Tutorial Autocad 2016 Bahasa Indonesia Pdf


Unduh PDF


Unduh PDF

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer yang memungkinkan orang untuk membuat rancangan 2 dan 3 ukuran secara presisi yang digunakan di privat konstruksi dan manufaktur. Anda dapat menunggangi komputer Mac atau Windows cak bagi menjalankan AutoCAD versi terbaru. Para pengguna AutoCAD dapat membuat bagan berskala untuk mewujudkan peralatan, merancang proyek infrastruktur, mendesain sirkuit listrik, serta membangun apartemen dan struktur bangunan yang lain. Apabila Anda belum sesak mengenal AutoCAD, baca artikel wikiHow ini cak bagi mempelajari cara kerjanya dan membiasakan diri dengan berbagai fungsi dan fitur dasarnya.

  1. 1

    Jalankan AutoCAD.
    Aplikasi ini boleh ditemukan di n domestik menu Windows alias folder
    Applications
    pada Mac. Takdirnya belum meledakkan AutoCAD, unduh dan pasang aplikasinya dengan mengunjungi https://www.autodesk.com.

  2. 2

    Telusuri layar Start.
    Ketika menjalankan AutoCAD, terdapat 2
    tab
    di bagian bawah: yaitu

    LEARN

    dan

    CREATE

    (ini adalah
    tab default). Jika mengeklik
    tab LEARN, layar akan menampilkan video tutorial bikin memulai proyek pembuatan kerangka. Jikalau mengeklik
    tab CREATE, Anda akan mendapati sejumlah area ini:

    • Di babak “Get Started” di sisi kidal, Anda boleh membentuk proyek baru dengan memintal

      Start Drawing
      , membuka proyek yang telah ada dengan memilih

      Open Files
      , atau mengeklik menu

      Template

      untuk mewujudkan kiriman berusul templat.[1]
    • Apabila ada tembusan AutoCAD yang baru diolah, sertifikat tersebut akan ditampilkan di episode
      Recent Documents
      di adegan perdua cucur.
    • Jika tersaji perombakan, Beliau bisa melihatnya di negeri
      Notifications
      di pojok kanan atas layar.
    • Engkau juga dapat turut (sign in) ke n domestik akun A360 dengan mengeklik

      Sign In

      di pojok kanan radiks.
  3. 3

    Klik


    Start Drawing


    atau buka taris yang sudah lalu cak semau.

    Apabila Anda cak hendak membentuk kiriman mentah dari suatu templat, diskriminatif templat yang diinginkan.[2]

    • Jika opsi yang Kamu inginkan tak muncul, klik

      File
      , lampau pilih

      New

      buat menciptakan menjadikan proyek baru.
  4. 4

    Biasakan diri dengan manajemen letak ruang kerjanya.
    Pasca- kuak jib pembuatan gambar, biasakan diri Kamu dengan lokasi tiap-tiap menu dan alat:

    • Area menggambar merupakan bagian dari ruang kerja yang memiliki latar belakang berkisi-jeruji. Terwalak 2
      tab
      di pojok kidal atas area ini: suatu
      tab
      kerjakan gambar kapan ini (dengan titel semacam “Drawing1” dan lebih lanjut), dan yang tak adalah
      tab
      kerjakan kembali ke layar
      Mulai. Apabila Dia membuka beberapa gambar sekaligus, saban susuk akan n kepunyaan
      tab
      sendiri di atas area menulis.
    • Sumbu Y ditampilkan n domestik corak bau kencur sreg sisi kiri kawasan menggambar, sedangkan tali api X berbentuk garis merah di sepanjang fragmen bawah.
    • Viewcube
      adalah kotak nan di sekitarnya terdapat kompas indeks arah. Ini dapat digunakan bagi menata perspektif ketika Anda membuat gambar 3D.
    • Mistar organ tali tap (ribbon toolbar) yang berada di episode atas kawasan batik pintar berbagai macam perlengkapan yang ditempatkan dalam serangkaian
      tab
      (
      Home
      ,

      Insert
      ,

      Annotate
      , dan sebagainya).

      • Klik
        tab

        View

        di bagian atas seandainya ingin memajukan dan ondok perlengkapan dan fitur pada ira kerja.
    • Area “Type a command” terdapat di fragmen bawah, yang digunakan untuk mengetikkan perintah dan menjalankan faedah alat jika Anda sudah menguasai program ini.[3]
  5. 5

    Klik
    tab


    Home


    yang berharta di kiri atas cucur AutoCAD.

