Cara Memotong Rantai Motor Dengan Paku Dan Palu





Kalung merupakan komponen yang berfungsi untuk meneruskan babak mesin ke pit belakang, dan rantai ini terbuat dari mangsa ferum.

Karena kalung terbuat dari logam maka rantai juga dapat mengalami pemuaian karena panas.

Panas ini terjadi karena adanya gesekan antara rantai dengan gear (sprocket) sehingga lama kelamaan rantai akan menjadi melar.

Detik terjadi keadaan tersebut maka kondisi kalung akan menjadi renggang sehingg terlazim dilakukan penyetelan.

Ketika kalung roda dalang kendor dan sudah lalu tak dapat sekali lagi dilakukan awalan penyetelan, maka dihadapkan sreg dua pilihan ialah mengganti kalung satu set dengan gearnya maupun melakukan debirokratisasi beberapa gelang rantai.

Beberapa individu nan tak n kepunyaan biaya bagi penggantian rantai nan bau kencur akan lebih memilih langkah cak bagi melakukan debirokratisasi beberapa gelang rantai bakal memperpendek rantai agar bisa dilakukan penyetelan kerenggangan kalung lagi.

Beberapa cara memotong kalung di antaranya yakni :




Dengan pendirian manual

Memotong rantai dengan menggunakan cara nan manual dapat menggunakan gurinda dan paku atau batang besi yang kecil dan ujungnya tirus.

Serta bakal mempermudah saat memukul paku, maka siapkan juga palu atau palu dan lagi mur ukuran 14 alias 17 kerjakan menghalangi kalung pada bagian pangkal.

Prinsip pemotongan secara manual dapat dilakukan dengan cara :

  1. Gerida pin pada mata rantai yang akan dipotong. Penggerindaan pin ini dimaksudkan mudahmudahan pin rantai dapat dengan mudah rontok, sungguhpun tanpa menggerindanya juga dapat dilakukan.
  2. Resistan fragmen bawah mata rantai yang akan dipotong menggunakan mur.
  3. Palu pin rantai dengan menggunakan pengetuk dan usahakan jangan sampai meleset.

Cara manual untuk menyusup kalung yang lain dapat menunggangi obeng min atau pahat dan dengan palu.

Obeng min ataupun pahat berfungsi bikin menyelit link plate plong netra rantai yang akan dipotong semoga bisa terlepas dari pinnya.

Namun mandu memotong kalung secara manual dengan pahat ini akan beresiko kian negatif dibanding dengan cara manual dengan menunggangi pakis bikin memukul pin rantai.


Dengan menggunakan perkakas khusus

Ada instrumen khusus yang berfungsi buat melakukan debirokratisasi alat penglihatan rantai. Penggunaan alat khusu pemotong kalung (chain breaker) akan mempermudah pemotongan mata rantai.

Berbeda dengan cara manual, dengan memperalat alat khusu ini maka bukan diperlukan peralatan tambahan lainnya.



Alat pemotong rantai ini dahulu mudah dan praktis untuk digunakan. Bikin menggunakannya cukup letakkan ujung bagian pemotong rantai plong perlengkapan spesial ini lega pin gelang rantai nan akan dipotong, tinggal pencong pemutar pada perkakas mudahmudahan pin rantai terjerumus keluar.

Source: https://www.teknik-otomotif.com/2018/09/cara-memotong-rantai-motor.html