Cara Memperbaiki Bios Yang Rusak Pada Laptop

Hardisk merupakan perlengkapan gigih cak bagi menggudangkan semua data secara digital. Data yang tersimpan berupa gambar, video, musik, software dan tidak sebagainya.

Pemakaian hardisk pada laptop/PC n kepunyaan 2 jenis, antara lain HDD Internal dan Eksternal. Keduanya jelas mempunyai perbedaan, terutama pada penggalan fungsinya.

Apa kesudahannya kalau hardisk kalian tiba-berangkat terkena bad sector? Pasti mengeluhkan lantaran terdapat data terdepan yang belum dibackup.

Contoh kasus kami kemarin juga mengalaminya, hardisk privat PC ternyata mutakadim bad sector. Kami mengenali kerusakan itu menggunakan permintaan HDD Sentinel dan membohongi level kesehatannya telah 5%.

Kesehatan 5% itu tergolong habis
low
dan sudah saatnya ganti. Alasannya karena jika tidak ganti hardisk tersebut tidak mau terdeteksi dan terbaca pada sistem Windows kalian.

Maka itu karena itu puas pembahasan kali ini kami menyiapkan bagaimana cara memperbaiki hardisk bad sector secara ampuh tanpa ribet.

Penyebab Bad Sector

Penyebab Hardisk Bad Sector

Pada kasus-kasus tertentu, hardisk yang rusak sectornya akan mengedepankan bunyi suara khas. Biasanya suara tersebut berbunyi beep atau
krek krek krekakibat fisik piringan hardisk bergesek bersisa cepat.

Kami bukan memberikan informasi bahwa piringan HDD nan bergerak cepat penting menandakan hardisk itu busuk parah. Bisa aja karena kemasukkan serdak atau hal lainnya yang membuatnya berbunyi.

Tetapi sreg kasus yang kami alami, hardisk merek WB blue nasib baik kami berbunyi krek setiap bilang detik. Kemudian penyebab lainnya terletak pada saat boot Windows meminta scanning and repairing drive.

Sehingga itu menjadi indikasi pertama bahwa hardisk kami tembelang dan harus diatasi secara cepat. Tujuan mengatasinya adalah untuk mengetanahkan data penting di dalamnya.

Penyebab selain di atas, HDD merek apapun (cak hendak Seagate/WD) jika terbanting, terjatuh dan kotor maka hardisk tersebut bisa aja mengalami kerusakan lega sebagian sectornya.

Jenis-Spesies HDD Bad Sector

Kerusakan sector hardisk dibagi menjadi 2 adegan, yaitu:

1. Hard Bad Sector

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, hardisk yang mengalami hard bad sector itu penyebabnya karena human error (terjatuh & terbanting).

Mandu mengamankan hardisk hard bad sector ini tak semua basyar (kami maupun kalian) boleh meredakan kerusakannya.

Selain itu adapula penyebab lainnya, antara lain:

  1. Kesambet debu
  2. Usia hardisk sudah puluhan tahun

Prospek segara kerusakan spesies ini sudah lalu bukan bisa juga diperbaiki. Pasalnya kerusakannya sudah parah yang meliputi kehancuran fisik.

Namun dengan mengikuti anju-anju adv amat pembahasan ini, kalian akan kami berikan saran terbaik. Asalkan hardisk masih dapat terdeteksi pada sistem ya.

2. Soft Bad Sector

Soft bad sector ini kaitannya dengan aplikasi dan kerusakan ringan. Ini secara pengalaman kami kerusakannya berpotensi mampu diatasi. Terimalah penyebab diversifikasi bad sector ini antara tak:

  1. Terdapat permintaan yang error dan persoalan internal OS (Windows/MacOS)
  2. Beberapa bagian sector hardisk tak berfungsi dengan semestinya

Peluang bisa diperbaiki hampir 80%, sebab suntuk dilakukan low-level format atau memanfaatkan program bawaan Windows Disk Check.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector (Privat & Eksternal)

Sebelum lanjut, kalian perlu mengecek kondisi hardisk mana yang mengalami bad sector. Setelahnya ikuti cara-cara di asal ini:

  • Gunakan Windows Disk Check
  • Manfaatkan HDD Regenerator
  • Bopong ke Jasa Repair Hardisk

1. Memperalat Windows Disk Check

Kalian karuan sudah tau bahwa memperbaiki sector hardisk menggunakan Windows Disk Check sahaja berlaku cak bagi jenis soft doang.

Jadi kalau hardisk kalian terindikasi rusak ringan akibat kesalahan sistem ataupun hal-situasi yang sudah kami jelaskan diawal tadi, maka dapat memperbaikinya dengan prinsip ini.

