Cara Membuat Solder Cepat Panas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia adil

Sejarah komputer
berawal dari abad ke-19, ketika Charles Babbage mencoba lakukan mendesain komputer mekanik yang bernama Mesin Analitikal. Desain ini menjadi basis bagan desain komputer waktu ini.[1]

Secara garis lautan, pengembangan komputer terbagi dalam empat generasi:[1]

  • Generasi pertama
    dimulai ketika komputer digunakan internal akademi dan militer, seperti Komputer jinjing Atanasoff-Berry dibuat pada tahun 1937 cak bagi menyelesaikan sistem kemiripan linear dan komputer Colossus cak bagi memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Kemudian, ENIAC yang dibangun pada tahun 1946 menjadi komputer purwa bagi tujuan umum. Saat komputernya dinyalakan untuk pertama boleh jadi, Philadelphia mengalami hening elektrik. Komputer generasi ini menggunakan torak vakum bagi menyimpan data dan ukurannya memakan satu rubrik.
  • Generasi kedua
    dimulai ketika transistor menggatikan tabung vakum. UNIVAC diperkenalkan ke mahajana hari 1951 kerjakan eksploitasi menggalas. Kemudian, plong periode 1953, IBM memulai bisnis komputernya dengan merilis IBM 650 dan IBM 700. Berbagai bahasa pemrograman mulai dikembangkan dan komputer berangkat memiliki memori dan sistem usaha.
  • Generasi ketiga
    dimulai ketika teknologi transistor meningkat menjadi sirkuit terpadu. Komputer mini adalah pintasan nan signifikan dalam generasi ini dan mempengaruhi generasi komputer jinjing seterusnya. NASA memperalat komputer generasi ini untuk melampiaskan Program Apollo, seperti Komputer Bimbingan Apollo lakukan mempermudah kendali Apollo Command/Service Module. Digital Equipment Corporation menjadi perusahaan komputer nomor dua di pantat IBM dengan komputer PDP dan VAX-nya. Komputer ini membawa ke ekspansi sistem gerakan yang berpengaruh, Unix.
  • Generasi keempat
    dimulai lega sepuluh tahun 1970-an ketika penemuan MOSFET dan integrasi berskala besar lebih jauh mengapalkan ke pengembangan mikroprosesor di sediakala 1970-an. komputer pribadi nan semakin kecil berkat mikroprosesor mulai berkembang, dimulai bersumber komputer rumahan dan komputer jinjing kenap. Teknologi selanjutnya adalah laptop dan ponsel cerdas yang sangat fenomenal, membawa bineka perusahaan teknologi ke dalam perang paten atas ponsel cerdas.

Pengertian komputer jinjing

Komputer adalah instrumen yang dipakai buat merebus data menurut perintah yang telah diprogram. Introduksi komputer jinjing sediakala dipergunakan cak bagi menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan prediksi aritmetika, dengan atau sonder alat bantu, cuma arti pembukaan ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu seorang. Plong awalnya, penggodokan informasi dempet eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, namun komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang enggak berhubungan dengan ilmu hitung.[2]
[3]

Secara luas, Komputer jinjing dapat didefinisikan umpama satu peralatan elektronik nan terdiri berpangkal beberapa komponen, nan dapat bekerja sederajat antara komponen satu dengan yang lain bagi menghasilkan suatu deklarasi berdasarkan acara dan data nan suka-suka. Konsep komponen-suku cadang komputer ini berasal dari arsitektur von Neumann, ketika John von Neumann memaparkan arsitekturnya pada musim 1945.

Generasi komputer

Generasi pertama

Dengan terjadinya Perang Manjapada II, negara-negara nan terlibat n domestik perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk memperbudak potensi strategis nan dimiliki komputer. Keadaan ini meningkatkan investasi ekspansi komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer jinjing. Pada masa 1941, Conrad Zuse, seorang insinyur Jerman, membangun sebuah komputer, Z3, bakal mendesain kapal terbang dan rudal.[4]

Blok sekutu juga membuat kemajuan lain dalam ekspansi kekuatan komputer. Tahun 1943, Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman Nazi. Dampak pembuatan Colossus tidak sesak memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Purwa, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna, tetpai engkau sahaja didesain bagi memintasi kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dasawarsa setelah perang berakhir.

Manuver yang dilakukan maka dari itu Amerika Konsorsium puas detik itu menghasilkan suatu kesuksesan bukan. Howard Aiken, seorang teknikus Harvard nan bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik lakukan Angkatan Laut Amerika Perkongsian. Kalkulator tersebut berukuran pangkat sekeping lapangan sepak bola dan memiliki rentang benang besi selama 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, ataupun Mark I, merupakan komputer jinjing relai elektronik. Anda memperalat sinyal elektromagnetik kerjakan memprakarsai komponen insinyur. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat (dia membutuhkan 3-5 detik lakukan setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan antisipasi enggak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan taksiran aritmatik dasar dan pertepatan yang makin kompleks.

