Cara Mencari Tanggal Lahir Seseorang

Sering kali detik mengolah data, kita perlu menentukan jiwa seseorang berdasarkan tanggal lahirnya. Menotal manual tentu akan bersantap perian, apalagi bagi data banyak orang. Untungnya kita boleh dengan mudah menghitung umur di excel sahaja dengan mengetahui copot lahirnya saja.

Terserah bilang cara nan bisa digunakan cak bagi cak menjumlah umur di excel. Menggunakan kurnia YEAR, YEARFRAC, DATEDIF. Berikut panduan mudah prinsip menggunakan ke tiga fungsi ini:

1. Menghitung umur dengan keistimewaan YEAR

Hal purwa yang teradat diketahui bakal menentukan umur seseorang tentunya merupakan terlepas lahirnya. Kemudian tanggal tertentu yang dijadikan patokan cak bagi menentukan umur nan akan dihitung.

Puas panduan ini saya gunakan contoh sebuah data karyawan yang diketahui sungkap lahirnya dan ingin dihitung umurnya plong hari itu. Misalkan hari ini adalah tanggal 1 Januari 2022.

Cara menghitung umur berdasarkan tanggal lahir di excel

Lega contoh data di atas kita boleh mencari jiwa karyawan bernama Anita dengan menggunakan fungsi YEAR. Caranya gunakan fungsi berikut:

= YEAR(D4) – YEAR(C5)

Sehingga diperoleh umur Anita 31 tahun. Masalahnya menghitung umur dengan Excel menggunakan fungsi YEAR doang akan menghitung tahunnya minus memperhatikan rembulan dan hari, sehingga tidak begitu akurat. Untuk penentuan umur yang bertambah akurat gunakan kepentingan YEARFRAC seperti berikut.

2. Menghitung hayat dengan fungsi YEARFRAC

Prinsip kedua cak menjumlah usia dengan Excel dapat menggunakan faedah YEARFRAC. Fungsi ini merupakan pengembangan berasal keistimewaan YEAR. Bedanya fungsi YEARFRAC akan memperhitungkan bulan dan hari sehingga lebih akurat.

Cara menghitung umur berdasarkan tanggal lahir di excel

Proporsi kebaikan YEAR dan YEARFRAC

Berpunca komplet data umur Anita di atas bisa dilihat kehidupan Anita menggunakan fungsi YEAR adalah 31 waktu, sedangkan fungsi YEARFRAC 30,080766 tahun. Ternyata fungsi YEARFRAC lebih akurat karena juga memperhitungkan sisa periode berpokok umur Anita kemudian di lakukan 365 hari.

Cukuplah, pertanyaannya bisakah mengetahui umur dengan sempurna hari, wulan dan harinya dengan Excel? tentu saja bisa. Kita hanya teristiadat menggunakan kelebihan DATEDIF seperti berikut ini.

Menotal umur dengan Excel fungsi DATEDIF

Faedah DATEDIF terdiri berpunca tiga argumen, Tanggal awal, Tanggal akhir dan Rincih. Dituliskan seperti berikut:

= DATEDIF(Rontok awal; Tanggal penghabisan; Runcitruncit)

Keterangan:

  • Tanggal awal: menunjukkan tanggal sediakala dimulainya perhitungan tahun. N domestik contoh menghitung kehidupan ini Terlepas mulanya diisi dengan copot lahir.
  • Tanggal akhir: menunjukkan batas akhir tanggal perhitungan. Dapat menggunakan tanggal tertentu atau menunggangi fungsi Today() dan Now() laksana tanggal hari ini.
  • Rincih: berisi kode pemberitaan yang cak hendak didapatkan. Suka-suka 6 kode yang dapat digunkanan.
    • “Y” : untuk total waktu dalam perian.
    • “M” : untuk total wulan dalam periode.
    • “D” : untuk jumlah perian n domestik periode.
    • “MD” : cedera hari dalam periode tanpa memerinci masa dan bulan.
    • “YM” : beda antar wulan dalam periode tanpa memerinci perian dan tahun.
    • “YD” : selisih antar tahun n domestik periode tanpa memerinci bulan dan waktu.

Mari kita aplikasikan pada contoh mencari spirit Anita seperti data di atas.

