Saat kondisi darurat dan harus mengecek mesin mobil, OtoFriends perlu menyibakkan kap mesin. Bintang sartan, kita perlu tahu informasi akan halnya cara mengekspos kap mesin otomobil yang benar. Kadang, kaidah membuka kap mesin otomobil diremehkan dan dianggap mudah. Sedangkan, takdirnya salah boleh bikin kap mesin tembelang.

Simak mandu menelanjangi kap mesin oto dengan benar di pangkal ini!

Cara Membuka Kap Mesin Mobil

Ketika akan mengecek suku cadang mesin, misalnya air radiator, cair wiper dan oli mesin, kita harus membuka kap mesin terlebih lewat. Doang, membuka kap mesin tak boleh asal dan berikut adalah langkah-langkahnya nan benar.

1. Mesin mobil kerumahtanggaan kondisi tenang

Demi keamanan, kiranya mesin mobil dalam kondisi tenang saat kepingin membuka kap mesin oto. Jikalau kondisinya tidak darurat, boleh membiarkan mesin menunukan sederum membuka kap mesin. Setelah itu, pastikan persneling atau persneleng kopling berada di posisi netral agar mobil tidak bergerak ketika kap-nya melenggong.

2. Tarik rem tangan

Agar lebih aman, pemilik alat angkut boleh menarik rem tangan bakal memastikan mobil sengap di tempat. Silam berbahaya seandainya membekuk kondisi mesin lalu mobil bergeser. Jangan lupa, sebaiknya untuk pengecekan di jalanan yang permukaannya menjemukan.

3. Menyedot dongkrak penarik kap

Mandu mengekspos kap mesin mesin oto adalah menggelandang tuasnya. Umumnya, tuas ini berada di radiks dasbor di arah kanan atau di radiks jok pengemudi. Tapi, terserah beberapa mobil Eropa lawas nan memangkalkan pengungkil kap di bawah dasbor penumpang depan.

Bentuk penyungkit ini bermacam-macam, ada yang bulat ataupun kotak. Agar bertambah mudah dikenali, galibnya produsen oto sekali lagi memasrahkan gambar kap mesin pada permukaannya. Knop atau alabangka ini berfungsi untuk mengekspos pengunci 1 puas kap mesin.

Selanjutnya, alabangka tinggal ditarik hingga terdengar obstulen ‘klik’ di bagian depan kap mesin. Kalau belum terdengar bunyi ‘klik’, tarik lagi tuasnya lebih kuat. Biasanya, pengumpil ini asa keras buat ditarik. Jadi wajib kurang tenaga bikin menariknya.

4. Tarik penutup 2 kap mesin

Sekiranya prinsip di atas untuk membuka pengunci 1, maka ini adalah cara untuk menyingkapkan pengunci 2 pada kap mesin. Perlu diketahui bahwa kap mesin dilengkapi dengan 2 sistem penguncian.

Cara membuka penghabisan 2 ini semata-mata dapat dilakukan makanya tangan kita, enggak menggunakan tuas. Caranya dengan memasukkan jari kita di antara jeruji kap mesin yang kebanyakan berada di perdua kap mesin. Bentuknya seperti mana knop segi empat. Patut ditekan saja knop tersebut ke atas sambil mengangkat kap mesin.

5. Beber kap saat mesin tawar rasa

Moga buka kap mesin dalam kondisi dingin atau enggak bersisa panas. Tujuannya agar bukan melukai tangan kita detik membuka kap mesin. Seperti diketahui, kap dan komponen mesin terbuat semenjak logam yang menjadi penghantar erotis.

Jadi, kalau hingga ke logam yang erotis, kulit kita bisa tutung dan terluka. Kalau memang terpaksa membuka kap mesin ketika kondisi memberahikan, seharusnya gunakan lap atau sarung tangan berbahan kain.

6. Tarik gancu kap mesin

Jikalau kap mesin sudah terbuka, carilah pengaitnya agar kap terbuka tanpa teristiadat ditopang tangan kita. Lembaga pengait ini biasanya pecak dan cara membukanya layak ditekan. Terserah yang ditekan ke jihat samping, ada sekali lagi ke sisi atas.

Kalau mobil OtoFriends sudah dilengkapi dengan suspensi penahan, maka kap mesin tidak perlu ditahan memperalat kusen. Kap mesin patut ditarik invalid, maka otomatis akan naik. Akan tetapi, kebanyakan mobil yang dipasarkan di Indonesia belum diberi suspensi kap mesin.

7. Pendirian menutup kap mesin

Seandainya pengecekan atau reformasi sudah radu, kita bisa menutup lagi kap mesin. Caranya, kembalikan papan penyangga di posisi semula. Setelah itu, kap mesin bisa ditutup dengan sedikit dibanting agar terkunci rapat. Namun, bisa juga hanya dengan menekan ujungnya agar terkunci berpasangan. Kedua cara tersebut sama baiknya.

Mandu Mengamankan Kap Mesin Macet

Penyebab kap mesin rewel umumnya karena kurang pelumas, cemar, atau per penguncinya tembelang. Jika demikian, OtoFriends doang perlu menjernihkan pengunci pada kap mesin dan menjatah pelumas.

Bahan nan digunakan untuk menerangkan kap mesin adalah sabun cuci penghilang jamur. Akan tetapi, kalau pernya tembelang, maka penguncinya harus diganti. Biasanya kedua komponen ini dijual sedarun.

Harga per pengunci kebanyakan di bawah Rp200 ribuan. OtoFriends bisa menggunakan jasa bengkel seyogiannya pemasangannya lebih tepat. Jangan lupa, gunakan saban yang sesuai dengan diversifikasi dan spesies mobil.

Penyebab kap mesin mandek lainnya juga bisa karena masalah pada telegram. Terserah kabel yang menggerutu intiha kap mesin dan tuas pembebas. Kawat ini bisa kendur atau terputus. Kalau kabelnya kendur, bisa disetel ulang agar sekali lagi kencang. Belaka, kalau putus, maka harus diganti.

Ambillah, itu dia awalan-langkah atau cara membuka kap mesin otomobil. Sebaiknya kuasai keterampilan dasar ini agar bisa tanggang-jaga momen mobil problematis di tengah pelawatan.

Akan tetapi, kalau oto bersoal saat sedang melakukan perjalanan, OtoFriends bisa mencari bengkel terdekat menerobos tuntutan Otoklix. Dengan fitur peta, aplikasi akan mencarikan bengkel terdekat lokasi kita. Ada 2.000+ bengkel mitra yang tersebar se-Jabodetabek untuk membantu mengatasi permasalahan mobil!