Cara Membuat Score Di Construct 2

Variabel Instance

Variabel misalnya memungkinkan setiap rakasa untuk menyimpan nilai kesegaran sendiri. Laur adalah hanya biji yang bisa mengubah (ataupun

bermacam ragam
), dan mereka disimpan secara terpisah untuk setiap contoh, maka nama

variabel paradigma
.

Ayo menambahkan

kebugaran

variabel misalnya untuk rakasa kami. Klik rakasa di kantin proyek atau korban bar. Atau, Sira boleh beralih juga ke manajemen letak dan diskriminatif objek rakasa. Ini akan menunjukkan sifat rakasa itu di properti bar. Klik

Add / mengedit

oleh

Sunting luwes
.



Dialog Luwes Instance muncul. Ini terlihat mirip dengan dialog Perilaku kita lihat sebelumnya, doang memungkinkan Ia untuk menambah dan mengubah lentur model buat objek. Klik bau kencur

Add

tombol lakukan menambahkan yang bau kencur.



Pada dialog yang unjuk, ketik

kesehatan

bakal stempel, meninggalkan

Spesies

seumpama

Nomor
, dan bikin nilai Initial masukkan

5

(seperti yang ditunjukkan). Ini dimulai setiap rakasa lega 5 kesehatan. Saat mereka tersampuk kita akan kurangi 1 berpokok kesegaran, dan kemudian saat kesehatan yakni kosong kita akan menghancurkan objek.

Sehabis radu klik OK. Perhatikan luwes sekarang unjuk intern dialog fleksibel misalnya dan juga di properti kerjakan rakasa juga. (Anda dapat dengan cepat menafsirkan nilai awal pada properti kantin, tapi bagi membukit maupun menghapus variabel Kamu harus mengklik

Tambah / Edit

Link.)



Changing Peristiwa

Beralih kembali ke untai programa. Sekarang, kita menghancurkan monster secepat-cepatnya peluru hits mereka. Mari kita menidakkan itu untuk mengurangi 1 bersumber kebugaran.

Cari programa yang bertuliskan:

Bullet – tabrakan dengan Rakasa
. Perhatikan kita punya “menenggelamkan rakasa” tindakan. Ayo kita ganti bahwa dengan “kurangi 1 dari kesehatan”. Klik kanan “mengandaskan rakasa” tindakan dan klik

Ubah
.



Dialog yang sama unjuk seolah-olah kita mengegolkan tindakan baru, tapi kali ini akan menggantikan tindakan kita diklik gantinya. Membeda-bedakan

Rakasa -> Kurangi dari

(di

variabel Instance

kategori)

->

elastis Instance “kebugaran”, dan masukkan

1

untuk

Nilai
. Klik

Radu
. Tindakan hendaknya sekarang unjuk sejenis ini:



Saat ini ketika kita menembak monster mereka kehilangan 1 kesehatan dan meletus melinjo, tapi kami belum membuat sebuah acara bikin membunuh monster momen kesegaran mereka mengaras nol. Tambahkan programa tidak:

Kondisi:

Rakasa -> Bandingkan variabel contoh ->

Kesehatan,

Kurang ataupun sama
, 0

Gerakan:

Rakasa -> Telur ikan alamat lain ->

Ledakan, saduran

1

Aksi:

Rakasa -> Hancurkan



Mengapa “sedikit atau sama 0” lain “sebabat dengan 0”? Misalkan kita menambahkan lagi senjata yang lebih kuat yang dikurangi

2

berpunca kesehatan. Detik Dia menembak rakasa, kesegaran akan menyingkir

5
,

3
,

1
,

– 1
,

– 3

… embaran tanpa bintik nan kesehatan langsung

begitu juga hampa
, sehingga tidak relasi mati! Oleh karena itu, praktek nan baik lakukan memperalat “kurang atau ekuivalen” cak bagi menguji apakah kesehatan sesuatu telah habis.

Menjalankan permainan. Anda kini harus menabok monster lima barangkali bagi membunuh mereka!

Menjaga angka

Mari kita skor jadi anak bangsawan tahu seberapa baik mereka lakukan. Kita akan membutuhkan fleksibel tidak bakal ini. Sira mana tahu berpikir “memungkinkan menempatkan nilai ibarat salah suatu variabel contoh pemain!”. Itu bukan buruk ide purwa, tapi sadar nilai disimpan “di” objek. Jika tidak suka-suka kasus, tidak ada plastis baik! Jadi jikalau kita menghempaskan pemain, kita tidak boleh lagi mengatakan apa nilai mereka, karena itu dihancurkan dengan anak bangsawan.

Sebaliknya, kita dapat menggunakan variabel mondial . Sama dengan variabel contoh, laur mendunia (atau doang “menyeluruh”) dapat menyimpan teks atau nomor. Saban variabel dapat menyimpan satu nomor atau satu fragmen berpunca teks. Variabel global kembali tersedia buat seluruh permainan di semua layout – nyaman jika kita menambah tingkat tak.


Klik kanan

ruang di penggalan bawah lawai acara, dan pilih

Tambahkan fleksibel global
.



Masukkan

Score

sebagai nama. Default meres bukan yang OK, itu akan membuat bilang mulai dari 0.



Kini variabel menyeluruh muncul sebagai garis privat lembar program. Ini dalam lungsin acara ini, saja dapat diakses dari sheet acara di tata letak apapun.




Catatan:

cak semau juga

elastis

lokal yang belaka dapat diakses oleh lebih kecil “lingkup” hal, tapi kita tidak perlu buncah tentang itu saat ini.

Ayo kita memberikan pemain titik untuk menjagal rakasa. Internal “Rakasa: kesehatan rendah ataupun sekufu 0” kami acara (ketika rakasa meninggal), klik Add

tindakan
, dan pilih

Sistem

->

Tambahkan ke

(bawah global & elastis lokal) ->

Nilai
, nilai

1
. Sekarang acara akan terlihat begitu juga ini:



Kini Player telah mempunyai kredit, yang akan lebih 1 setiap monter terbunuh – tapi skor itu tidak terpandang! mari kita kerjakan biji memperalat objek text.

Source: https://www.construct.net/en/tutorials/panduan-pemula-menggunakan-1516/variabel-instance-6