Cara menghitung umur berdasarkan tanggal lahir di excel

Menghitung umur karyawan dengan khasiat DATEDIF

Pertama kita bisa berburu jiwa Anita privat satuan tahun, maka kita dapat gunakan fungsi =DATEDIF(C4;D4;”Y”) yang ditambahkan dengan &” Tahun ” & untuk menambahkan keterangan tahun.

Lebih lanjut kita cari selisih wulan berpokok kehidupan Anita tanpa memperhitungkan periode dan hari, boleh dengan fungsi =DATEDIF(C4;D4;”YM”) ditambah dengan &” Wulan ” & sebagai pemberitahuan rembulan.

Kemudian bakal mengejar cedera perian berasal umur Anita tanpa memperhitungkan waktu dan bulan bisa menggunakan keefektifan =DATEDIF(C4;D4;”DM”) ditambah dengan & ” Hari “ ibarat deklarasi perian.

Sehingga diperoleh sukma Anita 30 Hari 0 Rembulan 30 Musim.

Cukup mudah enggak menotal umur dengan Excel menggunakan beberapa kekuatan di atas. Silahkan membeda-bedakan fungsi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Di Microsoft Excel kamu juga bisa menghitung atma. Ada prinsip menghitung umur di Excel, yang bisa diterapkan saat menghadapi data-data mengenai umur seseorang maupun hewan. Oleh karenanya supaya kemampuan memperalat Excel semakin maksimal kamu harus tahu juga rumus buat hitung kehidupan Excel.

Belajar mengenai Excel jangan tanggung-tanggung. Kalau bisa kamu harus menguasai banyak rumus menginjak dari rumus persen hingga rumus bikin cak menjumlah usia. Tujuannya sepatutnya anda bisa bertambah siap saat menghadapi berbagai tugas situasi. Pasalnya kamu tidak sempat karir kamu ke depannya. Tugas selanjutnya.

Di dunia kerja kegiatan bekerja sangat dinamis. Bisa doang engkau disuruh mengerjakan A hari ini, dan B keesokan harinya. Bikin itu kamu harus paham betul mengenai cara menghitung umur di Microsoft Excel. Supaya jika ada tugas menotal umur, kamu tak panik dan sudah siap dengan bermacam ragam tugasnya.

Daftar Isi
Sembunyikan

1
Membiasakan Cara Cak menjumlah Umur di Excel

1.1
1. Menghitung Umur di Excel Dengan Hasil Tahun

1.1.1
Catatan Tambahan Mengenai Mandu Menghitung Semangat Beralaskan Tahun

1.2
2. Cara Menghitung Umur di Microsoft Excel dengan Hasil Tahun, Bulan dan Masa

Belajar Cara Menghitung Umur di Excel

Selama kamu hidup, bukan main baiknya mengisi waktu untuk terus belajar. Agar kamu bisa mengetahui berbagai rupa ilmu yunior yang pastinya habis berguna bikin karir dan kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja takdirnya anda tidak belajar hal-situasi baru. Maka kamu akan ketinggalan zaman dan kemampuan tidak terserah.

Keseleo satu hal yang perlu dipelajari adalah cara menghitung roh. Tujuannya moga dia dapat lebih maksimal dalam membentuk kabar khususnya wara-wara mengenai data-data vitalitas di privat laporan. Jika saja kamu bukan mengetahuinya maka dikhawatirkan kamu akan kesulitan untuk menghitung data umur.

1. Menghitung Umur di Excel Dengan Hasil Hari

Cara menghitung umur berdasarkan tanggal lahir di excel

Kamu harus tahu kalau di Excel, cak semau 2 jenis pendirian untuk menghitung nasib. Purwa cak menjumlah umur dengan data musim cuma. Kedua umur dengan hasil data berupa waktu, wulan dan tahun. Kedua jenis ini sama-sebabat menggunakan tanggal lahir dan tanggal hari ini sebagai kriteria lakukan berbuat taksiran umur.

Mula-mula adapun sukma berdasarkan waktu. Nantinya kamu harus membuat Cell nan kebal tanggal lahir dan copot hari ini, maupun terlepas saat rekapitulasi umur berlangsung. Semua akan disusun berdasarkan sistem kredit, karena Microsoft Excel yakni tuntutan yang melakukan penghitungan dengan data angka.

