Cara Memelihara Ikan Gurame Di Kolam Tembok



Panduan Transendental Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Beton Bagi Pemula



Gurami
atau
Gurame
(Osphronemus goramy) adalah tipe ikan air tawar nan digemari dan naik daun sebagai ikan konsumsi di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Kidul. Iwak Gurame memiliki badan yang pipih dan lebar, serta memuliki moncong yang runcing pada ketika masih muda.

Karena banyak digemari sebagi ikan konsumsi, permintaan pasar sangatlah tinggi akan ikan ini apalagi petisi kantin maupun panggung makan yang meluangkan atau menjual menu iwak gurame. Selain hal itu, harga gurame pun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan batal konsumsi lainnya. Semua itu bintang sartan alasan banyak bani adam yang start memiara lauk gurame. Ikan ini dapat dibudidayakan disemua macam kolam menginjak dari kolam terpal, balong beton/kolam benih/kolam tembok dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan gurame di kolam beton/kolam semen/kolam tembok.

Prinsip Budidaya Ikan Gurame di Kolam Beton/Tambak Semen/Bendungan Tembok

Persiapan Kolam Budidaya Iwak Gurame

Apabila bendungan tambak beton/empang mani/bendungan tembok masih yunior, maka biarkan lewat empang tenggelam sepanjang beberapa hari . Jika kolam mutakadim ada, maka bersihkan bagian dasar kolamatau pingir tebat dengan menggunakan desinfektan KMnO4 sebanyak 20-30 mg/liter. Selanjutnya, isi empang dengan air setinggi 100-120 cm. Akan makin baik, bendungan dilengkapi dengan kanal perdua atau dibat semacam genangan yang nantinya akan bermanfaat detik pemanenan.

Penebaran Mani Lauk Gurame

Benih iwak gurame yang akan ditebar n domestik tebat dipilih yang mutakadim berukuran sekitar 7 sampai 15 gram per ekor. Intern setiap meter persegi kolam kolam beton/tambak semen/kolam tembok ditebar sebanyak 12 sampai 20 ekor iwak. Dengan begitu, lauk akan lebih leluasa cak bagi tumbuh. Hari yang dibutuhkan untuk dalam pembudidayaan ikan gurame dalam tebat beton/balong semen/bendungan tembok yaitu 90 tahun – 120 hari dan semoga penebaran benih lauk ini dilakukan lega ketika master rendah yaitu pada pagi atau sore musim.

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Karena ikan gurame merupakan lauk herbivora, pakan untuk ikan ini sangat mudah. Pakan yang dapat diberikan yakni daun daunan hijau dan pun sayuran sepeti daun talas alias sante dan lagi kecebong. Selain pakan tersebut, pakan lain yang dapat diberikan yaitu pelet. Pakan dedaunan atau sayur dapat diberikan sebanyak sekali sehari dan pakan tiruan dapat diberikan hingga 3 bisa jadi sehari.

Pemanenan Ikan Gurame

Ikan gurame bisa dipanen setelah mencecah bobot 200 hingga 300 gram per ekor. Dengan bobot itu, ikan makin enak dan nikmat. Cara pemanenan bisa dilakukan dengan panen kuantitas atau panen sebagian.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Model Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Beton Buat Pemula“, semoga berjasa dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa

Source: https://www.faunadanflora.com/cara-budidaya-ikan-gurame-di-kolam-tembok-beton/