Cara Merubah Data E Ktp Secara Online 2021

Meski berlaku seumur hidup, KTP bisa diperbarui jika yang bersangkutan ingin mengganti data di dalamnya. Berikut cara dan syarat memperbarui KTP.
Ilustrasi. Meski bermain seumur hidup, KTP bisa diperbarui jika nan berkepentingan cak hendak mengganti data di dalamnya. Berikut prinsip dan syarat memperbarui KTP. (CNN Indonesia/Adi Maulana)

Jakarta, CNN Indonesia

KTP elektronik memiliki periode berlaku seumur semangat. Meski demikian, warga dapat mengajukan reformasi

KTP


jika ingin mengganti data di dalamnya. Berikut cara dan syarat memperbarui KTP.

KTP punya fungsi berbagai, bukan hanya perumpamaan identitas penghuni. Kartu tersebut bisa mempermudah pengurusan administrasi kependudukan maupun sebagai syarat mengimak programa ataupun mendapat


sambung tangan

.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Maka dari itu karena itu, data yang termasuk mesti valid dengan keadaan warga yang mengantongi identitas. Bilamana diperlukan transisi isi, hal tersebut boleh dilakukan.

Perlu diketahui, perian berperan KTP konstan sama, yaitu seumur hidup. Hal ini sama dengan Pasal 67 plong Undang-undang (UU) Nomor 24 Masa 2022 tentang Administrasi Kependudukan. Dijelaskan bahwa KTP elektronik main-main untuk seumur vitalitas alias lain dibatasi per panca hari.

UU tersebut menjelaskan tentang perubahan data yang bisa dilakukan. Pada pasal 64 ayat 8, dinyatakan bahwa persilihan data tersebut meliputi elemen data KTP, perubahan dikarenakan kerusakan, atau KTP hilang. Dijelaskan pula penghuni wajib melaporkan kepada instansi pencipta lakukan dilakukan perubahan atau penggantian.

Meskipun sejenis itu, sejumlah data yang bersifat statis di dalam KTP tidak bisa diganti. Misalnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan gelanggang tanggal lahir. Artinya selain elemen data tersebut, begitu juga pamor perkawinan, domisili, pekerjaan, hingga foto pada KTP dapat diubah.

Sreg praktiknya, pembuatan KTP elektronik perlu dengan perekaman retina dan sidik jari pemohon. Cuma perekaman ulang retina dan daktiloskopi tidak diperlukan lakukan pengurusan transisi data KTP. Pemohon sekadar perlu mengumpulkan syarat-syarat tertentu.

Syarat Memperbarui KTP

Petugas sedang mencatat E-KTP yang belum diambil warga di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta (14/9). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Ilustrasi. Mandu dan syarat memperbarui data KTP (CNN Indonesia/ Hesti Rika)

Penduduk yang ingin melakukan perubahan data teristiadat memenuhi beberapa persyaratan sebelum pengajuan perubahan data dilakukan. Syarat tersebut meliputi, sebagai berikut dikutip berbagai sumber:

  • Surat nikah/putusan pengadilan bakal ganti harga diri perkawinan.
  • Surat kenyataan RT/RW bikin pindah bahan domisili. Bisa diurus hingga tingkat kelurahan.
  • Ijazah, jika kepingin meninggi gelar.
  • Surat keterangan semenjak instansi untuk menidakkan status pekerjaan.
  • Surat kelahiran.
  • Fotokopi salinan kopi publikasi dari pemuka agama lakukan mengubah data agama jikalau ada perbedaan data.


Kaidah Memperbarui KTP

Bila penawar sudah lalu mengumpulkan data-data seperti puas persyaratan, lalu melakukan pengajuan setakat dokumen KTP nan dirubah isinya dapat diterbitkan. Berikut prosedur penyampaian memperbarui data KTP.

  1. Datang ke Biro Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
  2. Beberapa wilayah sudah boleh diurus di tingkat kelurahan wadah domisili pemohon.
  3. Siapkan tembusan yang diperlukan sesuai data nan akan diubah.
  4. Serahkan syarat-syarat yang diperlukan ke petugas penggubah di tempat pengajuan transisi data.
  5. Petugas penyelenggara akan menerimakan tanda terima kerjakan pengambilan KTP elektronik nan sudah jadi.
  6. Tunggu maksimal 14 perian kerja untuk pengambilan KTP elektronik yang baru.
  7. Bawa KTP lama dan KK bikin pengutipan KTP elektronik yang baru sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Itulah mandu dan syarat memperbarui KTP. Penuhi persyaratan dan prosedur pembuatannya sebagaimana nan sudah lalu diatur.

(amf/fef)



[Gambas:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220602160641-25-804025/syarat-dan-cara-memperbarui-ktp-untuk-ubah-data