Komputer ENIAC yang menunaikan janji suatu kolom

Perkembangan komputer jinjing lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat atas kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat danUniversitas Pennsylvania. Terdiri berasal 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta noktah solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar dan mengonsumsi sendi sebesar 160 kW.[4]
Dirancang maka itu John Presper Eckert dan John Mauchly, ENIAC yaitu komputer serbaguna nan bekerja 1000 bisa jadi lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada medio 1940-an, John von Neumann berintegrasi dengan tim Perguruan tinggi Pennsylvania dalam kampanye membangun konsep desain komputer yang sampai 40 hari mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampar baik program atau data. Teknik ini memungkinkan komputer bikin berhenti lega satu saat dan kemudian meneruskan pekerjaannya pula. Kunci penting arsitektur von Neumann adalah Unit Pemroses Sentral, nan memungkinkan seluruh fungsi komputer jinjing kerjakan dikoordinasikan melalui satu perigi spesial. Hari 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan ideal arsitektur Von Neumann tersebut.

Baik Sensus Amerika Serikat maupun General Electric memiliki UNIVAC. Keseleo satu hasil mengesankan nan dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kesuksesan Dwilight D. Eisenhower n domestik pemilihan presiden musim 1952.[5]
[6]

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi manuver dibuat secara spesifik bagi suatu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai programa kode biner nan berbeda yang disebut bahasa mesin. Hal ini menyebabkan komputer sulit bakal diprogram dan mewatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama merupakan pemanfaatan silinder vakum (yang membuat komputer lega masa tersebut berdimensi lampau besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi kedua

Pada waktu 1948, kreasi transistor terlampau memengaruhi urut-urutan komputer. Transistor mengaplus tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Hasilnya, ukuran mesin-mesin setrum menciut drastis.[7]

Transistor menginjak digunakan di dalam komputer mulai plong tahun 1956. Penemuan tidak yang berupa peluasan memori inti-magnetik mendukung pengembangan komputer generasi kedua yang bertambah kecil, bertambah cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih irit energi dibanding para pendahulunya. Mesin mula-mula yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan lakukan laboratorium energi elemen, bisa menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang habis dibutuhkan oleh pengkaji atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

Hanya cak semau dua LARC nan pernah dipasang dan digunakan. Satu terdapat di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan Bahasa penemuan. Bahasa rakitan adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan buat menggantikan kode biner.

Pada sediakala 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua nan sukses di rataan jual beli, perguruan tinggi, dan tadbir. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer jinjing yang sepenuhnya menunggangi transistor. Mereka kembali mempunyai komponen-onderdil yang boleh diasosiasikan dengan komputer jinjing bilamana ini, yaitu pencetak, penyimpanan privat disket, memori komputer, sistem operasi, dan program komputer.

Riuk satu contoh berguna komputer sreg masa ini adalah IBM 1401 nan diterima secara luas di guri industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer jinjing generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memasrahkan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan memikul. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian pengguna dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada ketika itu. Bahasa pemrograman COBOL dan Fortran mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang sulit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang makin mudah dipahami oleh khalayak. Hal ini memudahkan seseorang bikin memprogram dan mengatur komputer. Bineka jenis karier plonco bermunculan (pemrogram, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Pabrik perangkat sabar lagi mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Generasi ketiga

Walaupun transistor internal banyak hal mengungguli tube vakum, hanya transistor menghasilkan panas nan cukup besar, yang dapat berpotensi destruktif penggalan-bagian privat komputer jinjing. Alai-belai kuarsa menentramkan komplikasi ini. Jack Kilby, sendiri insinyur di Texas Instruments, mengembangkan sirkuit terpadupada musim 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik privat sebuah piringan silikon kerdil nan terbuat dari batu halus kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan bertambah banyak suku cadang-komponen ke dalam suatu chip idiosinkratis nan disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer jinjing menjadi semakin katai karena komponen-komponen bisa dipadatkan intern chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya merupakan penggunaan sistem usaha (operating system) nan memungkinkan mesin kerjakan menjalankan berbagai ragam program yang berbeda secara sewaktu dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi keempat

Setelah IC, maksud ekspansi menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran rotasi dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen n domestik sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen kerumahtanggaan sebuah chip tunggal.

Seorang anak sedang mengoperasikan IBM PC

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan total tersebut menjadi jutaan. Kemampuan buat meletuskan sedemikian banyak komponen dalam satu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, daya guna dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 nan dibuat pada tahun 1971 membawa kejayaan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip nan dahulu kecil. Sebelumnya, IC dibuat cak bagi mengerjakan suatu tugas tertentu yang khusus.

