Cara Menambah Oli Kompresor Ac Tanpa Bongkar

Cara Mudah dan Cepat Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Artinya penampakan kompresor ditentukan makanya onderdil-komponen lainnya. Salah satunya merupakan oli. Ketahui fungsi dan kaidah mengganti oli kompresor AC mobil.

Kompresor ac bukanlah komponen nan asing kembali di telinga kita. Kita belalah mendengar namanya karena kompresor adalah putaran penting pada ac otomobil. Kompresor berfungsi untuk memompa dan menghisap refrigerant, bisa lagi untuk memberi sirkulasi ke bagian freon, kemudian diteruskan ke penggalan ac otomobil.

Kompresor dapat dikatakan misal komponen yang multifungsi, artinya dapat digunakan dalam tekanan tinggi maupun tekanan rendah. Saat mesin berada n domestik tekanan tinggi, kompresor berkarya kerjakan menindihkan freon. Sedangkan pada tekanan rendah, kompresor akan menghisap freon tersebut. Sehingga tidak ada lagi namanya tingkap panas sejauh berada di dalam kabin. Kaprikornus gimana cara menggilir
oli kompresor AC mobil, berikut ulasannya.

Fungsi oli kompresor puas AC Mobil

Kenyataannya, kompresor bukanlah komponen yang bekerja sendiri. Artinya kinerja kompresor ditentukan makanya onderdil-komponen lainnya. Salah satunya adalah oli. Oli pada kompresor ac berfungsi andai pelumas bagi kompresor ac sehingga adegan kompresor jauh dari namanya kerusakan.

Selain itu, oli kompresor lagi berfungsi untuk meredam obstulen keras ketika mobil dioperasikan. Apabila Ia menemui bunyi-obstulen aneh saat mobil dioperasikan, itu tandanya ada yang tidak rapi sreg bagian kompresornya.

oli kompresor ac mobil

Oli berguna buat pelumas kompresor AC

Terserah dua situasi nan menyebabkan bunyi aneh keluar dari kompresor, yaitu kompresor ac yang kehabisan oli dan kompresor yang mengalami kebocoran. Saat oli kompresor habis, terjadi jamahan kuat antara komponen kecil di dalam kompresor.

Kinerja kompresor juga semakin buruk karena tidak terserah “makanan” cak bagi pembaharuan. Kompresor mencirit kembali demikian. Bayangkan sekadar saat Anda menuang oli pada kompresor bocor, otomatis tidak ada oli yang lewat di adegan kompresor tersebut.

Cara mengganti oli kompresor mobil

Utama diketahui bahwa mengganti dan mengisi oli kompresor lega AC mobil yaitu dua keadaan farik. Kalau mengganti, maka Kamu perlu menggilir oli kompresor lama dengan oli yang baru. Sedangkan, menambah berarti pengisian kembali dalam takaran tertentu.

Proses mengganti akan jauh lebih rumit daripada memuati, sebab proses ini membutuhkan beberapa gawai bantu nan biasanya hanya tersedia di bengkel mobil. Di samping itu, menguras oli pun rata-rata saja dilakukan maka itu montir, petugas bengkel, atau orang yang memang sudah profesional. Tidak disarankan untuk sosok masyarakat karena khawatir riuk dan lebih-lebih destruktif komponen mobil. Oleh sebab itu, hal ini lagi tetapi bisa dilakukan di bengkel. Proses mengganti oli di bengkel biasanya laksana berikut:

  • Mengosongkan freon AC dengan cara mengangkatnya, lalu dipindahkan ke wadah nan tenang dan tenteram.
  • Kuak bagian kompresor AC dulu mengosongkannya. Caranya dengan membalikkan ataupun memutar bagian oli kompresor faedah meruahkan isinya.
  • Mengganti oli baru dengan cara mengisinya melalui lubang saluran tekanan terendah yang terwalak pada kompresor.

Pendirian Mengisi Oli Kompresor AC mobil

Cara mengisi oli kompresor

Ada banyak cara untuk mengisi oli kompresor AC

​​​​​​Sekiranya oli kompresor kualitasnya masih baik, hanya jumlahnya saja yang memendek, maka Ana dapat mengamalkan pengisian ulang. Cara memuati oli kompresor mobil bisa dengan tiga kaidah, yaitu melangkahi lubang inlet, manifold gauge, dan menggunakan alat recovery.