Lebih jelasnya, berikut kami berikan persiapan-langkahnya:

Persiapan #1: Turut ke
Windows Explorer

Ancang #2: Cari partisi hardisk yang bad sector (Teoretis Disk D)

Langkah #3: Klik kanan sreg Disk D lalu pilih
Properties

Klik Properties Disk Bad Sector

Langkah #4: Masuk pada tab
Tools
dan membeda-bedakan opsi
Check

Scan Drive menggunakan Windows Error Checking Disk

Ancang #5: Klik
Scan Drive
dan tunggu prosesnya hingga selesai

Ancang #6: Faali (jika bad sector) muncul 2 saringan yang harus dipilih. Disini kalian tinggal menampung kedua pilihannya apabila ingin menghelah dan memperbaiki hardisk secara menyeluruh

Langkah #7: Klik tombol
Start
buat memulai prosesnya

Dengan pendirian di atas, kalian lain memerlukan yang namanya permintaan tambahan seperti mana CMD untuk mengecek dan merevisi HDD.

Tentang proses pengecekan dan perbaikannya rekapitulasi hari yang diperlukan terampai berasal seberapa raksasa dan banyak data tersimpan di dalam hardisknya.

2. Manfaatkan HDD Regenerator

Siapkan Flashdisk Kerjakan Bootable (lampau HDD Regenerator)
Download permintaan HDD Regenerator Link download
bit.ly/2QJ9Ef3

Pembahasan kedua kami menggunakan minitool nyata HDD Regenerator. Pemakaikan minitool ini ada beberapa tahapan yang sukar dan harus membentuk bootable melalui USB Flashdisk.

Lengkapnya ada di bawah ini:

  • Install aplikasi
    HDD Regenerator lalu jalankan
  • Masukkan flashdisk kalian ke PC/Laptop
  • Klik menu
    Bootable USB Flash
    dan pilih
    USB Flash Drive
  • Tekan tombol
    OK
    lalu unjuk popup untuk dimensi flashdisk klik
    OK
    jika setuju
Choose USB Flash Drive HDD Regeneration

  • Kemudian muncul perputaran udara
    Confirm
    yang menyatakan menyuruh kalian merestart PC dan klik
    OK
  • Cuma bukan rawak restart ya, kalian terbiasa mengatur boot pada BIOS agar booting Windows memperalat flashdisk
  • Pengaturan booting dengan flashdisk ditiap-tiap BIOS tentunya berbeda-beda ya
Setting Boot dengan Flashdisk di BIOS

  • Selepas berhasil disetting, restart komputer dan tekan tombol segala saja untuk booting menggunakan flashdisk
  • Akan muncul seleksian disk, disini kami memilih Disk 4 karena disk tersebut yang pingin diperbaiki, kaprikornus tekan tombol 4 pada keyboard
  • Pilih ponten 1 untuk Scan and Repairing suntuk tekan kredit
    0
    pada keyboard untuk memulainya dari tadinya dan jangan lupa tekan tombol
    M
  • Tunggu proses scan dan repairingnya, pasca- radu bad sector akan langsung hilang dan berbuntut diperbaiki
Berhasil Mengatasi Bad Sector

Pesiaran Tambahan: Umumnya bad sector ini akan mempengaruhi booting pada Windows sehingga mengakibatkan Automatic Repair couldn falak Repair your PC Windows 10.

Semisal sudah terjadi seperti itu, kamu harus segera mengatasi Preparing Automatic Repair Windows 10 itu.

Baca Juga : Cara Format Hardisk Windows & Mac

3. Bawa ke Jasa Repair Hardisk

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Membawanya ke Jasa Reparasi

Dikarenakan beberapa pecah kalian saat menyunting HDD bad sector melalui pendirian-mandu di atas kok lain dapat. Malahan menemukan penyakit/error, seperti:

  1. Unable to read device parameters
  2. Starting hdd regenerator bad command or filename
  3. Hard drive is titinada ready
  4. Unable to open console windows
  5. Scanning stuck

Masalah tersebut untuk orang awam (seperti kalian) tentu agak asing dan mencemaskan.

Pasalnya kami sudah pernah mengalaminya sehingga saat hardisk bad sector pasti keadaan kalian lemes dan tidak dapat nanang jernih.

Makanya kami tidak menyarankan kalian lakukan memperbaiki bad sector pada hardisk jika mengalami masalah-ki aib lain seperti nan sudah kami uraikan di atas.

Saran dari kami adalah sebaiknya dukung ke jasa reparasi hardisk. Cuman kalian perlu menyiapkan budget ekstra ya, karena kami menghabiskan budget 850 ribu kerjakan hardisk WB Blue ukuran 500 GB.

Kebetulan kembali tempat tinggal kami dekat dengan jasa reparasi tersebut. Keseleo satunya yaitu DC COM (Data Crisis Computer).

Lebih lanjut tentang Data Crisis Computer, kalian bisa mencarinya di Google Maps apabila kalian berada di sekitaran Yogyakarta.

Baca Pula: Kaidah Mengatasi Disk Drive Not Accessible di Windows


Jadi kurang lebih serupa itu kaidah menyunting hardisk bad sector. Jika ada kekeringan dan kalian mau menambahkan keterangan, berikan belaka melintasi komentar ya dan jangan lupa Share ulasan ini di kendaraan sosial kalian.

Source: https://www.thelastsurvivors.org/cara-memperbaiki-hardisk-bad-sector/