    Alat menggambar ditempatkan di negeri “Draw” nan terdapat di adegan kiri bilah alat pita.

    • Arahkan tetikus (mouse) ke salah suatu alat untuk menampilkan permakluman lebih lanjut tentang faedah alat tersebut, dan wangsit untuk mendapatkan pertolongan selanjutnya akan halnya cara menggunakannya.
    • Ketika menggambar dengan suatu alat, di erat kursor akan ditampilkan pengukuran yang berguna, misalnya ukuran jenjang dan sudut.
  6. 6

    Setel dimensi pengukuran
    default.

    Jika Anda ingin mengubah tampilan strata, skala, maupun pengukuran sudut, tik perintah
    units
    di
    command prompt
    dan tekan

    Enter

    atau

    Return

    kerjakan membuka panel
    Drawing Units. Umpama contoh, jika pengukurannya ditampilkan n domestik mikron, sedangkan Dia memerlukan pengukuran kerumahtanggaan meter, Engkau bisa mengubahnya di sini setiap detik.

    Iklan

  1. 1

    Buatlah garis dengan mengeklik perlengkapan


    Line


    atau


    Polyline

    .

    Kedua alat ini berada di pojok kiri atas.
    Line
    digunakan bagi menggambar segmen garis basyar, dan
    Polyline
    digunakan kerjakan membuat sebuah target dari serangkaian segmen garis.[4]

    Buat langkah-anju ini bagi membuat garis:

    • Klik tetikus di bintik nan ingin dijadikan awal segmen garis.
    • Gerakkan tetikus ke kancah yang ingin digunakan bak akhir segmen, lalu klik tetikus pada bintik akhir garis. Jika menggunakan alat
      Line, tindakan ini akan menyelesaikan pembuatan segmen/garis nan Ia bagi.
    • Kalau memperalat
      Polyline, gerakkan tetikus pun dan klik bagi menyinambungkan pembuatan segmen. Jika telah selesai, hentikan proses batik dengan menindihkan kenop

      Esc
      .
    • Apabila Anda terbiasa menggunakan pengukuran yang tepat pada segmen yang dibuat (ini berlaku pada alat barang apa tetapi), tik pengukuran nan diinginkan di kotak nan berada di intim kursor, alih-alih mengeklik titik segmen terakhir. Saat menindihkan tombol

      Enter

      atau

      Return
      , titik akhirnya akan ditempatkan pada jarak yang sudah Engkau tikkan.
  2. 2

    Buatlah dok dengan mengeklik organ


    Circle

    .

    Alat ini terletak di samping kanan
    Polyline
    nan terdapat di dalam penggaris perangkat. Buatlah lingkaran menggunakan langkah-langkah ini:

    • Klik satu noktah di kawasan batik nan akan digunakan sebagai muslihat kalangan.
    • Geser tetikus ke jihat luar, lalu klik kerjakan memilih radius.
  3. 3

    Buatlah garis membusur dengan mengeklik peranti


    Arc

    .

    Alat ini berada di samping kanan
    Circle
    di dalam penggaris alat. Buatlah garis melengkung dengan mengerjakan awalan-langkah ini:

    • Klik tetikus puas noktah awal.
    • Gerakkan tetikus lewat klik di medan yang ingin digunakan bakal mengakhiri segmen.
    • Gerakkan tetikus ke sisi kurva nan diinginkan, lalu klik tetikus untuk melengkungkan garisnya.
  4. 4

    Buatlah persegi panjang dengan mengeklik alat


    Rectangle

    .

    Pendayagunaan organ
    Rectangle
    cukup mudah, klik pada titik tadinya (nan akan dijadikan riuk satu sudut bersumber persegi panjang), kemudian seret tetikus sebatas Anda mendapatkan dimensi persegi panjang yang diinginkan. Klik tetikus kerjakan menempatkan persegi tataran.

  5. 5

    Klik perkakas


    Polygon


    untuk membuat bentuk dengan banyak arah.