Masa ini, sebuah mikroprosesor bisa diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perabot rumah tahapan seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Jalan yang demikian memungkinkan bani adam-orang formal kerjakan menggunakan komputer legal. Komputer jinjing tidak juga menjadi pengaturan perusahaan-perusahaan raksasa atau lembaga pemerintah. Plong pertengahan tahun 1970-an, pelaksana komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, nan disebut minikomputer, dijual dengan paket peranti lunak yang mudah digunakan oleh galangan awam. Instrumen lunak yang paling terkenal puas momen itu yaitu program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menganjur perhatian pemakai puas komputer jinjing rumahan yang lebih canggih dan boleh diprogram.

Pada tahun 1981, IBM membudayakan penggunaan Personal Computer (PC) untuk eksploitasi di rumah, biro, dan sekolah. Jumlah PC nan digunakan melonjak berusul 2 miliun unit pada perian 1981 menjadi 5,5 juta unit sreg musim 1982. Dekade kemudian, 65 miliun PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menjurus ukuran nan lebih kecil, dari komputer nan mewah di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang bisa dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer jinjing nan bisa digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi tenar karena memopulerkan sistem grafis sreg komputernya, darurat saingannya masih menggunakan komputer nan berbasis referensi. Macintosh juga membudayakan penggunaan instrumen mouse.

Lega tahun sekarang, kita mengenal pengembaraan IBM compatible dengan pendayagunaan CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Kembali kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua timbrung kerumahtanggaan golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer jinjing di panggung kerja, mandu-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan kian kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer jinjing tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan kerjakan silih berbagi ki kenangan, peranti lunak, proklamasi, dan juga kerjakan dapat ganti berkomunikasi satu dengan nan lainnya. Jaringan komputer jinjing memungkinkan komputer tunggal bakal mewujudkan partisipasi elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan sekaligus (disebut juga Local Area Network), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat raksasa.

Generasi kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi sepan sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima merupakan komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL membentangkan seluruh fungsi yang diinginkan terbit sebuah komputer jinjing generasi kelima. Dengan intelek buatan (artificial intelligence ataupun AI), Peristiwa dapat cukup n kepunyaan nalar untuk melakukan percapakan dengan turunan, menunggangi masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Meskipun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari permakluman, banyak kepentingan-kurnia yang dimilikinya sudah terwujud. Sejumlah komputer jinjing dapat mengamini instruksi secara oral dan mampu meniru nalar individu. Kemampuan lakukan menterjemahkan bahasa luar pula menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Sekadar kemudahan tersebut menjadi jauh lebih rumit berpunca yang diduga ketika programmer menyadari bahwa signifikansi insan sangat gelimbir plong konteks dan denotasi ketimbang hanya menterjemahkan kata-kata secara serampak.

Banyak kejayaan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer jinjing generasi kelima. Dua kesuksesan rekayasa yang terutama merupakan kemampuan pemrosesan paralel, yang akan mewakili model non Neumann. Eksemplar non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kejayaan lain yakni teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa terserah rintangan apapun, yang nantinya boleh mengacapkan kepantasan deklarasi.

Jepang adalah negara nan populer n domestik sosialisasi slogan dan proyek komputer jinjing generasi kelima. Susuk ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk lakukan merealisasikannya. Banyak informasi nan menyatakan bahwa antaran ini telah gagal, tetapi bilang informasi lain bahwa kejayaan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa persilihan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Referensi

  1. ^


    a




    b




    “Brief History Of Computer”.
    people.bu.edu. Diarsipkan dari varian salih tanggal 2022-11-05. Diakses rontok
    2020-10-17
    .





  2. ^


    “Computer Basics: What is a Computer?”.
    GCFGlobal.org
    (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal
    2020-08-20
    .





  3. ^


    “computer | History, Networking, Operating Systems, & Facts”.
    Encyclopedia Britannica
    (intern bahasa Inggris). Diakses tanggal
    2020-08-20
    .




  4. ^


    a




    b




    “Generations, Computers | Encyclopedia.com”.
    www.encyclopedia.com
    . Diakses tanggal
    2020-08-20
    .





  5. ^


    US Census Bureau, Census History Staff. “UNIVAC I – History – U.S. Census Bureau”.
    www.census.gov
    (dalam bahasa Inggris). Diakses rontok
    2020-10-17
    .





  6. ^


    “General Electric Appliance Park, Louisville, KY – CHM Revolution”.
    www.computerhistory.org
    . Diakses sungkap
    2020-10-17
    .





  7. ^


    “Second Generation Computers (1956-1963) Transistors”.
    zjcomputerhistory.weebly.com
    . Diakses tanggal
    2020-08-20
    .




Pranala asing

  • Obsolete Technology — Old Computers
  • Historic Computers in Japan
  • The History of Japanese Mechanical Calculating Machines
  • Computer History Diarsipkan 2009-04-05 di Wayback Machine.
  • 25 Microchips that shook the world
  • [1]
    [
    pranala nonaktif permanen
    ]

  • Rao/Scaruffi’s History of Silicon Valley



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer