Cara Memupuk Kelengkeng Dengan Garam

Pembibitan ataupun pembuatan bibit kelengkeng bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu pembibitan secara vegetatif sebagai halnya cangkok, grafting dan okulasi, dan juga pembibitan secara generatif yaitu menggunakan biji.

Puas kata sandang kali ini akan kita ulas mengenai kaidah pembibitan kelengkeng secara generatif maupun dari biji.

Bibit leci hasil pembibitan dari biji ini biasanya maka dari itu para pembudidaya digunakan andai batang bawah intern pembibitan tanaman secara vegetatif seperti grafting/hubung pucuk dan okulasi. Alasannya karena jika bibit hasil persemaian biji sederum ditanam tanpa perlakuan grafting alias okulasi memiliki bilang kekurangan diantaranya adalah tahun berbuah yang cukup lama, pokok kayu tumbuh janjang dan kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan dapat menyimpang dari pokok kayu induknya.

Adapun kaidah pembibitan lici dari poin selengkapnya adalah sebagai berikut.

TAHAP Langkah Semen

Langkah pertama siapkan benih substansial biji kelengkeng yang boleh anda dapatkan semenjak buah yang ia beli di pasar, pisahkan biji berasal daging buahnya. Kemudian bersihkan biji dari sempelah-sisa daging buah dengan cara mencucinya.

Rendam biji lengkeng ke privat larutan ZPT alami merupakan riil larutan bawang merah sejauh bilang detik, caranya adalah dengan menyenggol bawang merah dan mencampurkannya dengan air. Arti ZPT alami bawang merah ini adalah untuk merangsang tumbuhnya akar dan perkecambahan biji kelengkeng.

TAHAP Ancang Ki alat PERSEMAIAN

Wahana persemaian ponten lici sama dengan wahana persemaian benih lega umumnya adalah berupa sintesis tanah, cendawan kandang/kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1 kemudian campurkan sampai merata. Masukkan media tersebut ke internal polybag atau jambangan dan guyur hingga benar-benar basah.

TAHAP PENYEMAIAN Biji

Tanam biji ke internal polybag dengan posisi genyot atau penggalan asli nan terpaku dengan daging buah berada di samping, kemudian tutup dengan tanah halus tipis saja, letakkan persemaian sreg tempat teduh.

Agar pertumbuhan biji dapat maksimal, tutup atau sungkup pot/polybag persemaian menunggangi plastik. Sebenarnya meskipun sonder disungkup biji akan tetap dapat merecup, akan tetapi persemaian yang disungkup pertumbuhan bibitnya makin optimal.

Setelah persemaian berumur 2 minggu kebanyakan mani telah merecup dan mengeluarkan bilang helai daun.

Letakkan bibit yang telah tumbuh berasal hasil persemaian tersebut puas tempat yang kejangkitan kilauan rawi pagi agar pertumbuhan batang dan cagak lebih optimal dan  bertambah kuat.

Demikian ulasan adapun Cara Pembibitan Kelengkeng nan dapat anda praktekkan koteng, seharusnya artikel ini boleh menaik wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Andi Dwi Sartika, S.ST (PPL Kab. Bone)

Source: http://www.cybex.pertanian.go.id/artikel/92626/cara-pembibitan-kelengkeng/