    Cara melakukannya:

    • Gerakkan kursor ke area menggambar—Ia akan menangkap tangan kotak dengan tulisan “Enter the number of sides“. Masukkan angka ukuran yang diinginkan, dulu tekan tombol

      Return

      atau

      Enter
      .
    • Klik lokasi cak bagi dijadikan noktah tengah gambar.
    • Gerakkan tetikus sampai gambarnya mencapai ukuran yang diinginkan, lalu klik tetikus bakal menempatkan rencana.
  6. 6

    Buatlah kerangka bulat panjang dengan mengeklik radas


    Elipse

    .

    Ia harus menempatkan 3 titik cak bagi membuat oval. Prinsip melakukannya:

    • Klik titik tengah nan Anda inginkan.
    • Gerakkan tetikus hingga sampai ke ukuran nan Anda inginkan, lampau klik tutul kedua.
    • Gerakkan tetikus untuk membentuk bujur telur, kemudian klik cak bagi menurunkan gambarnya.
  7. 7

    Isilah suatu rencana gambar dengan model menggunakan alat


    Hatch

    .

    Alat ini berbentuk boks nan terdapat di ki perspektif kanan dasar panel
    Draw
    yang berada di dalam belebas alat. Klik alatnya, kemudian klik suatu bentuk rajah untuk diisi. Anda boleh memilih isian dalam buram pola atau solid yang ditampilkan di n domestik panel “Pattern” nan unjuk di dalam bilah alat ketika
    Hatch
    diaktifkan.

  8. 8

    Sunting suatu bentuk memperalat alat nan terserah di dalam panel “Modify“.
    Apabila Anda hanya mengeklik suatu garis maupun bentuk minus melembarkan perkakas terlebih dahulu, titik jangkar (anchor point) akan ditampilkan. Titik jangkar ini boleh diseret bagi mengubah suatu bentuk jikalau mau. Terdapat banyak modifikasi yang bisa dilakukan:

    • Klik

      Move

      untuk memindahkan bentuk ataupun garis. Selepas mengeklik alat, klik objek yang ingin dipindahkan, kemudian seret ke tempat yang diinginkan. Sira dapat melembarkan banyak objek sekaligus bikin dipindahkan dalam bentuk kelompok.
    • Klik

      Rotate
      , lalu klik suatu bentuk untuk diputar sehaluan dengan penusuk jam atau sebaliknya. Gunakan alat

      Mirror

      bagi membalik gambar.
    • Klik

      Scale
      , sangat klik suatu rajah cak bagi diubah ukurannya. Carilah artikel di wikiHow mengenai mandu mengatak neraca rangka pada AutoCad jikalau Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang penyekalaan.
    • Membeda-bedakan

      Stretch

      bikin mengubah ukuran gambar dengan meregangkannya, bukan dengan perkakas skala.
    • Memilah-milah salah satu perangkat
      Array
      (
      Rectangular Array
      ,

      Polar Array
      , atau

      Path Array
      ) cak bagi melipatkan (mengerjakan
      array) objek yang dipilih.
    • Alat

      Trim

      bisa digunakan bagi memotong segmen ataupun sisi suatu objek nan merayapi sempadan objek lain, nan mengubahnya menjadi satu target khas.
    • Gunakan

      Fillet

      dan

      Chamfer

      buat takhlik sudut memeting dan tajam dengan menyilang 2 sisi nan dipilih.
  9. 9

    Tambahkan referensi dan tabel dengan mengeklik
    tab


    Annotate

    .

    Tab
    ini terletak di samping
    tab
    Insert” di fragmen atas. Ini bisa digunakan untuk membuat kotak teks, menambahkan grafik berisi bilang deret dan/maupun kolom, dan sebagainya.

    • Jika kepingin beralih di antara diversifikasi teks, pilih

      Single Line

      atau

      Multi Line

      yang berlambak di kidal atas bilah organ pita.
    • Semua teks yang ditambahkan juga berfungsi bak objek idiosinkratis yang dapat dipindahkan.
    • Terletak panel “Dimensions” di intern
      tab
      ini yang bisa digunakan untuk menjatah laporan terhadap ukuran dari suatu garis ataupun bentuk.
  10. 10

    Buatlah korban 3D.
    Sira dapat menggunakan 2 prinsip lakukan beralih ke tampilan 3D. Yang pertama, seret
    Viewcube
    yang terdapat di pojok kanan atas kawasan menggambar ke arah mana sekadar. Cara kedua, klik ikon

    Orbit

    yang terdapat di panel kanan (ikonnya berbentuk lingkaran nan di dalamnya terdapat panah cenderung ke atas).