1. Melintasi lubang inlet

Mandu mengisi oli kompresor mobil melalui korok inlet adalah dengan memasukkan cairan pelumas melalui kanal tekanan rendah. Takaran pengisian oli baru biasanya tersidai sreg format kompresor. Apabila ukuran kompresor kecil, maka cukup diisi dengan oli 150 cc. Sekadar, jika ukurannya lebih raksasa, maka takarannya dapat ditambah.

2. Melalui manifold gauge

Cara memuati oli kompresor mobil melalui manifold gauge diawali dengan memastikan proses vacuum telah radu. Jika mutakadim, tutup kran manifold gauge dan beber bagian selangnya kerjakan memasukkan oli kompresor. Isi secukupnya sesuai dengan matra dari kompresor AC mobil. Setelah prosesnya selesai, tutup kembali petuah dengan rapat bikin mencegah masuknya debu dan kotoran berasal luar.

3. Menggunakan alat recovery

Siapkan alat recovery alias perlengkapan AC R3. Letakkan oli pada bagian torak kompresor. Alat ini secara faali akan menghisap oli tersebut bakal ikut ke adegan kompresor AC mobil. Karena sudah faali, maka sambil menunggu oli terhisap masuk, Dia boleh mengerjakan peristiwa enggak. Namun, untuk menghindari oli mubazir tersingkir karena meluap, siapkan takaran yang pas bagi kompresor AC Anda.


>>> Cari Tahu Tanda Awal Kompresor AC Oto Bermasalah dan Biaya Penggantiannya!

Jenis oli AC mobil

Kompresor AC oto tekun membutuhkan fungsi dari oli maupun pelumas cak bagi mencegah keausan nan semakin cepat pada komponen-komponennya. Tetapi, Anda harus tahu bahwa oli nan digunakan sreg kompresor AC bukan lah seperti oli mesin, oli persneling, oli gardan, atau bahkan oli power steering.

Oli kompresor AC mobil

Ada banyak jenis oli kompresor AC

Pada AC mobil, oli kompresor adalah oli distingtif dan bergantung sreg tipe kompresor yang digunakan pada oto Anda. Berikut adalah jenis oli kompresor mobil yang paling sering digunakan di pasaran.

  • ND-oil 8: Oli jenis Denso ND-oil 8 digunakan dalam kompresor varietas piston and rotary (scroll & SV) dengan refrigerant variasi R134a.
  • ND-oil 9: Jenis oli AC mobil Denso ND-oil 9 digunakan pada kompresor jenis vane dengan jenis refrigerant R134a.
  • ND-oil 11: Jenis oli AC mobil Denso ND-oil 11 digunakan pada kompresor jenis electric driven scroll dengan diversifikasi refrigerant R134a atau R1234yf.
  • ND-oil 12: Jenis oli AC mobil Denso ND-oil 12 digunakan plong kompresor jenis piston and rotary dengan spesies refrigerant R1234yf alias R134a.

Biaya ganti oli kompresor AC mobil

Bengkel resmi

Ganti oli kompresor AC di bengkel

Kurangnya kadar oli kompresor oto bisa berbuah pada sarana Anda. Ada baiknya segera cak bagi penggantian ke bengkel otomobil terpercaya. Salah satu tandanya yakni jika oli mutakadim jelek ataupun sudah tidak cak semau sesekali olinya yang berdampak plong kompresor AC. Ciri-ciri lainnya adalah suara minor berisik di kompresor dan suhu kompresor makin seronok.

Sebaiknya ganti oli kompresor setiap 20.000 kilometer. Biaya saling oli kompresor mobil berbeda-beda. Misalnya sekadar jika ganti oli kompresor biayanya sekitar Rp 100 ribu pakai oli biasa, tetapi takdirnya ingin menunggangi oli yang kian bagus sebagaimana Denso, Anda perlu menyiagakan dana start berpangkal Rp 200 ribu. Biaya tersebut akan berbeda-tikai terjemur merk mobil Beliau.

Itu dia manifesto tentang oli kompresor AC mobil berbunga
Cintamobil.com. Hendaknya bermanfaat!

>>>

Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Source: https://cintamobil.com/perawatan-dan-service/oli-kompresor-ac-mobil-aid16848