  • Catat kolom terlepas lahir, rontok periode ini, dan umur di cell B1, lalu B2 dan B4.
  • Berikutnya di ruangan tanggal lahir kamu tulis tanggal lahir engkau dengan konseptual. Formatnya adalah biji rontok, garis miring bulan dan garis miring tahun. Misalnya sahaja 25/04/1995 dan bukan sebagainya. Sesuaikan dengan kehidupan nan kepingin kamu hitung.
  • Berikutnya kamu beranjak ke kolom hidup atau B4. Pada B4 ayo kamu tulis rumus yakni =DATEDIF(B1;B2; “Y”).
  • Nantinya akan keluar mengenai usia anda, namun hanya bertuliskan umur saja. Misalnya umur 25 tahun, 26 hari maupun 40 musim. Terjemur dengan data tanggal lahir yang ia isi.

Catatan Suplemen Adapun Cara Menotal Semangat Berdasarkan Tahun

Cara menghitung umur berdasarkan tanggal lahir di excel

Ada bilang hal nan harus kamu ketahui saat berbuat kaidah menghitung umur di Excel. Khususnya argumen mengenai cara menghitung dengan metode ini. Pertama kemustajaban ini berfungsi jika enggak suka-suka atau nihilnya IntelliSense untuk fungsi ini. Jadinya mesti dihitung sintaksnya dan berapa banyak argumennya.

Ini merupakan guna berpangkal rumus DATEDIF yang digunakan untuk menghitung kehidupan. Adapun n domestik DATEDIF terdapat bilang argument yang wajib cak bagi diketahui. Beberapa argument ini menyangkut isi rumus dan bisa menambah kesadaran kamu adapun kaidah hitung umur dengan hasil tahunnya namun.

  • Pertama adalah start_date. Argumen ini merepresentasikan tanggal sebuah periode. Dalam penulisan rumus di Excel, tanggal bisa ditulis privat bentuk interelasi teks didukung oleh tanda kutip ganda, lalu ganda nomor cuaca, dan majemuk fungsi lain yang mendukung penghitungan spirit.
  • Berikutnya yaitu end_date. Di privat rumus ini, end_date merepresentasikan tanggal berakhirnya sebuah periode. Sanding seperti mana start_date, copot dapat ditulis dalam lembaga bacaan, tanda kutip ganda, nomor seri, dan tak sebagainya.
  • Maksudnya hasil yang seperti barang apa yang kamu dapatkan dengan menunggangi fungsi ini. Suka-suka 6 hasil yang diperoleh yakni Y alias jumlah tahun, M maupun jumlah bulan, D atau total masa, MD alias jumlah bulan n domestik periode, YM tahun tahun, dan YD atau jumlah tahun internal periode.

Baca pun: Pendirian Menghitung Persen di Excel

2. Cara Menghitung Spirit di Microsoft  Excel dengan Hasil Periode, Bulan dan Tahun

Cara menghitung umur berdasarkan tanggal lahir di excel

Kalau kamu cak hendak unik intern cak menjumlah umur, maka coba pendirian ini. Pendirian menghitung umur di Excel dengan hasil tahun, wulan dan perian. Sebuah hasil perhitungan yang lebih spesifik dan rinci sehingga kamu bisa mendapatkan data yang maksimal. Detik menotal data, anda harus mengamalkan dengan spesifik.

Dalam mendapatkan hasil perhitungan umur yang rinci, kamu harus membuat cell B1 dan B2 yang berisi tanggal lahir dengan format tanggal garis miring, bulan, garis maring tahun. Sedangkan buat data waktu, bulan dan terlepas, kamu bisa masukkan ke dalam cell B4, B5, dan B6. Berikut ini cara selengkapnya.

