Cara Menambal Cat Mobil Yang Tergores

JawaPos.com –
Cat atau rona lega otomobil layaknya pakaian nan kita kenakan. Jika bagus, bersih, kinclong dan besar perut mengkilap sebagai halnya baru, kenyamanan dan rasa berkeyakinan diri sekali lagi ikutan tinggi. Sebaliknya, sekiranya kotor, kusam atau rusak jelas tidak lemak dipandang mata dan bagi kita risih sendiri menggunakannya.

Implementasi cat berusul pemanufaktur mobil sendiri sudah melangkaui panjang yang panjang. Nggak sekadar kerjakan keperluan estetika, pengecatan pada bodi mobil sendiri bertujuan untuk mencagar panel awak dari korosi dan kerusakan sehingga boleh digunakan dalam jangka hari lama.

Nah, namanya mobil dipakai, sering kali kondisi dijalan tak dapat kita kendalikan. Cat plong mobil kesayangan kita nggak belalah bisa tampil baik, bisa lepuh atau tergores karena kondisi jalan atau karena kelalaian kita seorang.

Kalau sudah lalu begini, solusinya merupakan pergi ke bengkel reformasi bodi mobil. Banyak opsi, ada nan mungkin masih ikut asuransi, cak semau nan pribadi. Untuk opsi kedua, jikalau ingin memperbaiki cat mobil dengan cara menyingkir koteng ke bengkel cat, pastikan bengkelnya berpengalaman dan punya reputasi baik.

Untuk bahan catnya, pastikan kembali ke resep dan merek sediakala. Tujuannya sepatutnya cat tidak belang dan tetap terlihat orisinil. Yang satu ini ada triknya dan tidak banyak orang atau para pemilik mobil yang tahu.

Disampaikan Supradi, Instruktur Pengecatan Daihatsu Techical Training Center Jakarta PT Astra Daihatsu Motor (ADM), plong sejumlah tipe mobil jebolan pabrikan, tertulis rakitan Daihatsu, informasi dandan mobil bisa bisa dengan mudah ditemukan di plat informasi kendaraan ataupun Vehicle Identity Number Plate.

“Biasanya ada di daerah kap mesin. Di haud ketel ada plat VIN biasanya, selain nomor rangka, nomor mesin dan informasi tercalit perakitan, ada pun kode dandan otomobil,” ujar Supriadi kepada JawaPos.com belum lama ini di markas mereka di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Memberi cermin, Supriadi menerangkan, misalnya di Daihatsu Ayla, lega warna merah ditunjukan dengan kode R40. Mualamat terkait kode warna ini boleh ditemukan di area tadi. Dicari saja. Pasti ketemu.

“Takdirnya sudah luang misalnya, oh kode warnanya ini, sampaikan ke tukang catnya, jadi nggak bawah aduk. Masukkan kode tadi yang berisi formula dandan dan cak bagi cat sesuai warna asli sangat bandingkan. Jika sudah final, sama dengan cat lama, adv amat dilakukan proses pemotifan,” panah Supriadi.

Pada mobil lainnya sebagaimana Xenia, Terios dan mobil-mobil Daihatsu lainnya pun sama. Semacam itu juga dengan beberapa mobil pabrikan lainnya (yang masih orisinil), biasanya takrif tersapu warna bisa didapat di area tadi.

“Lain cerita jika otomobil sudah gayutan di repaint kuantitas oleh bengkel. Ganti warna keseluruhan dan plat tadi hilang. Ya kita makara tak sempat warna aslinya apa,” tandas Supriadi.

Source: https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/otomotif/11/11/2022/rahasia-yang-tidak-banyak-orang-tahu-soal-kode-warna-cat-mobil/