    • Klik
      tab

      3D Tools

      di penggalan atas untuk membuka alat pengeditan desain 3D. Apabila
      tab
      ini tidak cak semau, klik kanan tempat hampa di sebelah
      tab
      bungsu di atas jidar gawai pita, buka

      Show tabs
      , lalu memperbedakan

      3D Tools
      .
    • Klik cap panah mendatangi ke dasar nan berada di pangkal “Box” di dalam panel “Modelling” pada tampilan mistar alat, lalu diskriminatif objek 3D yang kepingin dibuat (misalnya

      Cone

      [kerucut],

      Sphere

      [bola], atau

      Pyramid

      [piramida]). Cara menggambarnya sekufu seperti mana momen Ia mewujudkan gambar 2D lumrah, tetapi akan ada murang tak (garis berwarna biru) nan harus ditangani.
    • Bentuknya akan ditampilkan perumpamaan rancangan garis 3D, bukan intern bentuk debit. Beliau bisa mengubahnya dengan mengeklik

      2D Wireframe

      yang berada di tesmak kidal atas area menggambar, adv amat memilih tampilan lain, misalnya

      Realistic
      ,

      Shaded
      , atau

      X-ray
      .
    • Seandainya ingin menafsirkan bahan 2D ke incaran 3D, gunakan perkakas

      Extrude

      kerjakan membukit kedalaman, dan/maupun perabot

      Revolve

      untuk mengebur incaran di sekitar suatu sumbu.[5]
    • Dia bisa memodifikasi objek 3D seperti objek 2D. Caranya ialah dengan mengeklik suatu objek bikin memajukan
      node
      (tutul sambungan yang mengaduh garis/rencana) berwarna dramatis yang boleh diseret, kemudian menggerakkannya ke tempat nan diinginkan.
    • Panel “Solid Editing” dan “Surfaces” berisi instrumen penyuntingan tingkat lanjut kerjakan menciptakan menjadikan dan menyunting incaran yang runyam.
  11. 11

    Tempatkan gambar di lapisan (layer) tak.
    Ketika membuat gambar yang selit belit, semoga Anda menempatkan setiap bagian ke lapisan yang farik, yang bisa disunting, disembunyikan, dilihat, dan diatur ulang.[6]

    Berikut ini merupakan beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui kerjakan membuat lapisan:

    • Pada
      tab

      Home
      , klik ikon

      Layer Properties

      di internal panel “Layers” lakukan memunculkan panel
      Layer Properties. Ini akan memunculkan semua sepuhan dan apa yang bisa dilakukan terhadap saduran tersebut.
    • Klik ikon 3 lembar plano yang di sisi kirinya terletak pematang sirah dan kuning (ini adalah ikon mula-mula di penggalan atas panel
      Layer Properties) bagi mewujudkan dan menyapa sepuhan mentah. Kini Anda memiliki 2 salutan di internal panel.
    • Memilah-milah suatu lapisan dengan mengekliknya 2 kali. Salutan yang memiliki cap centang merupakan lapisan yang ditampilkan ketika ini.
    • Sembunyikan atau tampilkan lapisan dengan mengeklik bola lampu yang ada di lapisan tersebut. Seandainya Anda menangani balut yang sangat besar, gunakan ikon berbentuk surya buat membekukan lapisan, bukan dengan menyembunyikannya.
    • Gunakan ikon berbentuk gembok untuk mencegah sepuhan tersunting secara bukan sengaja. Ini akan mengunci salutan tersebut.
  12. 12

    Simpan gambar yang Anda buat.
    Simpan hasil karya Engkau dengan mengeklik menu
    A
    di ki perspektif kiri atas, mengeklik

    Save As
    , dan mengidas

    Drawing
    . Rencana Sira akan disimpan laksana gabung DWG, yaitu format
    default
    untuk AutoCAD.

    • Selepas menguasai asal-dasar AutoCAD, sekarang cobalah takhlik tangga berbentuk L atau piramida bertingkat.
    • Sekiranya sudah mahir menggunakan AutoCAD, Anda pasti bisa mengubah garis menjadi meres, dari latar menjadi lembaga solid 3D, menambahkan representasi objek yang realistis, serta menggelapkan cahaya dan bayangan.

    Iklan

Tentang wikiHow ini

Jerambah ini telah diakses sebanyak 99.043 bisa jadi.

Apakah kata sandang ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Menggunakan-AutoCAD