Cara Menanam Morning Glory Dari Biji

Cara Menanam Morning Glory

Awal bulan Juli ini saya sedang menekuni hobi menanam rente. Sebelumnya saya sudah berkebun sayur dan biji pelir. Kali ini saya mencoba menyelamatkan bunga Morning Glory dari biji. Saya pernah mencoba mengebumikan bibit morning glory tahun lalu. Sayangnya belum berhasil (^_^). Oleh karena itu saya ingin menyedang pun menanam anakan morning glory karena saya penasaran dengan keindahan bunganya.

Morning Glory adalah tanaman hias rembet yang punya bunga-bunga yang cantik. Sekilas tanaman Morning Glory ini seperti tanaman terlarang merambat nan sering saya temui dipinggir urut-urutan. Morning Glory memiliki nama latin Ipomoea. Cak semau berbagai varietas Morning Glory ialah Mexican Morning Glory alias Common Morning Glory (Ipomoea Purpurea dan Ipomoea Tricolor), Japanese Morning Glory (Ipomoea Nil) dan Moonflower (Ipomoea Alba). Morning Glory ini masih satu keluarga dengan jenis pohon bancet (Ipomoea Aquatica). Kalau anda pernah lihat bunga sayur kodok, bunganya mirip sama morning glory (^_^). Bedanya kalau morning glory variasi tanaman solek dan bunganya beraneka jenis, rang dan warna yang sani.

Gambar-kerangka bermacam rupa varietas morning glory:

 .:

Mexican Morning Glory :.

Ipomoea Purpurea dan Ipomoea Tricolor


.:

Japanese Morning Glory :.
Ipomoea Nil


.: Moonflower

:.


Ipomoea Alba



.:
Bangkong
:.
Ipomoea aquatica




Anak uang sayuran kangkung. Bunganya cantik dan mirip Morning Glory


(^_^)

Ketika ini saya sedang menyedang menanam anakan Japanese Morning Glory (JMG) Mixed. Saya semaian 3 biji morning glory, Alhamdulillah semuanya bisa berkecambah intern masa kurang berpangkal seminggu. Ternyata tidak begitu terik menyelamatkan bunga morning glory dari benih.

Bagaimana cara menanam morning glory?

Caranya sangat mudah.
Berikut ini ialah cara menanam biji morning glory nan tertera di pak biji bunga yang saya beli:

  • Rendam biji morning glory dalam air bersih selama 12 – 24 jam.
  • Siapkan ki alat semaian maujud petak yang subur ataupun campuran Tanah Tanah daun: Sekam bakar : Pupuk Organik (3:1:).
  • Tanam skor puas media semai dengan kedalaman 0.5 – 1 cm. Pastikan media semaian konstan lembab, siram 2 mungkin sehari. Jangan siram bila
  • mendung/hujan.
  • Letakkan pot persemaian di lokasi yang hangat < 25° C, jangan menempatkan pot persemaian di lokasi yang tertular semarak surya langsung. Dalam waktu 5 – 21 hari benih akan bertunas.
  • Setelah pokok kayu pas kuat, boleh dipindahkan ke lahan alias ke wadah nan bertambah samudra.

Berikut ini adalah asam garam saya menanam poin morning glory:

– Saya rendam nilai morning glory ke dalam air bersih selama seharian.

– Besoknya, saya lihat indra peraba ponten morning glory sudah terserah nan agak terkupas suntuk saya sederum tanam di polibag alias vas yang sudah diisi dengan media tanam yaitu tanah gemuk. Saya menggunakan media tanam nan dijual dalam rancangan karungan nan sudah ada sintesis tanah bunga tanah, sekam, dan pupuk organik. Siram seadanya.

– Saya menaruh pot atau polibag biji morning glory ditempat yang teduh dan tidak dihinggapi panah syamsu langsung.

– Dalam masa 1-3 waktu setelah ditanam biji morning glory sudah mengkhususkan akar dan berkecambah. (^_^)

Tips: kalau ingin prosesnya lebih cepat, beliau dapat menggores sedikit tetapi kulit kredit morning glory yang bewarna coklat. Agar air bisa cepat turut ke fragmen kerumahtanggaan biji morning glory. Tapi pilih-pilih ya, jangan sebatas saat menggores kejangkitan bagian dalam bijinya. Sepan alat peraba luarnya tetapi (^_^).