  • Masukkan tanggal lahir dia di cell B1, dan tanggal hari ini di B2. Pastikan kamu mengisi data yang etis cak agar proses perhitungan puas Microsoft Excel akhirnya ter-hormat dan bagus juga.
  • Berikutnya silakan arahkan kursor ke B4 ataupun cell tahun dan lakukan perincian. Caranya dengan menerapkan rumus =DATEDIF(B1;TODAY();”Y”). Nanti akan unjuk hasil perhitungan umur berdasarkan waktu saat ini. Misalnya 25, 40 ataupun 15. Sesuai waktu saban.
  • Selanjutnya kaidah menghitung bulan. Marilah arahkan kursor ke cell B5 dan masukkan rumus =DATEDIF(B1;TODAY();”YM”). Akan datang akan tertaksir mengenai wulan, misalnya 5, 6 atau 8. Itu artinya data menunjukan berusia 25 perian lebih 5 bulan, atau 30 tahun lebih dari 7 bulan.
  • Waktu ini ceratai data yang lebih tunggal lagi merupakan musim. Kamu bisa juga bikin cak menjumlah hari untuk umur. Caranya sekali lagi gampang. Pertama-tama engkau arahkan kursor ke B6. Dahulu anda masukkan rumus =DATEDIF(B1;TODAY();”MD”). Lusa akan keluar hasil akhirnya.
  • Sebabat sama dengan data lainnya, hasil akhir akan menggunakan angka mulai mulai sejak 1 sebatas 29. Angka ini menunjukkan kalau usia kamu lebih berapa hari. misalnya 25 masa, 7 wulan, 25 hari. jadi dengan perhitungan seperti itu, kamu boleh lebih rinci mengklarifikasi data mengenai usia di dalam Excel.
  • Keladak merupakan mengkombinasikan semuanya. Kamu boleh menuliskan semua data tersebut ke dalam suatu cell. Prinsip ini mendatangi lebih mudah dan praktis, sehingga engkau bisa lebih mudah kerumahtanggaan meladeni data.
  • Pertama-tama, marilah kamu pilih cell B7, nan merupakan cell mentah. Lalu anda masukkan rumus yaitu =DATEDIF(B1;TODAY();”Y”)&” Tahun “&DATEDIF(B1;TODAY();”YM”)&” Bulan “&DATEDIF(B1;TODAY();”MD”)&” Hari”.
  • Nantinya akan unjuk secara paradigma mengenai data mulai berpunca data tahun, bulan dan cell di kerumahtanggaan suatu cell. Hal ini membuat proses pengajuan data memusat lebih mudah untuk dilakukan.

Baca sekali lagi: Rumus Hlookup Excel

Mandu menotal umur di Excel, terbagi dalam 2 cara baik nan secara masyarakat ialah data tahun doang, atau yang makin spesifik yaitu data tahun, bulan dan tanggal. Semua cara tersebut dapat kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan laporan pekerjaan dan lagi tugas kuliah.

Bagaimana pendirian menghitung jiwa berpunca terlepas lahir di excel?

2 Rumus Excel yang Bisa Digunakan untuk Menghitung Kehidupan Seseorang.

Rumus= INT ((TODAY()-TglLahir/365) untuk Pembulatan. Pada rumus ini menggunakan rumus= INT ((TODAY()-TglLahir)/365), pada rumus tersebut ditambahkan kekuatan INT. … .

Rumus = (TODAY()- TglLahir)/365. Nah, cara kedua adalah dengan Rumus = (TODAY()- TglLahir)/365..

Bagaimana cara mencari rumus kehidupan?

Rumus
= (TODAY()- TglLahir)/365tanggal detik ini dikurangi tanggal lahir seseorang kemudian dibagi 365 waktu, Kids. Dalam 365 hari ialah hitungan 1 periode masehi.

Bagaimana cara menghitung masa di Excel?

=(TODAY()-B2)/365
Rumus
ini membedakan antara tanggal momen ini dan terlepas lahir, kemudian dia akan membagi angka tersebut dengan ‘365’ (satuan waktu kerumahtanggaan suatu
periode) untuk mendapatkan
tahun
lahir tersebut. Jadi, beliau semata-mata perlu membagi angka ‘365’ lakukan mendapatkan ponten
musim
lahir.

Bagaimana rumus countif?

Pertama, ketik kelebihan
COUNTIF
pada Cell D13 dan blok range data kemudian ketik ahli mesin pemisah
rumus
( , ataupun ; ) seperti mana berikut: =COUNTIF(D2:D11; Kedua, klik cell D3 laksana kriteria pada
rumus. Ketiga, ketik tanda tutup kurung kemudian tekan Enter.

Source: https://apacode.com/cara-menghitung-umur-berdasarkan-tanggal-lahir-di-excel