Cara Meredakan Sakit Dada Sebelah Kiri



Nyeri Dada sebelah kiri bisa muncul kapan saja tanpa diprediksi. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kegelisahan akan kebobrokan berbahaya dan Dia mungkin sulit menerka penyebabnya. Pada dasarnya, nyeri dada jihat kiri bisa disebabkan makanya majemuk penyakit atau kondisi nan telah Kamu miliki.

Apa saja penyebab linu dada sebelah kidal dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel berikut ini!

Segala apa Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri?

Guncangan dada sebelah kidal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berbagai penyebabnya yaitu:



1. Gempuran Jantung

Mengutip situs Siloam Hospital, gempuran jantung menjadi salah satu penyebab lindu dada sebelah kidal. Serangan jantung terjadi karena distribusi bakat nan menuju otot jantung terhambat secara mendadak sehingga menyebabkan remai pada dada. Remai dada sebelah kidal yang disebabkan oleh serangan jantung dapat menimbulkan gejala lain, seperti peluh hambar, berlebih napas, mual, dan muntah.

2. Perikarditis

Perikarditis adalah kondisi yang terjadi akibat iritasi ataupun peradangan pada perikardium, adalah dua lapisan jaringan yang tipis di sekeliling jantung. Kondisi ini dapat menimbulkan guncangan dada sebelah kiri dan paruh, disertai rasa tertusuk.

3. Kardiomiopati

Penyebab selanjutnya yaitu kardiomiopati, kondisi yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan jantung dalam memompa darah sehingga menyebabkan otot jantung melemah, meregang, dan menjadi masalah pada struktur dalaman.

Keadaan ini akan berimbas pada nyeri dada arah kiri. Tidak hanya itu, kondisi ini juga memunculkan gejala lain, seperti bersisa napas dan nyeri kepala.

4. Angina

Angina maupun lebih dikenal dengan sebutan angin duduk adalah remai dada sisi kiri nan disebabkan oleh jantung yang kurang menerima asupan oksigen. Kondisi ini teradat diwaspadai karena dapat menjadi salah satu gejala penyakit jantung koroner.

5. Stres

Faktor penyebab nyeri dada jihat kiri tidak hanya pecah gangguan awak, tetapi juga mental. Stres yang enggak terkendali boleh menyebabkan rasa sesak dan gempa bumi di dada. Bikin mengatasinya, Anda perlu belajar mandu mengendalikan stres dengan baik. Kondisi ini boleh mengarah puas penyakit fisik lain seandainya tak buru-buru ditangani.

6. Tikai Sumsum Rusuk

Penyebab nyeri dada sebelah kidal selanjutnya adalah cedera sumsum rusuk. Beda ini bisa berupa keretakan, abtar, alias bengep. Selain gempa bumi sreg dada, cedera benak rusuk pula dapat menimbulkan rasa sakit hebat detik madya bernapas atau batuk.

7. Pneumotoraks

Pneumotoraks disebabkan oleh terkumpulnya udara plong rongga tipis di antara paru-paru dan dinding dada, atau disebut dengan pleura. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada kedua arah dada karena adanya tekanan udara nan terjebak di internal rongga paru hingga membentuk paru mengempis.

8. Ofensif Panik

Selanjutnya adalah serangan panik atau panic attack. Ofensif galau yang berlebihan bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri karena detak jantung meningkat dengan cepat ketika sano muncul secara mendadak dan berlebihan.

9. GERD

Sakit dada sebelah kidal dapat disebabkan oleh sistem pencernaan juga, seperti GERD. Penyakit ini terjadi karena katup yang melemah di antara makanan dan bagian bawah pembuluh. Kesudahannya, muncul rasa panas maupun heartburn dan iritasi yang menyerahkan sakit dada arah kiri.

10. Pneumonia

Penyebab linu dada sebelah kiri selanjutnya adalah radang paru-paru, merupakan infeksi virus, bakteri, ataupun fungi lega paru-paru. Pelecok satu gejala pneumonia adalah rasa nyeri dan susur pada dada, terlebih detik penderitanya tengah bernapas tataran dan batuk darah.

11. Emboli Paru

Emboli paru adalah kondisi saat pembuluh arteri pada rabu mengalami penyumbatan akibat adanya gumpalan talenta. Emboli paru berpotensi lautan menyebabkan nyeri dada sebelah kiri, sesak napas, tekanan darah rendah, sampai batuk darah.

