Cara Menanam Cabe Musim Kemarau

JAKARTA, KOMPAS.com –
Cabai ahmar merupakan tanaman perdu nan memiliki buah berasa pedas. Cabai termasuk komoditas hortikultura yang bermakna di Indonesia.

Seumpama komoditas perkebunan, sahang sirah n kepunyaan prospek dagang menjanjikan. Oleh, prinsip menanam cabai berma yang etis perlu diketahui hendaknya hasil panennya melimpah.

Berdasarkan warta privat rahasia
Budidaya dan Pascapanen Cabai Merah (Capsicum annuum L.), berikut pedoman menanam lada merah yang benar.

Baca kembali: Simak, Kelebihan dan Kekeringan Menanam Embalau Merah plong Musim kemarau

1. Memintal diversifikasi cabai merah

Ilustrasi tanaman cabai merah keriting.
SHUTTERSTOCK/JAMALUDINYUSUPPP
Ilustrasi tumbuhan embalau berma berkerut.

Spesies lombok merah sangat berbagai ragam, terserah yang hibdrida dan non hibrida. Ada beberapa varietas cabai bangkang nan berpotensi dibudidayakan, antara tak cili berma keriting varietas TM 999, cabai merah teropong “Inko hot”, merica abang biola, cabai merah varietas hor
beauty,
cabai merah varietas hot chili, dan sebagainya.

2. Anju petak

Penggodokan petak kerjakan cabai biram dilakukan dengan mencangkul kurnia menyucikan petak dari kotoran, gulma, dan ajang tanaman.

Setelah itu, bakal bedengan dengan labar 100-110 cm, strata 40-60 cm, jarak antara bedengan 80 cm, panjang bedengan disesuaikan dengan lebar parit, dan lebar parit sekitar 50-60 cm.

Berikan jamur kandangan 10-20 ton tiap-tiap hektar dengan prinsip menaburkan secara merata di atas bedengan. Terakhir, pasang mulsa di atas bedengan yang sudah diberi pupuk kandang.

Baca juga: Tertarik Budidaya Cabai Merah? Simak Caranya Berikut Ini

3. Pembibitan

Ilustrasi penyemaian benih tanaman cabai menggunakan gelas plastik.
SHUTTERSTOCK/DIANA TALIUN
Ilustrasi penyemaian jauhar tanaman embalau menunggangi kaca plastik.

Sebelum ditanam di lahan terbuka, benih merica abang harus disemai terlebih lewat sampai bertunas menjadi pati. Cara penyemaian semen cabai biram seperti mana berikut.

Mula-mula, campurkan pupuk kompos, sekam bakar, top soil tanah yang telah diayak dengan perbandingan 1:1:1. Aduk media semai sebatas merata dan tambahkan karbofuran sesuai dengan dosis yang dinasihatkan.

Masukkan ki alat semai ke dalam
polybag
matra 8 x 9 cm dan letakan di bawah naungan atau sungkup. Basahi
polybag
berisi media semaian dengan air mengalir.

Baca lagi: Cara Peremajaan Tanaman Cabai Merah yang Sudah Berida agar Kembali Subur

Berkubang jauhar cabai dengan air selama tiga jam dan buang benih nan mengambang. Masukan benih ke media tanam dengan kedalaman 0,5 cm, kemudian tutup sekali lagi dengan media tanam.

Tutup
polybag
yang mutakadim ditanam benih dengan kertas surat kabar, kemudian siram setakat basah.

Lakukan penyiraman dua kali sehari (pagi dan sore). Selepas tiga hari, harian dibuka dan lakukan penyiraman menggunakan
sprayer.

Konsentrat cabai bisa dipindah tanam setelah bibit berumur 21-24 periode setelah semai ataupun mutakadim memiliki sekurang-kurangnya empai helai daun nirmala.

Baca juga: Mandu Peremajaan Pokok kayu Cabai Merah yang Sudah Tua renta semoga Sekali lagi Subur

4. Penanaman

Berikut pendirian menanam embalau merah nan benar.

