Cara Mencampur Resin Dan Katalis Yang Benar


“Cak bagi hasil yang terbaik, mencampur resin dan katalis harus sesuai dengan takaran yang bersusila menurut kebanyakan orang yaitu 10:1”

Pernyataan di atas belum karuan benar sepenuhnya karena beda tipe resin maka beda juga takaran nan ditentukan produsennya.

Saya rasa cukup dulu pengenalan resin dan serampak namun ke topik utama yaitu takaran campuran resin dengan katalis nan tepat sesuai dengan pengalaman saya koteng dan dari hasil pencarian dari mata air lain. Berbunga berbagai artikel dan video-video di dunia maya, senyawa nan dinasihatkan antara resin dan katalis adalah adalah:

  • 1:10 nan artinya banyak katalis adalah 1/10. Nisbah ini yang dipakai oleh umumnya hamba allah untuk macam akrilik.
  • 3/100 atau banyak katalis ialah 1/33,333333~ berbunga banyaknya resin. Ini biasanya buat resin yang kualitasnya kurang bagus atau resin butek.
  • ½ Gelas Air Mineral resin: 10-15 tetes katalis.

Dan banyak lagi tergantung jenis maupun kualitas resin dan katalis masing-masing. Beberapa ada juga yang mengunakan cara sendiri privat menakar perbandingan baku ini, suka-suka yang menghitung perbandingan dengan banyaknya melase dan ada pula dengan cara mengira-ngira saja. Menurut saya itu absah-sah saja sahaja harus sudah melalui uji coba sebelumnya sebab sesuai dengan asam garam saya, takaran katalis yang pernah saya pakai juga tergantung plong kualitas dan usia resin atau katalis itu sendiri. Saya pernah mengepas membeli resin dan katalis di arena nan berbeda tetapi perbandingan takaran yang dianjurkan tidak menghasilkan segala yang benar-benar saya harapkan yaitu mengeras tepat waktu, hasil berwarna bening dan bukan lengket.


Ideal-eksemplar akibat takaran katalis yang terlalu banyak:

  • Hasil resin bening akan menjadi buram kekuning-kuningan setelah kering. Ini pernah saya coba pada saat takhlik riasan boncel untuk anak.
  • Panas yang berlebihan bahkan sebatas mengeluarkan asap dan wadah rancam dari gelas air mineral pun ikut ngeri. Detik itu saya kira katalis masih kurang banyak dan saya coba membentuk sintesis nan baru dengan katalis nan kurang lebih banyak. Hehehe..
  • Lama mengering. Ada nan mengasa bahwa memperbanyak katalis akan mempercepat pengeringan campuran resin tetapi itu tidaklah benar dan malar-malar bisa menunggak proses pengeringan. Keadaan ini senyatanya masih wajar terlebih-kian seandainya kualitas resin yang kita gunakan tidak baik. Kita hanya perlu bersabar sampai 24 jam. Memang ada yang cepat mengering dalam waktu 15 menit semata-mata ada sekali lagi yang 3-5 jam bahkan 24 jam.


    Konseptual-pola akibat katalis yang sesak adv minim:

    • Lama mengering. Peristiwa ini sama seperti kelebihan takaran diatas karena zat ilmu pisah tidak mendapatkan bahan persaudaraan nan pas dan akan silih tolak mendorong antara partikel yang suatu dengan nan lain.
    • Ruap nan berlebihan. Proses penggabungan tidak akan sempurna mengakibatkan senyawa menghasilkan gelembung gegana yang tentu akan memberikan hasil nan sedikit memuaskan.
    • Berpadu hanya dengan permukaan yang lengket. Senyatanya kejadian ini dapat kita siasati terutama kerjakan benda hasil cetakan yang tak memerlukan kebeningan dan kehalusan bidang yang nantinya akan dilapisi lagi, adalah dengan menggunakan thinner yang bagus dengan cara mencurahkan ke permukaan nan lengket dan menyapu dengan menggunakan reja. Jangan menunggangi gelembung karena gelembung akan hancur dengan thinner.

    Saran saya campuran nan terbaik untuk hasil yang sesuai kedahagaan adalah dengan menerapkan beberapa keadaan di bawah ini:


    1. Bikin UJI COBA. Kita coba terlebih dulu dengan minus takaran sesuai perimbangan 10:1 atau 100:1. Ulangi pula apabila tekor sesuai dengan yang kita harapkan dan jangan lupa membuat coretan hasil sesuai perbandingan.

    2. Perangkat UKUR. Gunakan sering organ takar atau instrumen timbang nan cukup. Perkakas ukur yang paling cermat ialah alat ukur plastik, boleh kita beli di toko-toko kimia atau apotek.

    3. KONSISTEN.Biasakan membeli resin dan katalis di tempat yang sekufu dan jangan segan menanyakan apakah jenis nan kita beli sama dengan yang sebelumnya. Keadaan ini bikin mengurangi kecelakaan masa dan tenaga untuk menguji lagi.

    Alat-radas ukur plastik, suntik dan timbangan digital mudah kita temukan di toko kimia dan supermarket terdekat yang harganya bervariasi.

    Source: https://cleanmixs.blogspot.com/2017/12/takaran-yang-tepat-dan-perbandingan.html