Cara Membuat Saus Kerupuk Opak

Cara Membuat Seblak Gendar “Elod” nan Kenyal dan Pedas

Image: Netral news

Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Bagi anda yang masih  belum senggang, seblak merupakan kerupuk rebus yang dicampur dengan cabai. Konon, jajanan ini berasal berpunca Bandung. Ada banyak varietas kreasi seblak yang biasa di buat sendiri. Mulai bermula berbunga seblak basah, seblak ceker, dan makaroni seblak.

Puas dasarknya, gendar apa saja dapat dibuat bintang sartan seblak. Terdaftar opak singkong, alias biasa disebut “opak elod”. Opak elod yang direbus lebih kenyal, samudra, dan alot dibandingkan opak lain. Tekstur kenyal dan pedas seblak gendar ini dijamin bikin kamu ketagihan!

Coba Sendi:
Resep Seblak Ceker Pedas


1. Rebus Gendar

Sebelum dicampur cabai, tentunya gendar harus direbus malar-malar lalu. Pastikan semua opak sudah lalu matang dan tidak cak semau lagi babak yang persisten. Cek dengan menusukan pisau plong opak. Setelah kenyal, bilas dengan air dingin agar tekstur opak terjaga kekenyalannya.


2. Tumis Bumbu Kecil-kecil

Aroma khas seblak berasal dari kencur. Jadi, telah pasti sekiranya bumbu halusnya terdiri berpunca kencur, cabai rawit, bawang putih, dan bawang sirah. Tumis bumbu tersebut dengan api boncel hingga harum. Kemudian, koreksi rasanya dengan adendum garam serta gula.

Coba Resep:
Resep Seblak Basah


3. Masukan Opak dan Telur

Selepas tercium raksi harum bersumber bumbu halus, segera masukan telur. Aduk hingga bumbu merata. Kemudian, akuisisi opak yang sudah direbus lambat-laun sedikit. Tujuannya kiranya kemplang tidak saling menempel. Opak nan rapat akan keras dan nantinya tidak terbumbui dengan baik.

Tambahkan abnormal air dalam bajan. Kemudian, biarkan hingga agak menyusut. Koreksi pula rasa seblak setelah air silam invalid.


4. Tambahkan Topping

Mudahmudahan seblak kamu lebih bergizi, tambahkan topping bukan seperti bakso, ayam suwir dan sosis. Boleh lagi tambahkan sawi atau bok choy bak Semakin banyak topping, warna seblak opak akan semakin cantik karena kian bervariasi.


5. Sajikan dengan Garnish

Cukup beri garnish yang keteter sreg seblak. Misalnya bawang goreng ataupun potongan seledri. Garnish yang terlalu banyak boleh menutupi kesederhanaan seblak.

Saat ini, anda tidak perlu pun beli seblak. Selain murah, keamanan dan kualitas bahannya kembali lebih terjamin. Anda pula bisa tambahkan berbagai topping sesuai selera. Selamat merasakan skandal pedas!



Atsarina Luthfiyyah (Senior Penyunting)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Manajemen Boga dan Jurnalistik. Hobi batik, traveling dan memasak. S2 Perhimpunan Gadjah Mada Aji-aji Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Source: https://resepkoki.id/cara-membuat-seblak-opak-elod/