  • Atur jarak tanam selebar 50 x 60 cm lakukan ceduk rendah dan 60 x 75 cm untuk lembang tinggi.
  • Buat lubang tanam, kemudian letakkan bibit cabai ahmar di dalam lubang tanam tersebut. Tutup lubang tanam sembari dipadatkan.
  • Lakukan pindah tanam puas burit maupun pagi waktu.
  • Lakukan penyiraman secukupnya.

5. Proteksi tanaman

Ilustrasi cabai merah.
SHUTTERSTOCK/RESTU AKTORIK
Ilustrasi cabai sirah.

Cara menanam cabe berma yang bermartabat tidak cukup lakukan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Penanaman yang bersusila harus diimbangi dengan pemeliharaan optimal. Beberapa jenis pemeliharaan tanaman yang harus dilakukan, antara enggak;

Baca juga: 6 Cara Pengendalian Gulma lega Tanaman Lada nan Perlu Diketahui

  • Pengairan

Air dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Cabai sirah yang kekeringan air akan mengalami gejala seperti boncel, buahnya kecil, dan mudah ringgis.

Pangairan bisa dilakukan dengan catur cara, ialah mewujudkan gendangan di sungai buatan drainase dan legiun tanaman, menyiram di bawah parasan persil memperalat pengudut yang dibenamkan di dalam persil, membanjur dua kali lebih janjang dari air pemukaan, serta pengairan dengan pengairan tetes.

Baca kembali: Mandu Tanggulang Wereng Thrips pada Tanaman Cili Merah

  • Pemuatan ajir

Pemasangan ajir maupun penyangga tanaman bisa dilakukan ketika tanaman cabai berumur tujuh waktu setelah tanam (HST). Ajir dapat terbuat berasal aur.

  • Pewiwilan atau perempelan

Pewiwilan merupakan kegiatan membuang tunas nan bersemi di ketiak patera untuk mengoptimalkan pertumbuhan,

  • Pemupukan susulan

Pemupukan susulan diperlukan lakukan memastikan nutrisi tetap cawis. Cara pemupukannya ialah menyiapkan ember atau tong samudra ukuran 200 liter.

Sesudah itu, campurkan 10 kg kompos, 50 kg NPK 16-16-15, dan 10 liter air, lalu aduk senyawa tersebut, dan gunakan kerjakan terbatas-lebih 2.000 tanaman.

Perabukan dilakukan dengan cara pengocoran setiap minggu. Perabukan susulan dilakukan minimum delapan kali selama masa perawatan tanaman.

Baca juga: Panduan Pemupukan Tanaman Cabai Biram hendaknya Buahnya Melimpah

  • Penyirangan

Penyirangan adalah kegiatan membersihkan gulma yang bertunas di sekitar area pokok kayu lada merai. Penyirangan dapat dilakukan secara manual dengan mencabut gulma menunggangi tangan maupun mencipratkan herbisida.

Salah seorang pedagang cabai merah keriting di Pasar Bendungan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
KOMPAS.COM/DANI JULIUS
Salah seorang musafir cabai merah keriting di Pasar Tebat, Kulon Progo, Daerah Khusus Yogyakarta.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian hama dan penyakit bisa dilakukan secara terpadu, yakni memperalat pengendalian jasad, biologi, dan kimiawi. Pengendalian hama dan penyakit sebaiknya dilakukan sebelum serangannya parah.

Baca pun: Tulis, Ini 5 Gulma sreg Tanaman Cabai nan Mengganggu

6. Panen

Panen cabai merah bisa dilakukan saat tumbuhan berusia 75-85 HST. Pemanenan dilakukan dengan cara memetik biji zakar. Tahun panen sebaiknya dilakukan pada pagi perian seharusnya kualitas buah tegar terjaga.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Yuk bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Kamu harus install petisi Benang besi terlebih dulu di ponsel.

Source: https://agri.kompas.com/read/2022/09/11/103629184/cara-menanam-cabai-merah-yang-benar-agar-berbuah-banyak?page=all