Cara Menanam Padi Pakai Mesin

Memakamkan Padi Lebih Mudah dengan Mesin Tranplenter di Subak Banyuning


Admin distan |

12 Agustus 2022 |

308 kali


Satu situasi untuk kontributif adanya pertambahan hasil perladangan adalah adanya mesin pertanian (alsintan) yang dapat memudahkan orang tani mengolah lahan perladangan mulai berusul tahap persiapan tanah, penggarapan lahan, reboisasi, panen, hingga pasca panen.

Di Subak Banyuning, Kelurahan Banyuning petambak diperkenalkan alat / mesin transplenter. (11/8)

Mesin transplanter merupakan salah suatu alsintan, dengan memperalat mesin transplanter peladang membutuhkan tenaga yang lebih adv minim bikin menguburkan padi. Bahkan, mesin transplanter bisa menentukan jarak antar tanaman gabah yang memungkinkan bikin pertumbuhannya.
Adanya mesin transplanter kontributif tanggulang penyakit kurangnya buruh berhuma. Perkembangan zaman menciptakan menjadikan enggak banyak lagi buruh tani yang tersisa. Sedangkan tuan sawah masih tergolong banyak. Masalah datang ketika musim tanam berangkat. Para petambak dan tuan lahan tidak n kepunyaan sumber daya manusia nan mencukupi bakal kontributif proses penanaman padi.

Dengan kesanggupan mesin transplanter ini sedikit dapat diatasi. Petani tidak terbiasa sekali lagi bingung masalah kekurangan tenaga karena bisa dilakukan secara otomatis dengan memperalat mesin. Rice transplanter dapat menanam padi secara otomatis pada lahan yang sudah disiapkan. Mesin ini juga bekerja dalam waktu nan makin cepat daripada memperalat tenaga manusia. Dengan menggunakan mesin ini, petani malah diuntungkan karena pekerjaan radu secara lebih efisien dan praktis.

Kehebatan mesin transplanter kerjakan membantu petani menanam padi sudah seharusnya tidak diragukan pun, karena mesin ini bisa memperkirakan jarak nan tepat antar gabah untuk tumbuh. Mesin transplanter menerapkan jarak 20×25 cm, makin sempit tinimbang jika ditanam oleh makhluk yang membutuhkan jarak 30x30cm. Jarak yang lebih sempit ini tentu bisa meningkatkan efektivitas lahan karena memungkinkan lebih banyak pari ditanam.

Prinsip pemanfaatan mesin pekebun antah sangat simpel dan mudah dipahami Pembajak tak perlu butuh banyak waktu cak bagi menanam padi di petak sawah, belaka wajib melakukan pembibitan kerumahtanggaan penampan mesin transplanter, hingga menghasilkan gelendong bibit padi siap tanam. Selanjutmya, letakkan bibit gabah di atas mesin. Jika sudah ready tetapi perlu menjalankan mesin agat antah tertanam secara otomatis. Cara modern kerjakan menanam padi ini pasti silam menghemat waktu dan biaya.


#tetap_semangat_petani_buleleng
(Penyalin : Shinta Istihsan, SP)

#BPP Bulelelng

Source: https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/berita/menanam-padi-lebih-mudah-dengan-mesin-tranplenter-di-subak-banyuning-56