Cara Membuat Tongkat Mayoret Sendiri


Unduh PDF


Unduh PDF

Seandainya Anda suka mendaki, atau bahkan tetapi bepergian di kapling yang tidak rata, tongkat jalan akan dapat membantu Anda, mengaktifkan tangan, dan dapat digunakan lakukan membedakan semak atau halangan boncel lainnya. Selain itu, Dia bisa bangga jika berlambak takhlik tongkat kronologi sendiri. Takdirnya anak pramuka mampu membuatnya, tentu Anda lagi boleh.

  1. 1

    Temukan tongkat yang bagus.
    Buat membuat tongkat urut-urutan Anda wajib menemukan sebatang kayu yang bagus. Ukuran, bagan, kekokohan, dan usia kayu menentukan kualitas dari tongkat jalan Anda.

    • Tongkat urut-urutan yang bagus umumnya sepan lurus dan mempunyai diameter 2,5-5 cm. Carilah kayu nan kira-kira separas ketiak Anda (umumnya selama 1,5-1,7 meter); Kamu dapat memotong kusen lusa kendati ukurannya sesuai.
      [1]
    • Hardwood
      lazimnya menjadi seleksian terbaik bikin membuat tongkat kronologi yang kokoh dan mudah dipakai. Cobalah pakai papan
      maple,
      alder, ceri, aspen, dan
      sassafras.[2]
    • Carilah kayu baru, tetapi jangan rangkaian memotong pohon cak bagi membuat tongkat. Anda dilarang negatif tunggul. Berkelilinglah kurang untuk mencari kayu yang masih baru sahaja sudah antap.
      [3]
    • Hindari kusen berlubang ataupun memiliki jejak aktivitas serangga. Kayu ini sudah melemah karena digerogoti insek, atau Anda dapat tanpa sengaja mengirimkan serangga masuk ke apartemen.
  2. 2

    Potong papan sebatas panjangnya sesuai.
    Jika Anda mewujudkan tongkat jalan bikin digunakan koteng, berdirikan kayu di atas tanah dan jawat seakan Anda akan memakainya bepergian, dengan pengkolan asa ditekuk (sreg sudut nan kira-kira tepat). Tandai tongkat lega 5 cm di atas tangan yang memegangnya (atau makin jika Anda ingin menambahkan aksesori pada ujung tongkat), dan potong jenama tersebut dengan gergaji. (Catatan: Momongan-anak harus mempersunting pertolongan ibu bapak jika kepingin memperalat gergaji. Gergaji mesin dapat mengakhirkan jari dalam sececah, dan gergaji tangan bisa menyebabkan luka dalam).
    [4]

    • Jika Anda ingin tongkat untuk digunakan manusia lain, mintalah manusia tersebut menjabat sapu di depannya sesuai penjelasan di atas. Ukur tinggi tongkat dari tegel ke bagian atas tangannya. Gunakan meteran atau tali dengan janjang setolok saat mencari tongkat.
      [5]
    • Jikalau Anda membentuk tongkat jalan untuk dijual atau diberikan kepada penerima yang belum ditentukan, bangun bahwa seharusnya Engkau memulai dari matra 1,5-1,7 meter.
      [6]
  3. 3

    Ketam selerang kayu.
    Jikalau cak hendak, Kamu bisa membiarkan alat peraba gawang tetap di batangnya, doang kebanyakan orang menyukai tampilan dan kegaduhan kayu subtil yang mengaras selerang. Segala pun pilihan Anda, potong semua cagak alias ranting yang menjuntai semenjak batang.
    [7]

    • Gunakan pisau lipat, pisau besar, ataupun yuyu kulit kayu. Gunakan alat ketam nan nyaman dipakai.
    • Potong semua ranting dan aksen terlebih dahulu, lalu mulai mengetam/menyerut kulit kayu. Gunakan usapan pendek, cepat, dan tohor. Jangan sampai Dia melicinkan kayu papan sesak n domestik. Jangan terburu-buru ketika mengetam papan dengan baik dan aman.
    • Gegares ketam tiang pada jihat menjauhi fisik, dan kedua suku tidak menghalangi gerakan mengetam. Simpul di tiang boleh membuat pisau rontok berpokok tangan dan melukai Anda. Kalau Anda belum terbiasa melicinkan kayu kayu, harap pertolongan individu berpengalaman.
    • Teruskan penuaian sampai Ia melihat daging kayu berwarna binar. Sebagian tanaman punya beberapa lapis kayu sehingga teruslah mengetam sampai alur-alurnya terbantah.
  4. 4

    Biarkan tongkat mengering.
    Kayu yang masih baru bagus lakukan dipotong dan diketam, tetapi papan kering lebih kaku dan tahan lama. Engkau membutuhkan musim dan kesabaran untuk menyelesaikan proses ini.

    • Waktu pengeringan kayu dipengaruhi berbagai macam faktor, tertulis jenis kayu, kondisi lingkungan, dan selera pribadi. Sebagian orang mengajurkan menunggu sejauh dua minggu, dan cak semau sekali lagi nan mengatakan sebulan.
      [8]

      [9]
    • Biarkan tongkat mengering sampai dogmatis hanya tak repas. Anda mungkin perlu mengebur posisinya, atau malar-malar mengikatnya di tempat (misalnya, dengan mengikatnya lega papan datar memperalat klip logam nan rata-rata digunakan bikin mendampilkan pipa sehingga tidak pitut).
    • Kayu yang terlalu cepat kering dapat tepok sehingga seandainya kondisi di dalam rubrik plus kering, sepatutnya diamkan kayu di luar kolom yang tertutup, misalnya garasi atau pondok.

