Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

JAKARTA, KOMPAS.com –
Anggrek merupakan salah satu anak uang nan indah dan menawan. Rente anggrek juga jamak digunakan bagaikan dekorasi di intern atau asing rumah.

Bukan abnormal pula yang memakamkan bunga anggrek di kondominium mereka. Anggrek di alam ilegal merupakan pohon yang berdampingan pada pokok kayu lain seperti pepohonan.

Baca sekali lagi: Mandu Menanam Bunga Anggrek di Pohon, Indah dan Mempesona

Karena itu, penggunaan media merecup pohon anggrek harus sesuai alias menyerupai ki alat aslinya. Salah satu media tanam yang sesuai buat pohon anggrek adalah sabut nyiur.

Media tanam ini dipilih karena punya sinus cukup lebar, dapat menyimpan air, dan ringan. Lain heran, cara mengebumikan anggrek dengan sabut kelapa paling sering dilakukan.

Nah, dilansir bersumberKementerian Persawahan Indonesia, berikut prinsip menguburkan anggrek dengan sabut kelapa.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Repotting Tanaman Anggrek

Menyiapkan sari anggrek

Ilustrasi bunga anggrek epidendrum.
PIXABAY/DENIS DENAUM
Ilustrasi anakan anggrek epidendrum.

Bibit anggrek dapat diperoleh bermula dua prinsip, adalah vegetatif dan generatif. Perbanyakan bibit anggrek secara vegetatif menggunakan bagian batang tanaman induk.

Batang tanaman indung dipotong dan diletakan pada media sabut nyiur internal wadah pot. Tunggu setakat akar lebih banyak dan siap ditanam.

Temporer itu, multiplikasi secara generatif menunggangi sperma yang dihasilkan berusul anakan anggrek. Sperma disemai pada media lahan yang sudah lalu dicampur humus.

Tunggu setakat jauhar bertunas dan siap ditanam. Pergandaan ini elusif dipilih karena waktunya yang lebih lama dibanding perbanyakan vegetatif.

Baca pula: Cara Menyelamatkan Anggrek di Pot Lahan Liat dengan Mudah

Menyiapkan media tanam

Seperti mana penjelasan sebelumnya, anggrek pada kondisi alaminya ialah tanaman yang menempel sreg tanaman enggak.

Karena itu, wahana tanam nan sejadi bikin pohon anggrek adalah media nan menyerupai inang alaminya dialam. Salah suatu media yang sangat sepakat untuk anggrek yaitu sabut kelapa.

Penghijauan bibit anggrek

Ilustrasi bunga anggrek brassavola.
PIXABAY/CONG HUU LE
Ilustrasi bunga anggrek brassavola.

Ada dua mandu mengetanahkan anggrek dengan sabut kelambir. Pertama, menempel pada pohon. Sabut kelapa yang telah disiapkan ditempelkan pada bagian akar susu bibit anggrek.

Kedua, tumbuhan diikat lega pokok kayu inang. Cara kedua ini bertambah mudah karena cukup menaburkan sabut kelapa yang sudah dipotong ke n domestik pot, lalu letakan bibit anggrek di atasnya dan lakukan perawatan secara rutin.

Baca pula: Lokasi Terbaik Meletakkan Anggrek di Flat Menurut Feng Shui

Proteksi

Perawatan pohon anggrek meliputi fertilisasi, penyiraman, dan pengendalian organisme pengganggu tanaman. Berikut penjelasannya masing-masing.

  • Pemupukan

Tanaman anggrek harus dipupuk dengan rutin agar pertumbuhan dan perkembangannya cepat. Serat yang digunakan yakni pupuk phonska maupun pupuk mutiara. Kandungan NPK kedua pupuk ini sudah lengkap.

Dosis pupuk NPK dua sampai tiga gram/tanaman, pemberian pupuk dengan kaidah dilarutkan ke dalam air, kemudian dikocor pada sekitar akar tanaman anggrek.

Baca kembali: Cara Menanam Anggrek di Pot dan Mayat Tumbuhan

  • Penyiraman

Penyiraman tumbuhan anggrek harus dilakukan seadanya. Pendirusan berlebih dapat membuat tumbuhan anggrek mengalami busuk akar tunjang.

Namun, jika kekurangan air, pohon akan layu. Karena itu, penyiraman harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman serta kondisi media tanam.

Baca juga: Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Bulan yang Benar

  • Pengendalian organisme pengganggu tanaman

Hama dan problem plong bunga anggrek tidak terlalu banyak, tetapi pencegahan harus taat dilakukan.

Pencegahan dapat dilakukan dengan membersihkan mileu sekeliling pohon. Apabila pohon terserang hama dan penyakit, gunakan jenis racun hama dan dosis sesuai anjuran.

Itulah cara memakamkan anggrek dengan sabut nyiur. Perawatan nan tepat dapat membuat anggrek tumbuh baik.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Kawat “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://lengkung langit.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram bahkan dulu di ponsel.

Source: https://agri.kompas.com/read/2022/09/13/213700384/simak-ini-cara-menanam-anggrek-dengan-sabut-kelapa?page=all