Cara Membuat Wedang Pokak Bubuk

Liputan6.com, Jakarta –
Pemerintah Kota Surabaya berupaya untuk mencegah penyebaran virus corona yunior yang memicu COVID-19. Salah suatu langkah dilakukan dengan mewujudkan dapur awam kerjakan membuat minuman pokak dan ki melatih telur.

Pemkot Surabaya membagikan minuman tradisional pokak dan telur membubuk kepada masyarakat Surabaya nan dinilai dapat meningkatkan anak kunci resistan tubuh. Pada Alat pernapasan, 18 Maret 2022, Pemkot Surabaya membagikan minuman pokak dan telur rebus kepada warga di Kecamatan Semampir.

Nah, ramuan minuman pokak tersebut juga diracik maka itu Penanggung jawab Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma).

“Khusus perian ini, kami menugasi ke Kecamatan Semampir seribu gelas minuman pokak dan sewu butir telur membubuk. Dipilih ke Semampir tambahan pula terlampau karena di sana memang padat penghuni. Tadi Bu wali (Pengasuh Kota Surabaya Tri Rismaharini) sendiri yang meracik pokak tersebut,” Komandan Badan Penanggulangan Batu dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

  • Pesan Risma kepada Warga Surabaya, Silakan Jaga Jarak Minimal Satu Meter
  • Cegah Corona COVID-19, Pedagang Angkringan di Surabaya Ini Bagi Wedang Uwuh Gratis
  • 5 Hal yang Harus Diperhatikan dari Surabaya Masuk Zona Merah Corona COVID-19

Adapun minuman tradisional pokak berasal dari Madura, Jawa Timur. Pokak merupakan minuman racikan dengan bahan asal sumber akar bermula empon-empon. Risma menuturkan, empon-empon itu bukan obat tetapi boleh meningkatkan muslihat tahan tubuh (imunitas) sebaiknya tidak mudah sakit dan terserang virus.

“Saya baca di penelitiannya IPB, jahe dan sereh tak peminta tapi bisa meningkatkan daya imum tubuh, juga albumen. Jikalau tubuh kuat, insyaallah kita tidak akan terserang (penyakit). Kenapa (banyak) lansia (yang terserang virus) karena ketahanan tubuhnya menurun. Kita juga tidak boleh payah dan stress,” tutur kamu.

Pemkot Surabaya juga membagikan resep bakal pembuatan wedang rempah. Untuk satu kali kancing bahan-sasaran yang diperlukan antara lain kayu manis sebanyak 300 gram, si pedas abang sebanyak 1.000 gram, kapulaga 30 gram, cengkeh 30 gram, pandan wangi 250 gram, sereh sebanyak 800 gram, sakarosa ahmar sebanyak 800 gram, gula pasir sebanyak 2.000 gram, garam 20 gram, dan air dua galon. Bahan-bahan tersebut dibersihkan, terlampau dipotong-runjam. Menanak air, dan masukkan bahan-objek. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus hingga matang. Disaring dan siap disajikan.

Anda juga bisa membuat dengan sentral wedang pokak ini di kondominium sebagaimana dikutip dari Fimela.com, Minggu (21/3/2020)

Bahan-bahan:

2 jenazah serai, iris-sayat

1 batang kayu manis

2 untai daun pandan, iris-sayat

2 biji zakar kapulaga

3 buah cengkeh

1 bbuah pekak/bunga lawing

2 cm jahe iris tipis

½ sdt embalau

Air secukupnya

Cara membuat:

1.Membubuk semua korban dengan air secukupnya setakat mendidih dan air berwarna cokelat pekat seperti the. Biasanya juga akan tercium bau wangi semenjak air rebusan.

2.Setelah mendidih, matikan api. Ampai ke internal beling dan tambahkan gula ala kadarnya

3. Siap nikmati hangat

Minuman ini pula dapat melegakan tenggrokan dan enak detik diminum pesam. Apalagi musim hujan angin pun masih berlangsung, jadi bisa menghangatkan dan memperkuat daya imun badan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama melonggarkan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melewati: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Dedikasi Peduli Kasih. Uluran tangan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesegaran, bivak, dll. Kepedulian kita tujuan mereka.

Source: https://surabaya.liputan6.com/read/4208067/ingin-buat-wedang-pokak-di-rumah-yuk-intip-resepnya