Cara Menampilkan Vray Di Sketchup



Tuntunan Vray SketchUp Bahasa Indonesia –  Mengenal Default Setting


 adalah menu yang keluar pada momen kita menampilkan saringan option lega vray. Menu ini ampuh pengaturan-pengaturan standart alias custom sreg v ray sketch up 2.0. Suka-suka beberapa setting standart dengan beraneka rupa kualitas pada vray sketchup 2.0.



Buat Seleksi Presets ada 3 seleksian yang disediakan, yaitu :

1. Camera

2. Bagian dalam

3. Exterior

Dari menu pilihan camera saja kita sudah bisa mendapatkan lebih mulai sejak 10 setting standart, dan di pilihan exterior dan interior kita dapat menentukan kualitas dari masing masing setting. mulai berasal test sampai dengan very high quality.

Dari kejadian ini saja kita sudah terlampau diberi kemudahan oleh vray 2 ini. Tetapi peristiwa tersebut masih boleh dikatakan setting standart, karena kita masih bisa meningkatkan kualitas render dengan mempelajari menu-menu yang ada  dalam vray option render.

Kita bisa saja mencari jalan instan untuk mencari setting terbaik vray. Dengan cara download file 3d yang suka-suka di sketchup texture dan mengaplikasikan setting vray mereka kerjakan file kita. Akan tetapi kita akan menjumpai banyak ki kesulitan n domestik masing setting-setting tersebut. Hal ini dikarenakan sebagian besar pengaturan vray option hanya berlaku pada file tersebut. Kenapa bisa sejenis itu?

1. Faktor luas layout ataupun lokasi kita berbeda dengan setting-setting yang terserah di file hasil download tersebut. Misalnya posisi tingkapan, hal ini akan berpengaruh pada hasil pencahayaan.

2. Jika luas berbeda, maka kebutuhan kurat lagi berbeda cak bagi setiap setting. Ini berpengaruh pada kecerahan tambahan pula kerumahtanggaan hal tertentu Ambinet Oclusion pada menu Irradiance map pun akan berpengaruh.

3. Kualitas alat komputer kita belum tentu mumpuni kerjakan menggukanan seting dari file hasil download. Sekiranya kita memaksakan setting tersebut, kita akan menghabiskan banyak tahun lakukan menunggu proses render. Sampai-sampai disini saya pernah mencoba, Bakal salah satu setting mereka membutuhkan perian hampir 12 jam jika dijalankan di PC saya.

Bukan main baiknya jika kita menunggangi file hasil download namun sebagai acuan atau refrensi misal berlatih untuk menemukan setting terbaik dan setting nan paling semupakat bakal kita dan PC yang kita gunakan. Memang hal ini akan memakan perian yang lama. Tapi bangun…segala sesuatu tidak ada yang instan di dunia ini.

Mari kita sama-sama belajar bagi menemukan yang terbaik bagi masing-masing. Dan semoga kata sandangTutorial Vray SketchUp Bahasa Indonesia –  Mengenal Default Settingboleh kontributif.

Global Switch

Pada episode ini kali yang paling sering digunakan adalah pada ruangan lighting, dimana disana cak semau :

1. Lights

Adalah sumber panah, disarankan loyal bagi dicentang

2. Hidden Lights

Jika kita ingin menyembunyikan kirana yang kita buat, kita bisa centang Hidden Lights. Lazimnya ini saya gunakan jika saya menggunakan rectangle lights sebagai sumber cahaya. Supaya rectangle lights enggak tertumbuk pandangan kapan render maka Hidden Lights harus dicentang dan sreg rectangle lights centang babak invisible.

3. Default Lights

Adalah pencahayaan oleh-oleh dari vray. Takdirnya kita centang maka kita kembali harus centang GI Lights lega menu environtment, seandainya tak makan layar akan menjadi haram / hitam.

Tutorial setting awal vray sketch up bahasa indonesia
Global Switch

System

1. Dinamic Memory Limit

Ini adalah eksploitasi RAM yang digunakan bilamana render. Sekiranya dikosongi maka vray akan menyesuaikan dengan sendirinya. Mungkin lebih baik jika kita isikan 1/3 berpangkal besaran RAM nan kita punya.

