jahitan. Janga lupa untuk jahit ranah di akhir jahitan dan potong geladir benangnya. 🙂

Langkah Dasar Membuat Pita (Bow) dari Kain
Bagian depan ban

Nah pitanya telah jadi nih. Dan kesudahannya akan terlihat seperti gambar di atas. Pita nan sudah lalu makara siap dipasang dimana saja sesuai keinginan kita. Tinggal dipasang di jarum biku keronsang, kempa rambut, jaras rambut atau bando memperalat perekat tembak-pun telah bisa langsung kita pakai. 🙂

Selamat mengepas ya 🙂

Source: https://jemariayumna.blogspot.com/2016/03/tutorial-dasar-pita-kain-perca.html