Cara Memperbaiki Ic Power Laptop

Prinsip Mengedit IC Power Laptop. Laptop merupakan fitur yang penting, dimana di dalamnya ada bermacam tipe komponen. Sebagian besarnya lebih-lebih yakni komponen berukuran kecil. Pola salah satunya ialah komponen IC. IC adalah singkatan dari integrated circuit, suatu peredaran kecil yang n kepunyaan fungsi tertentu sesuai jenisnya.

Apa itu IC Power Laptop?

IC power ialah komponen laptop yang bekerja selaku geretak bagi menyambung laptop dengan sumber energi baterai. IC power pula n kepunyaan kedudukan intern mengamankan energi, yakni menjatah energi nan didapat dari sumber listrik ke suku cadang- komponen lain.

Karakteristik IC Power Laptop Rusak

IC power laptop boleh rusak. Perihal ini akan takhlik permasalahan tertentu seketika timbul plong laptop yang Anda gunakan. Contohnya seperti :

1.

Lampu senter Tidak Meningkat Saat di Charge

Yang purwa baterai tidak meningkat dikala dicas. Misalnya Beliau mengecas baterai laptop dari pagi, setelah itu sore harinya Kamu cek, energi masih senantiasa sekian persen.

Kadangkala pula baterai masih dapat terisi energi, cuma hanya prosesnya lama sekali. Boleh memakan perian berjam-jam doang buat beberapa komisi energi sahaja.

2.

Penanda nan Kerap Berubah

Kerjakan penanda baterai pada laptop kerap menoleh, baik itu rasi posisi laptop lagi dicas, maupun kala juga memakai baterai.

Penunjuk nan berganti ini timbulnya serampangan. Contohnya mula-mula sisa baterai sekitar 30%, sehabis itu seketika meningkat 40%, tentatif itu posisi laptop lagi tidak di cas.

Atau boleh jadi penanda aki menurun cepat sekali dayanya. Hingga ketika mencapai 0%, laptop tidak lengang. Tidak hanya itu ketimbul juga pesan plugged, in not charging ketika dicoba di cas.

3.

Laptop Mati Total

Ketika IC power laptop khusyuk rusak, perihal yang akan terjadi yakni laptop jadi enggak dapat dinyalakan juga (sepi jumlah). Sebabnya karena IC power yang sudah tak dapat menghantarkan dan memberi- untuk energi kembali.

Penyebab IC Power Laptop Rusak

IC power ialah komponen nan relatif lumayan awet. Doang, senantiasa terdapat beberapa kejadian yang boleh sahaja membuat IC power hadapi kerusakan.

1)

Laptop yang Panas

Awal pemakaian laptop dengan hawa yang bukan sama dengan mestinya. Normalnya temperatur pemakaian maksimum laptop merupakan 60 hingga 70 derajat. Bergantung terbit macam laptopnya.

Di atas itu, laptop akan hadapi overheat dan tahu-tahu nyenyat. Hal ini bila terus bersinambung dalam jangka jenjang akan membuat IC power laptop rusak.

2)

Menggunakan Laptop di Kolom Lembab

Walaupun laptop merupakan fitur yang tertutup komponennya, doang senantiasa saja udara masih dapat masuk dari celah-ganggang ventilasi.

Kaprikornus bila Kamu camar berada di ruangan yang lembab, n domestik jangka panjangnya ini dapat saja mengganggu IC power laptop.

3)

Menggunakan Laptop Tak di Permukaan Rata

Semacam yang mutakadim disebut, laptop mempunyai celah-jeruji ventilasi yang berperan buat mengalirkan peledak  panas, serta memasukkan udara dingin.

Ketika beliau menggunakan laptop di rataan yang tidak rata, maka celah-terali ventilasi tersebut bisa sahaja terkatup. Ini dapat membuat hawa laptop bintang sartan makin panas, serta dalam jangka panjangnya boleh membuat IC power rusak.

4)

Pemakaian Charger nan Tidak Original

Pemakaian charger laptop bagusnya yang langsung bawaan pabrik. Sebabnya charger buah tangan pabrik telah mempunyai perincisan yang disesuaikan dengan kebutuhan energi laptop.

Ambillah, bila Dia menunggangi charger yang tidak original, bisa saja perincisan yang diperlukan laptop terlebih jadi tidak sekata. Perihal ini dapat membuat IC power tembelang.

Kaidah Memperbaiki IC Power Laptop

Berikut ini cak semau beberapa cara yang bisa Anda coba sendiri di kondominium ketika ingin meperbaiki IC power laptop sendiri.