2. Render Region divisions

X, Y, Means dan Regions sequence

Ini adalah pengturan kotak-boks yang unjuk pada saat rendering dijalankan,misalnya semakin kecil nilai x dan y nya maka akan semakin kecil kotak-peti nan muncul. Kalau menurut saya pribadi situasi ini bukan mempengaruhi proses render.

Tutorial Vray SketchUp Bahasa Indonesia -  Mengenal Default Setting
System

Camera

Teori standart tentang pengaturan camera

Shutter speed>>>Semakin rendah semakin terang

F-number>>>Semakin tekor semakin cahaya

Komidi gambar speed(ISO)>>>Semakin tinggi semakin terang

Tutorial setting awal vray sketch up bahasa indonesia
Camera

Environtment

Environtment Sketch Up adalah alternatif untuk mendapatkan sendang cuaca adalah menaikkan angka environtment, cuma disini tidak ada angka karuan tergantung seberapa cerah cahaya yang ingin engkau dapat.

Pada menu environment ini kembali menu bagi setting HDRI puas vray sketchup.

Environtment

Image Sampler

Image Sampler adalah (menurut chaosgroup) sebuah alogaritma cak bagi menyaring dan menyeleksi fungsi tiap-tiap gambar/pixel dan menyerahkan hasil intiha bakal menghasilkan gambar nan diinginkan.Cak semau 3 type dalam image sampler

1. Fixed>>>mengambil total sample yang sama dalam setiap pixel nan dihasilkan.

2. Adaptive DMC>>>mengambil sample tergantung pada keseriusan tulangtulangan yang dibutuhkan tiap-tiap pixelnya, dapat dikatan type ini lebih fleksibel.

3. Adaptive Subdivision>>>sampler ini menjumut dan membagikan sample langsung seperti ke struktur grid. Dan langsung ayak sesuai dengan perbedaan intensitas pixel.

Bagi pengaturan image sampler akan dibahas plong bab post yang lebih jauh.

Tutorial setting awal vray sketch up bahasa indonesia
Image Sampler

DMC Sampler

Adaptive Amount>>>Mengontrol jumlah paling kecil sample yang akan diambil. 1,0 berarti penyesuaian munjung; poin 0,0 berarti tidak cak semau adaptasi. Sreg penggalan ini jika kredit semakin segara maka hasil akan semakin baik, sahaja akan berimbas puas waktu render.

Noise Treshold>>>Kali mutakadim banyak nan tahu. Semakin tinggi maka semakin lembut gambar, dan semakin lama waktu rendernya. Begitu juga sebaliknya.

 Baca juga :
Cara mengurangi noise pada vray sketchup

Min Samples>>>Menentukan besaran paling kecil sample yang akan digunakan.Semakin tinggi maka semakin halus susuk, dan semakin lama perian rendernya. Sebagaimana sebaliknya.

Global Subdivs Multiplier>>>Ini merupakan subdivs secara keseluruhan, bisa juga digunakan lakukan menaikkan ataupun menurunkan setting secara keseluruhan. Karena sebagian besar subdivs dipengaruhi kejadian ini
(contohnya : dof, moblur, peta radiasi, brute-force GI, lampu daerah, bayangan daerah, mengkilap refleksi / refraksi)



Diartikel diatas akan dibahas akan halnya kaidah setting DMC Sampler. Menginjak berbunga adaptive amount, noise threshold, min samples, dan mondial subdivs.

DMC Sampler

Color Mapping

Color Mapping vray sketchup adalah pemetaan rona. Karena terkadang rancangan/pixel terlalu tinggi bikin ditampilkan pada layar. Dan pemetaan ini berfungsi untuk memetakan ulang gambar/pixel yang cocok cak bagi jib.

Penjelasan mengenai Color Mapping akan dibahas pada post Color Mapping V-ray SketchUp.

