Perbedaan Ikan Mas Dan Koi

Ilustrasi – Iwak Koi . (Pixabay)


Penyunting: Arif Sodhiq

– Senin, 21 Februari 2022 | 16:45 WIB


Sariagri –
I
kan koi dikenal pun bak Nishikigoi atau jinli yang secara verbatim berarti ikan mas brokat. Koi merupakan variasi berwarna dari tipe lauk Cyprinus rubrofuscus nan baku tertumbuk pandangan di ujana air luar ruangan dan kolam. Biasanya lauk ini sering dipercaya sebagai ikan pembawa makanan.

Ikan koi punya banyak varietas yang mutakadim diidentifikasi masyarakat Jepang. Varietas ini dibedakan berdasarkan warna, sisik dan pola. Warna iwak koi yang banyak ditemukan adalah suci, merah, hitam, biru, kuning dan krem.

Lauk koi diyakini bermula dari Cina yang kemudian digunakan masyarakat Jepang sebagai sumber makanan. Lega medio 1800-an masyarakat Jepang mulai mengembangbiakkan lauk yang panjangnya bisa menyentuh 36 inci ini untuk estetika. Privat kondisi ideal, lauk koi boleh hidup hingga puluhan tahun.

Berikut heksa- spesies ikan koi yang dikenal dan dibudidayakan:

1. Kohaku

Kohaku dianggap perumpamaan kaisar berpangkal semua ikan koi karena jenis pertama yang dikembangkan dengan dua dandan. Kesederhanaan dan tampilannya yang besar-besaran menjadikannya sebagai lauk koi nomine. Jenis ini memiliki warna putih menakjubkan (shiroji) dengan noda merah. Kebanyakan kohaku n kepunyaan indra dandan kekuningan.

2. Taisho Sanke

Taisho Sanke juga dikenal umpama Taisho Sanshoku ataupun Sanke. Sanshoku nan berharga tiga warna. Nama ini sesuai dengan keberadaan tiga dandan tubuhnya yaitu putih, abang dan hitam.

Lauk ini dulu mirip dengan Kohaku. Sederajat seperti Kohaku, rona ikan ini putih (shiroji) dengan tera merah (hai). Satu-satunya perbedaannya adalah tanda hitam (sumi marks) di tubuhnya. Taisho Sanke adalah salah satu dari tiga besar di mayapada ikan koi.

3. Showa

Showa kembali dikenal sebagai Showa Sanshoku atau Showa Sanke. Nama Showa mengacu pada warna putih, ahmar dan hitam di tubuhnya. Ikan ini sangat mirip dengan Sanke. Perbedaan utama kedua jenis lauk koi ini adalah Karasu (badan berwarna hitam) dari Showa. Showa mempunyai tanda berwarna salih dan merah di atas tubuh ataupun dasar yang sebagian osean bercelup hitam.

4. Tancho

Ikan koi Tancho n kepunyaan bintik merah menonjol di kepalanya. Tancho primitif dan ramping dan dikenal dengan pigmentasi merek dagang (bintik berma) di kepalanya.

5. Utsuri

Utsurimono mencaplok tiga spesies ikan koi Utsuri yakni Shiro Utsuri, Capuk Utsuri dan Hi Utsuri. Utsurimono berarti refleksi. Ikan koi yang termasuk intern kategori Utsuri n kepunyaan tubuh berwarna hitam (Karasu) dengan segel merah (hi), putih (shiroji) atau asfar (ki). Kategori itu diberi nama Utsurimono kerjakan menunjukkan pola merah, jati ataupun asfar yang menunjukkan pantulan warna pada tubuhnya.

Baca Juga:
Meski Tidak Keseleo, Kenali Perbedaan Enam Jenis Ikan Koi

Sendi Pakan yang Dapat Untuk Warna Lauk Koi Makin Memukau

6. Bekko

Kebaikan alas kata Bekko adalah sampul kura-kura. Bekko dan Utsuri cangap terbang. Tetapi, fitur utama yang kondusif mengkhususkan keduanya adalah Utsuri punya wana berwarna hitam dengan segel bercelup putih, biram atau kuning. Sedangkan Bekko memiliki wana berwarna tulen, bangkang atau kuning dengan stempel Sumi (berwarna hitam).

Kepala Bekko akan cangap bersih dari tanda Sumi. Varian Bekko yang dikenal antara tak Shiro Bekko (tubuh putih), Aka Bekko (jasmani abang), dan Portal Bekko (raga kuning). Varian yang paling awam adalah Shiro Bekko.



Video:

Video Terkait

Source: https://perikanan.sariagri.id/89163/biar-tidak-salah-kenali-perbedaan-enam-jenis-ikan-koi