    Iklan

  1. 1

    Tambahkan sentuhan kreatif.
    Anda barangkali pernah melihat tongkat kronologi dengan radiks berpahat; cahaya muka maskulin beruban janjang dan berjenggot sepan populer di kalangan pemakai tongkat jalan. Tergantung keterampilan mencukil Anda menunggangi pisau lipat dan/atau alat lainnya, Anda bisa menyedang membuat dekorasi dasar tongkat. Pulang ingatan, kalau berbuat kesalahan, Sira sepan memotong tiang sedikit.
    [10]

    • Bakal dekorasi yang lebih terbelakang, Anda bisa mengukir jenama atau inisial pada tongkat. Dia pun dapat mengaryakan alat pembakar kayu buat menciptakan efek. Apa pun metode yang dipakai, lakukan dengan diskriminatif.
    • Selain itu, Dia boleh mempermudah genggaman dengan mengukir alur di fragmen gagang. Anda bisa meniru alur di setang pemrakarsa ataupun kemudi otomobil, tetapi gagang beralur spiral juga mempererat genggaman Anda.
      [11]
  2. 2

    Warnai dan tanda papan.
    Setelah selesai mengerjakan debirokratisasi, pengetaman, pengeringan, dan pengukiran, saatnya cak bagi mengawetkan kayu sehingga tahan hingga bertahun-tahun. Awalan ini mana suka, tetapi disarankan untuk meningkatkan tampilan dan ketahanan tongkat jalan Sira.
    [12]

    • Lamun Ia tak mencelup/menyegel tongkat jalan, kayunya harus dihaluskan memperalat patar dan dilanjutkan jeluang amril. Usap semua serbuk erosi dengan reja
      tack
      maupun karet lap yang dibasahi tiner cat.
    • Oleskan cat papan sesuai panduan penggunaan di kemasan. Diamkan tongkat semalaman, dan ampelas serta lap sebatas bersih di antara setiap lapisan. Semakin banyak lapisannya, warna tongkat akan semakin liar.
    • Tambahkan tiga lapisan (maupun jumlah yang disarankan panduan di kelongsong) pernis uretan bening. Ampelas tongkat tipis-tipis dengan jeluang ampelas halus dan lap sampai bersih di antara setiap pengolesan.
    • Bekerjalah di area beraliran awan lampias. Beliau harus burung laut mengenakan sarung tangan dan tesmak pengaman, serta masker napas.
  3. 3

    Pasang gagang.
    Jika belum mengukir tongkat jalan (tatap langkah di atas), Anda bisa memasang gagang setelah mewarnai dan menyegel tongkat. Kembali, langkah ini opsional.

    • Gagang yang efisien dan tampak menarik dapat dibuat dari setrip lempengan kulit,
      twine
      (lembar rajut), rami tiruan, maupun tali berserabut nan digulung pada area gagang dan diamankan dengan pin atau atau paku kecil.
      [13]

      Maka itu karenanya, Anda juga bisa memakai gagang berperekat untuk raket tenis, stik hoki, atau tongkat golf.
    • Untuk mendukung tongkat tidak absolusi terbit tangan saat digunakan, Sira bisa membaurkan tali pergelangan. Bagi gua di atas kewedanan gagang tongkat memperalat bor (idealnya sebelum pengecatan dan penyegelan). Masukkan seutas tali kulit atau bahan lainnya dan ikat sehingga membuat lingkaran nan membalut pergelangan tangan pemakainya dengan nyaman.
      [14]
  4. 4

    Lindungi babak bawah tongkat.
    Bagian asal ujung tongkat jalan Engkau akan mengalami pengusangan seiring pemakaian yang menyebabkan adegan ini retak, terbelah, pecah, atau memburuk. Sira bisa mengikhlaskan ujung tongkat sebagaimana adanya, dan membersihkan, mengampelas, alias memotongnya sesuai kebutuhan, atau memasang semacam pelindung cak agar enggak cepat rusak.

    • Bagi solusi cepat dan murah, Anda bisa menunggangi bantalan karet untuk mencagar ujung tongkat jalan. Beliau lagi bisa memperalat karet besar sebagai penghenti. Buat lubang menggunakan bor di ujung bawah tongkat sehingga bisa dipasangkan
      dowel
      papan dan merekatkan sambungan lega tempatnya.
      [15]
    • Pengudut tembaga sumir pula bisa dipakai sebagai pelindung ujung asal tongkat jalan yang elegan. Ambil pengudut tembaga sepanjang 2,5 cm ataupun berdiameter 2,5 cm, dan masukkan ujung sumber akar tongkat pada pipa sampai sanding mencuat keluar. Rekatkan pipa menggunakan perekat epoksi cepat kersang cak agar tidak maaf dari tongkat.
      [16]

    Iklan

  • Sira bisa menambahkan sentuhan pribadi menggunakan alat pembakar papan cak bagi membakar desain lega tongkat jalan.

Iklan

Peringatan

  • Momen Dia menyerut tongkat perkembangan dengan pisau lipat, lakukan dengan persuasi meninggalkan tubuh, dan jangan pernah sebaliknya. Jikalau tidak, Anda bisa tergelincir dan menyakiti diri koteng. Ketika panjat di pedalaman, Sira akan jauh dari kondominium sakit.
  • Jangan pernah mematikan pohon hanya bikin membentuk tongkat jalan. Selalu gunakan tongkat nan tergeletak di tanah.
  • Anak asuh-momongan yang membuat tongkat jalan harus diawasi orang dewasa.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini sudah diakses sebanyak 7.459 kali.

Apakah artikel ini kontributif Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Membuat-Tongkat-Jalan