Cara Menanam Lada Dalam Polybag

Prinsip Menanam Merica Alias Lada di Dalam Pot

Menanam lada kerumahtanggaan pot di pekarangan rumah tidak membutuhkan tanah nan luas, selain itu bisa digunakan cak bagi menepati kebutuhan memasak dan pun bisa memberi hasil yang lumayan untuk ibu rumah tangga. Sudah mengarifi bagaimana mandu mengetanahkan merica atau lada di intern pot? Jika belum, silahkan simak pemaparan kami berikut ini.

Pokok kayu embalau atau lada yang biasanya dibudidayakan di perladangan luas ternyata lagi bisa Sira tanam sendiri bahkan di pelataran sempit sekalipun. Caranya yaitu dengan memanfaatkan wadah jambangan atau polybag bak wadah tanamannya.

Merica yakni rempah asli Indonesia yang sudah terkenal setakat penjuru dunia sejak berabad-abad suntuk. Di Indonesia sendiri, keberadaan merica dimanfaatkan sebagai penyedap makanan yang memiliki rasa agak pedas dan berperilaku menghangatkan tubuh. Dari musim ke perian, harga merica di pasaran lebih hierarki. Budidaya sahang nan dilakukan di rumah, selain boleh dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak tiap harinya, juga lain dipungkiri boleh memberikan komplemen pendapatan bagi keluarga. Tanpa memerlukan lahan nan luas, budidaya si kerdil yang pedas ini boleh ditanam dalam jambangan di pelataran rumah Dia. Merica yang ditanam dalam jambang ini disebut perumpamaan lada perdu karena tumbuhannya yang tidak rembet sahaja mewujudkan perdu.

Keunggulan Budidaya Cabai Perdu

Logo nan jelas berbarengan terlihat yakni budidaya embalau perdu lain menghabiskan banyak lahan. Jerambah yang sebelumnya hanya terisi dengan tanaman hias yang tidak menghasilkan kredit ekonomis, waktu ini bisa menjadi lahan mendapatkan komplemen penghasilan. Lada perdu yaitu tanaman yang berbuah sepanjang tahun. Tiap potnya sekali penuaian bisa menghasilkan sebanyak 200 – 300 gram merica. Pada pokok kayu yang berusia di atas tiga tahun, lada yang dapat dihasilkan setiap potnya bisa sampai ke 500 gram. Meski berbuah sepanjang tahun, belaka dalam setahun lada perdu ini juga n kepunyaan dua kali panen besar dalam setahun. Dengan harga diatas 100 ribu per kilo di pasaran, maka hasil yang bisa didapat dari budidaya lombok perdu akan sangat menggiurkan.

Pembibitan Lada Perdu

Bibit lada perdu didapatkan dari stek simpang primer dan sekunder atau silang primer dengan stek bertapak (menyertakan sulur janjang). Bibit tersebut disemai pada media semai dengan menunggangi polybag nan berisi kapling, cendawan Trichokompos dan batu halus dengan perimbangan 7 : 3 : 1. Pasca- bibit ditanam internal polybag, tutup dengan plastik yang bisa dimasuki sinar rawi dengan predestinasi 60 – 70%. Jika memungkinkan, berikan jaring untuk mencagar biji embalau mulai sejak serangan hama. Tahun penyemaian dilakukan selama 3-4 bulan setakat akar tanaman merecup baik dan kuat bagi dipindahkan. Bakal memberikan rangsangan pertumbuhan pada akarnya boleh digunakan zat organik Trichoderma lega media persemaiannya.

Pembibitan merica atau merica perdu dilakukan dengan menyemai benih lombok maupun merica perdu pada polybag berukuran boncel nan sudah lalu diisi dengan kapling gembur. Berikan jala atau atap tercecer dari plastik bening  untuk menjaga kelembabannya dan menghindari mani berpunca wereng dan penyakit.

