Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Dinas Pemberdayaan Publik dan Desa Kabupaten Mukomuko, Area Bengkulu, akan mengajarkan penggurus dan anggota organisasi Dharma Wanita di daerah ini tentang cara membuat sabun basuh piring.

“Kami akan mempraktekkan langsung cara pembuatan sabun cair piring kepada penggurus dan anggota Dharma Wanita, Peparu (5/12), detik acara pertemuan rutin penggurus dan anggota Dharma Wanita di daerah ini,” lema Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Saroni di Mukomuko, Selasa.

Ia menyebutkan, selingkung 50 makhluk penggurus dan anggota organisasi Dharma Wanita di daerah ini yang akan menirukan kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan sejenis ini merupakan episode dari kegiatan teknologi kesangkilan di kantor ini. Kegiatan ini berujud bagi mendukung meringankan pengeluaran keluarga di area ini.

Karena dengan modal yang relatif kurang kerjakan membeli bahan baku kerjakan membuat sabun cuci piring ini, keluarga di daerah ini dapat menghasilkan sabun cuci ini privat kuantitas yang besar.

Ia menamakan, dengan modal sebesar Rp80 ribu cak bagi membeli berbagai korban baku seperti mana salah satunya bahan kimia di Apotek, bisa buat membuat sebanyak 20 liter sabun cuci cuci piring.

“Bahan absah buat membuat sabun piring ini tidak ada di kawasan ini. Kami memasan bahan bakunya di Medan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, bahan kerjakan mewujudkan sabun cair cuci piring ini, yakni sebanyak 15 liter air bersih, serbuk Sodium Lauril Sulfate, garam khusus, Texapon berbentuk gel, cat dan pewangi.

Sedangkan peralatan yang disiapkan, yaitu ember, pengaduk, gayung, corong, jerigen dan saringan.

Kamu mengklarifikasi, cara pembuatannya, masukkan air ke dalam timba dengan total sesuai keinginan, lakukan satu pak bisa digunakan air sebanyak 15 liter agar tidak terlalu encer, kemudian  masukkan Sodium Lauril Sulfate dan aduk sekali lagi sampai padatannya larut.

Lalu Masukkan garam abnormal demi kurang spontan diaduk. Hadiah garam dilakukan sebatas adonan terasa mengental dan sesuai dengan kemauan.Masukkan Texapon dan aduk dengan menggunakan kayu sampai padatan gel tersebut sagu belanda dengan merata.

Kemudian masukkan pencelup dan odoran, sangat aduk hingga tercampur merata. Selanjutnya diamkan selama 24 jam dalam ruangan terlayang, setelah itu adonan akan n kepunyaan tekstur sama dengan Sunlight.