Kandang Ayam Diatas Kolam Ikan

Peternakan ayam aduan petelur di Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. (SariAgri/Akbarda Winardi)


Editor: Arif Sodhiq

– Minggu, 23 Mei 2022 | 14:00 WIB

SariAgri –
Bau dan lalat merupakan permasalahan yang harus diatasi peternak unggas. Untuk meminimalisir bau dan menghilangkan lalat yang ditimbulkan dari kotoran unggas, Owner Cisadane Pradana Farm di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Hardadi mangatasi msalah itu dengan memanfaatkan kolam ikan.

Dadi panggilan Hardadi menggunakan sistem kandang seperti mana rumah panggung dengan empang ikan di bawah serun untuk meminimalisir bau kotoran dan kesediaan lalat.

“Nah kendati tak ada (lalat dan bau) itu saya kasih air karena kalau (cirit) turun ke air larvanya itu kan bukan mungkin masuk ke air cerek sudahlah jadi kemungkinan tidak ada bernga dan tidak makara lalat,” ujarnya.

Di dalam bendungan lauk itu Dadi mengetanahkan ribuan sari lele yang ketika ini sudah tumbuh raksasa. Selain memakan kotoran ayam, keberadaan lele di kolam bisa menambah pendapatan saat dijual.

Baca Juga:
Cara Jitu Hilangkan Kotoran dan Bau Kandang Peternakan Ayam

Agroedukasi Wisata Ragunan Buku Edukasi Percontohan Pertanian Perkotaan

“Kenapa saya pemberian lele karena supaya kotorannya itu dimakan lele. Nah bermula lele ini kan ada hasil sampingan juga dari lele sonder kita kasih bersantap lelenya,” katanya.

Untuk membuat konsep kandang ayam jantan dan tambak lele, kata Dadi, nan harus diperhatikan jarak antara kandang dan tebat. Jika terlalu dekat, kondisi kandang akan lembab dan amoniak dari balong naik ke atas setakat dihirup ayam sehingga bisa mengganggu produktivitasnya.

Video terkait:

Video Terkait

Source: https://peternakan.sariagri.id/71848/cara-jitu-hilangkan-kotoran-dan-bau-kandang-peternakan-ayam