  1. Saat sebelum memulai memperbaiki wajib punya solder serta wajib memiliki kependekaran kerjakan membongkar kuantitas laptop.
  2. Lepas battery laptop
  3. Dobrak total laptop, rata-rata diawali bersumber keyboard. Jangan pangling melepas seluruh radas input terdaftar hard disk, DVD room, wireless, modem dll.
  4. Angkat mainboard laptop terbit kesingnya.
  5. Siapkan AVO m cak bagi pengecheck- an dan cepat panaskan Solder
  6. Check konektor charger puas mainboard, hubungkan probe berma AVO m pada telegram merah(+) serta probe gelap sreg benang tembaga gelap(-). Posisi selector AVO m sreg Ohm m. Bila AVO m menampilkan terdapatnya short circuit maka ini menampilkan terserah onderdil yang kemungkus (short).
  7. Untuk mencari komponen yang rusak mulailah dari IC power. Identitas IC power yang busuk dapat dilihat menunggangi AVO m, bila penusuk AVO m mentok ke kanan (posisi probe di bolak balik puas kedua jihat tungkai IC yang dijumper, 4 kaki pada satu sebelah serta 3 tungkai pada sisi yang lain) maka IC power rusak, alias jarum AVO m diam belaka lagi menampilkan IC tembelang.
  8. Bila terwalak IC power yang rusak maka ubah dengan yang sah, dapat diambil dari laptop yang bukan atau dapat beli nan baru, browse di google lakukan mendapatkannya
  9. Bila seluruh IC power normal maka lanjutkan pengecheckan
  10. Cari skema laptop sesuai dengan type laptop Anda, browse di google bakal mendapatkannya, Anda dapat unduh gratis di sebagian web yang sediakan skema laptop gratis.
  11. Bila Dia dapat memperoleh skemanya maka cari perkembangan B+ ataupun lega sebagian skema munggunakan kode Vin ataupun V+ ataupun kode lain yang seikhwan yang artinya adalah jalan sumber tegangan utama. Buat mendapatkan jalan ini Anda dapat meng-urutkan mulai dari jek charger, selepas melewati ic power itu umumnya langsung timbrung jalan B+. Sehabis B+ ditemui check memakai AVO m bagi membenarkan kalau jalan B+ short circuit.
  12. Pisahkan jalan B+ dengan jalan komponen yang tak satu persatu sembari di check memakai AVO m untuk memetakkan jalan yang short circuit. Triknya yaitu putuskan jumperan nan menghubungkan B+ ke komponen nan lain, kode jumperan ini merupakan J…( J1, J2 dst.). Pada beberapa keberagaman motherboard jumperan ini tidak ada maka Anda wajib lebih cermat dalam melanjutkan pembenaran.
  13. Pasca- jalan B+ dipisahkan dari perkembangan lanjutan hingga check mengaryakan AVO m, maka Sira akan mendapatkan block rangkain nan short circuit. Serta lanjutkan buat mengejar komponen yang rusak plong block yang sudah Anda temukan.
  14. Umumnya privat permasalahan semacam ini terletak sebuah suku cadang capacitor (kapasitor) yang kemungkus, konslet, sehingga menggerutu jalan B+ ke ground.
  15. Cari kapasitor nan short (tembelang), lepas kapasitor yang Ia curigai serta check mengaryakan AVO m, bila telah ditemui cepat ganti dengan kapasitor yang lain, nan normal.

Langkah- awalan diatas dapat diterapkan pada semua tipe laptop, berusul pada pengalaman dengan mengubah kapasitor yang short tersebut masalah bisa di obati. Tetapi terdapat satu keadaan yang perlu dicermati yaitu rusaknya kapasitor ini boleh menyebabkan IC power ikutan rusak, maka Anda teristiadat bakal cermat dalam membenarkan kejadian IC power.

Seperti itulah ulasan selingkung cara memperbaiki IC power laptop. Terdaftar karakteristik serta pemicu kerusakan nan biasa terjadi.

Beberapa mandu diatas bisa Anda coba kerjakan dirumah momen IC power laptop Anda menginjak mengalami kebinasaan. Kalau kebinasaan yang terjadi sudah elusif maka Anda bisa mengapalkan laptop ke service laptop bandung. Tapi jika kerusakan sudah parah, maka sebaiknya taajul menggilir IC power laptop lama di pusat jual laptop second bandung cak agar tidak mengganggu karier.

Source: https://eksekutifcomputer.com/cara-memperbaiki-ic-power-laptop/