Berikut ini adalah gallery foto-foto skor morning glory yang saya tanam dan mutakadim berkecambah dan membebaskan daun sejati morning glory.

Kelak jika sudah tumbuh bunganya akan saya update (^_^)

Biji Morning Glory sudah mengeluarkan daun

Morning Glory Seedling.

Daun Sejati Morning Glory. Morning Glory True Leaves

Cara Menanam Bunga Morning Glory dari Biji

Japanese Morning Glory True Leaves

– Karena fotonya pakai handphone jadi kualitasnya gambarnya low hehehe

Saat itu saya semai 3 benih morning glory dalam 1 polibag. Karena yang saya tanam variasi morning glory mix alias campuran, jadi detik tumbuh daun bentuknya berbeda dan saya penasaran, akan seperti apa ya esok bunganya? Bunga misteri… hehehe (^_^)

Happy Gardening (^_^)

Update – Agustus 2022

Hallo… kali ini saya kepingin update urut-urutan tanaman Morning Glory nan saya tanam sediakala Juli lalu. Alhamdulillah, awal rembulan Agustus ini Morning Glory-nya telah berasal! Ternyata cepat pula mulai dari semai angka sampai berbunga hanya perlu masa sekitas 1-1,5 bulan.
Tapi berbunga 3 Morning Glory yang saya tanam hanya 2 nan selamat. Yang satunya lengang karena mengalami kemungkus pada pangkal bangkai, kaprikornus enggak bisa diselamatkan :'(

Ok… lanjut, berikut ini adalah tampilan bunga morning glory yang sudah mekar. Mau tau seperti apa? Ini dia… jeng jeng… (^_^)

Lakukan tanaman Morning Glory yang pertama ternyata bunganya rona tahir :D. Saya hidayah nama snowie hehehe

Bunga morning glory cantik ya ternyata. Saya suka mematamatai lekukan/lipatan kelopak bunganya itu (^_^). Kelopak bunganya lagi halus dan tipis. Kalau terkena angin sejenak, kelopak anak uang bisa cepat ‘berkerumuk’ (^_^). Bunga morning glory hanya tarik urat 1 hari. Mekar dipagi hari, sorenya layu.

Tanamannya mungil ya? Saya pikir, tanamannya akan tumbuh besar dan bunganya juga lautan. Tapi ternyata enggak (^_^). Tanamannya pendek dan bunganya pula mungil. Saya kurang tau apa penyebabnya morning glory merecup kecil dan mungil. Mungkin sedikit subur, alat angkut tanam nan rendah bagus, kurang binar syamsu ataupun karena saya semai biji morning glory di kapas jadinya tumbuh kecil. Tapi tak apa-segala, terlebih lucu, unik dan unyu-unyu hehehe (^_^).

Ok, lebih lanjut ini bunga morning kedua yang mekar di awal bulan Agustus. Anakan morning glory ini bercat pink mulai dewasa. Saya kasih stempel sakura (^_^)

Bunga Morning Glory sebelum mekar. Cantik ya

Lalu ini bunga morning glory yang tumbuh di pertengahan Agustus. Bunga morning Glory ini berwarna biru keunguan. Cantiknya…. saya suka banget setinggi warnanya (^_^)

Update Bunga Morning Glory – September 2022

Di bulan September ini, dari 5 Morning Glory yang saya tanam sebelumnya sekarang hanya tersisa satu tanaman cuma :'( hiksss… Rente yang tersisa yang bewarna ungu kebiruan itu :). Yang lainnya nyenyat karena kepanasan dan busuk akar tunggang.

Tapi… di awal rembulan September ini ada suatu anak uang morning glory yang mekar. Bunga morning glory ini berbeda dengan nan saya tanam sebelumnya. Namanya bunga morning glory Kikyo Zaki. Berpokok 5 biji morning glory nan saya semai, nan berhasil tumbuh hanya 2 ponten.

Berikut kinerja anak uang morning glory Kikyo Zaki nan bunganya berwarna biru elok dan berbentuk seperti medali.

morning-glory-kikyo-zaki
Morning Glory Kikyo Zaki

Morning Glory Kikyo Zaki

Source: https://spicalandblog.blogspot.com/2015/07/cara-menanam-biji-bunga-morning-glory.html