Menyelamatkan Lada Perdu di Pekarangan

Bila pembibitan lada perdu dirasa cukup merepotkan, alternatif yang bisa Sira rampas adalah membeli konsentrat nan sudah jadi di penjual esensi namun dengan karangan harga pati nan sudah kaprikornus memiliki harga yang berbeda di tiap daerah dan penjualnya. Saat bibit sudah siap ditanam, berikut adalah situasi-hal yang harus segera dilakukan.
Memakamkan embalau perdu di pekarangan boleh bersama-sama di tanam kerumahtanggaan jambangan maupun dengan menggunakan polybag yang berformat 60 x 40 cm. Agar kesuburan tanah bisa meningkat, berikan rabuk kandang di intern pot seberat 10 kg, baja Trichokompos 10 kg, kapur 500 gram, dan Trichoderma 100 gram. Penanaman bibit dilakukan dua ahad pasca- pemberian rabuk bawah. Agar penghutanan lombok optimal, harus dilakukan pemupukan secara koheren dengan menggunakan pupuk kandang seberat 5 kg setiap tahunnya. Dosis pupuk Trichokompos 2 kg plong tahun pertama, dan dosis dinaikkan sreg tahun kedua dan lebih lanjut sebesar 3 kg. Pemberian pupuk ini dilakukan sebanyak 4 mana tahu setahun.

Menguburkan lada atau lada perdu di pekarangan menggunakan polybag. Jika Anda mempunyai pekarangan yang habis sempit, cabai alias merica perdu nan ditanam di dalam pot boleh Kamu diletakkan lega teras rumah.

Preservasi dan Proteksi Lada Perdu

Setelah bibit embalau perdu ditanam privat pot dan sudah diberikan baja, anju seterusnya yang harus dilakukan adalah melakukan proteksi terhadap tanaman merica nan sudah dibudidayakan dengan pendirian:

Melindungi Tanaman Semenjak Pupuk

Cabang merica perdu yang rimbun membuatnya menjadi rentan dengan terjangan penyakit terutama serat P. Capsici karena tingkat kelembaban udara di sekitar tumbuhan yang cukup hierarki. Untuk menanggulangi hal tersebut dibuatkan penyangga dari kayu yang menyerupai bentuk palas-palas.

Pengendalian Hama dan Ki aib

Bakal mengendalikan serangan hama dan penyakit, bisa dengan menunggangi agensi hayati dan biopestisida. Komplikasi yang comar menyerang lombok perdu dan pengendaliannya biasanya dilakukan dengan pengusahaan agensi hayati laksana berikut :

  • Jamur Trichoderma digunakan bagi pengendalian problem tembelang bawah jenazah
  • Bakteri Pasteuria penetrans untuk mengendalikan penyakit asfar
  • Rabuk Beuveria bassiana bikin mengendalikan wereng cenangau.

Sementara itu biopestisida yang biasa digunakan bagi mengamankan wereng cabai perdu antara lain esensi nilai bengkoang, serdak cengkeh, dan esensi akar tuba.

Panen Lada Perdu

Privat sekali penuaian tiap potnya bisa menghasilkan sebanyak 200 – 300 gram merica. Sreg tanaman nan berusia di atas tiga tahun, merica yang bisa dihasilkan setiap potnya bisa mencapai 500 gram.

Pengetaman Lada Perdu sudah bisa dilakukan selepas 12 bulan reboisasi dilakukan. Namun akan lebih baik bila saat umur tersebut bunga dan biji kemaluan yang terbentuk dibuang terlebih terlampau agar pertumbuhan tanaman kedepannya menjadi lebih baik dan hasil merica nan dipanen semakin banyak pula. Bila hasil pengetaman meningkat, maka nilai ekonomis dari merica yang ditanam juga akan makin naik.

Di Susun Oleh : Suburdin,SP

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/82644/Cara-Menanam-Merica-Atau-Lada-di-Dalam-Pot/