Cara Menaikan Performa Yamaha Byson

red white

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera bakal kita semua, semoga kita semua selamat di pelawatan hingga ke tujuan

Sekiranya mengaram paras byson (old) yang gahar, dengan putaran-bagian penunjang kinerja yang terbantah samudra-besar (gagah), seperti besikal-ban, menggadang depan, tangki dan lain-tidak, maka akan sangat disayangkan jika powernya cuma 14 ps. Apalagi beratnya melebihi NVL yaitu 131 kg menjadikannya terlihat lemot bakal motor 150cc. Maka wajar jika banyak unggulan obat byson yang kemudian beralih ke NVL, tampang sama gahar tapi tenaga beda 2,59 ps, lebih mahal sedikit nggak masalah. Pada karenanya kelemahan byson ini mengakibatkan marketnya terus menciut, sampai-sampai (selain digerogoti NVL) sekali lagi mendapat serangan berbunga verza dan nmp, perhatikan perolehan pasarnya

data-aisi-yamaha-semester-1-2014

[sumur : fncounter]

Kamudian suka-suka rumor bahwa fz16 nan dirilis di india kemungkinan akan menjadi suksesor old byson, yang mana justru tenaganya lebih-lebih turun menjadi 13.1 ps (old byson 14 ps), bisa tambah loyo penjualannya. Bagai rider byson ataupun calon pengasosiasi yang sudah terlajur kesengsem dengan paras byson, maka performa nggak jadi masalah. Bikin harian performa standar sudah cukup, karena byson memang mengutamakan kinerja bukan pengejawantahan. Tapi kalau merasa kurang, maka performa dapat ditingkatkan dengan beberpa cara :

  1. Meningkatkan volume tabung, biasanya dengan bore-up, karena stroke byson sudah patut tataran maka bore-up lah yang paling cocok. Yang minimum gampang adalah dengan PnP bore-up kit, Kawahara racing telah menyiapkan bore-up kit 200 cc dengan piston 66 mm (sumber). Jika mau bore-up dengan piston biang keladi tidak pula bisa, misalnya dengan piston tiger os 150 (66 mm). Bore-up sampai 200 cc (tentunya dengan ubahan2 di sektor lainnya) boleh meningkatkan power sampai 5 hp, mantab centung, CB150r, NVL, R15 std tewas semua.
  2. Dengan mengoptimalkan variabel penentu prestasi tanpa harus memungkirkan volume torak (cc), nah ini yang paling asik, yang akan kita bahas bersama. Seandainya melihat performanya maka terserah bilang fleksibel yang bisa dioptimasi lakukan meningkatkan performa byson, mari kita diskusikan.

old byson performance potency

Minimal suka-suka 3 variabel yang dapat ditingkatkan dari mesin byson supaya bertambah power full, yaitu

  1. Efisiensi volumetrik (VE) dapat ditingkatkan bersumber 87% menjadi 95%, dengan pengupgrade saluran intake, lebar klep, gondola camshaft, penggunaan penapis racing dan rancang ulang header kanalpot.
  2. Bagian mesin saat power puncak digeser lebih janjang berusul 7500 rpm menjadi 10500 rpm. Episode mesin detik piston speed maksimumnya (21 m/s) adalah 10900 rpm, jadi masih lega hati. Upgrade ini bisa dilakukan dengan pengaplikasikan CDI racing.
  3. Skala kompresi (CR) bisa ditingkatkan, minimal mirip dengan satria fu, dari 9.5 menjadi 10.4. Akan tetapi harus diiringi dengan penyisipan oil cooler. Ubahan ini dapat dilakukan dengan mengaplikasikan piston after market kerjakan byson nan bertambah jantuk.

Dengan ubahan-ubahan tersebut maka tenaga byson akan terdongkrak menjadi sekitar 21 ps, hmmm sedap ya, naik 7 ps bersumber standarnya.

old byson performance upgrade

Mengenai bagaimana meng-upgrade 3 plastis penentu performa di atas, akan kita bicarakan dalam kata sandang berikutnya. Akan tetapi bagi yang terpincut dan nggak kepala dingin menunggu artikel tersebut dapat mengaram sejumlah artikel sebelumnya mengenai upgrade NVL atau CB150r.

Hendaknya berharga, wassalamu’alaikum wR wB.


Source: https://motogokil.com/2014/07/03/meningkatkan-performa-byson-agar-tenaga-sepadan-dengan-tampangnya/