12. Hernia Hiatal

Penyebab selanjutnya adalah hernia hiatal, kondisi lambung bagian atas yang terpesona naik mencecah meres diafragma. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa menggiurkan di dada (heartburn) sehingga bubar menimbulkan nyeri dada sebelah kidal.

13. Miokarditis

Miokarditis terjadi akibat peradangan pada urat jantung. Kondisi ini ditandai dengan ngilu dada sebelah kiri, penyakit asma, aritmia, dan kelelahan. Kondisi ini perlu ditangani karena miokarditis berisiko melemahkan dalaman dan menyebabkan kerusakan permanen

14. Masalah Kerongkongan

Nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh masalah tenggorokan juga, seperti kejang otot tenggorokan, lapisan esofagus yang meradang, dan pecahnya esofagus sehingga menyebabkan nyeri dada sebelah kidal ringan hingga parah.

15. Urat Ketarik dan Cedera Dinding Dada

Ngilu dada jihat kidal dapat disebabkan oleh otot yang tertarik, tegang, ataupun terkilir di dada dan di antara lemak tulang rusuk. Bila ini terjadi, Anda harus lekas menerima penanganan karena lemak tulang yang selisih membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

16. Tumor ganas Paru-Paru

Remai dada sesekali bisa menjadi gejala puru ajal rabu. Gejala lainnya menutupi batuk darah nan intens, disertai rahak atau darah, rasa lindu di pundak atau punggung, serangan berulang bronkitis atau radang paru-paru, sampai kehilangan nafsu makan atau penurunan terik fisik nan ekstrem.

17. Hipertensi Paru

Terakhir, nyeri dada sebelah kiri kembali bisa disebabkan oleh hipertensi paru. Hipertensi paru atau pulmonal adalah tekanan darah tinggi di paru-paru.

Cara Memecahkan Nyeri Dada Arah Kiri

Ketika mengalami lindu dada, Anda mesti mewaspadai dan buru-buru menanganinya seharusnya tak menimbulkan ki aib bukan. Apa yang harus dilakukan jika nyeri dada sebelah kiri terjadi? Berikut cara mengatasinya, sebagaimana yang dilansir dari medicalnewstoday.com:

1. Konsumsi Obat

Ketika gempa bumi dada sisi kidal terjadi, terutama karena GERD, Beliau dapat memperoleh obat-obatan. Penanganannya sendiri tidak berhenti puas pembeli-obatan, hanya kembali penggunaan proton pump inhibitors dan H2 blockers.

2. Antibiotik

Seterusnya, bila nyeri dada sebelah kidal disebabkan maka itu perikarditis alias radang selaput dada, Anda mungkin akan mengakui antibiotik dan membutuhkan istirahat yang lebih lama setakat lapisan jaringan sembuh.

3. Pembedahan

Cara memintasi sakit dada sebelah kiri yang ketiga yaitu dengan pembedahan. Biasanya, pembedahan ini diperlukan bila Engkau mengalami nyeri dada sebelah kiri karena mengalami pneumotoraks, ruptur esofagus, atau penyakit kardiovaskular..

Kapan Harus ke Sinse?

Setelah mengetahui berbagai rupa penyebab dan pendirian mengendalikan nyeri dada arah kiri, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah sakit dada sebelah kiri berbahaya?

Pada dasarnya, ngilu dada sebelah kidal dapat berbahaya bila dibiarkan begitu namun. Mengutip situs Mayo Clinic, jikalau mengalami gempa bumi dada arah kidal yang baru terjadi dan tidak boleh diperkirakan, Anda dapat menghubungi bantuan kedokteran darurat sesegera barangkali karena pada dasarnya, gejala plong dada tak dapat disepelekan serupa itu belaka.

Jika Engkau bukan mendapatkan ambulans ataupun kendaraan untuk berkunjung ke rumah sakit, mintalah uluran tangan setangga atau antagonis untuk mengantarkan ke rumah nyeri terhampir. Hindari mengemudi seorang bikin menghindari kemungkinan terburuk, kecuali bila tak ada sortiran tidak.

Itulah artikel seputar nyeri dada arah kiri. Jaga kesehatan dan tetap siap siaga, ya, detikers!

Simak Video “Kecaburan Bersantap Raos Pisaan Euy, Dapur Kraton Cimahi

[Gambas:Video 20detik]
(elk/fds)

Source: https://www.detik.com/bali/berita/d-6490960/nyeri-dada-sebelah-kiri-apa-penyebabnya-ini-cara-mengatasinya