Tutorial setting awal vray sketch up bahasa indonesia
Color Mapping

Vfb Channel

Ialah channel tambahan sesuai kebutuhan bakal melakukan recomposition rencana. Kita bisa memilih secara custom channel yang akan kita keluarkan. Mulai berpangkal RGB, Alpha, Background, Reflection, Refraction dll. Channel ini bermanfaat sreg detik kita melakukan post production di PS atau nan lainnya.

Vfb Channel

Output

Ialah buram hasil rendering. Mulai dari ukuran sampai dengan keberagaman file. Terlebih seandainya kita ingin mendapatkan output video kita juga bisa mengerjakan pengaturan dari sini dengan tambahan-suplemen lainnya.

Output

Indirect Illumination

Plong menu ini yang paling sering digunakan adalah Ambient Occlussion atau biasa disebut AO. Yang berfungsi menampilkan gradasi nur pada bagian sudut-ki perspektif kolom alias hipotetis 3d kita.

Amount adalah nilainya

Subdivs adalah tingkat kehalusannya

Radius adalah jarak gradasi cahayanya

Banyak sekali setting AO yang beredar, akan sahaja sekali lagi gunakanlah yang paling sesuai dengan anda.

Indirect Illumination

Irradiance Map

Irradiance Map yakni putaran nan memungkinkan kita untuk mengontrol dan menyempurnakan berbagai aspek kar radiasi. Penggalan ini diaktifkan hanya ketika mereka atlas radiasi dipilih andai metode GI untuk pantulan difus primer.

Irradiance Map

Light Cache

Light Cache yakni yakni teknik untuk mendekati penyorotan mondial privat sebuah scene. Metode ini dikembangkan maka dari itu Chaos Grup khusus lakukan penyaji V-Ray. Kejadian ini sangat mirip dengan pemetaan foton, tetapi tanpa banyak keterbatasan.

Liagh cache dibangun dengan menyusur jejak dari jalur mata camera. Dari setiap pantulan akan menjadi struktur pencahayaan 3d.

Semakin besar Light Cache akan semakin halus pencahayaan yang dipantulkan, akan hanya kembali akan bertelur pada waktu rendering. Hal ini berkebalikan dengan Sample size.

Karena penjelasan tentang Light Cache ini sangat tangga, akan dibahas lega post yang menggosipkan khusus tentang Light Cache.

Tutorial Vray SketchUp Bahasa Indonesia -  Mengenal Default Setting
Light Cache

Caustic

Caustic adalah teknik V-Ray yang dikenal juga dengan teknik pemetaan foton. Ini merupakan teknik yang kedua, teknik pertama terdiri berasal :

  • mencuil foton berpangkal dalam scene
  • melacak foton yang terpantul di dalam scene
  • membordir foton yang sampai ke permukaan objek

Dan Caustic mengamalkan penghitungan akhir sesudah tahap pada teknik purwa selesai.

Tutorial Vray SketchUp Bahasa Indonesia -  Mengenal Default Setting
Caustic

Saya pribadi kurang menggunakan kejadian ini, ini dikarenakan saya sendiri masih belum begitu memahami cara kerja caustic secara keseluruhan alias secara detail.

Default Displacement

Default Displacement adalah menu nan berfungsi agar kita dapat mengontrol materila displacement secara keseluruhan. Jikalau anda cak hendak mengatur displacement per material (bukan secara mondial) maka anda jangan menampung opsi material Mendunia pada material displacement.

Tutorial Vray SketchUp Bahasa Indonesia -  Mengenal Default Setting
Default Displacement

RT Engine

Mengaktifkan Real Time Rendering. Saran saya seandainya PC kamu tidak terlalu kuat jangan hubungan menggunakan menu ini. Karena akan sangat mengecewakan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Itulah penjelasan sederhana pecah



Tutorial Vray SketchUp Bahasa Indonesia –  Mengenal Default Setting


. Semua ini saya tulis berdasar pengalaman pribadi memperalat SkecthUp dan Vray. Dengan mempelajari langsung dari
Chaosgroup. Siapa takdirnya ada yang tidak sependapat ataupun berbeda pemahaman bisa dibantu share di fragmen ruangan komentar

Salam sukses!!!

Source: https://drafterstory.blogspot.com/2018/01/tutorial-vray-sketchup-bahasa-indonesia.html