Cara Membuat Origami Jari Tangan


Unduh PDF


Unduh PDF

Origami, seni melipat kertas khas Jepang tidak hanya pretensius, saja lagi menantang. Bagaimana mandu menyulap selembar jeluang menjadi pelir yang rupawan? Awali dengan mempelajari pendirian mencerna tanda baca-simbol n domestik tabel origami, kemudian latih sejumlah teknik menyulap yang minimal awam. Saat Anda siap menciptakan hasta karya sendiri, memilah-milah konseptual dengan teknik-teknik dasar yang populer dan mudah bagi para pemula. Siap, bersedia, bekuk! Jadilah pandai origami! Ikuti pula

Origami Bootcamp
dari wikiHow
!

  1. 1

    Buat rencana hati

    sebagai lengan bawah karya yang emosional.

    Bentuk hati sederhana bisa menjadi hiasan Hari Valentine yang rupawan atau tiket ucapan untuk orang terkasih. Tulang beragangan ini membutuhkan teknik-teknik menyihir yang sederhana sehingga sepakat bagi para pemula. Selain itu, Anda lagi boleh mempelajari cara membuat piramida dasar ketika membuat buram lever.

    • Hias hasta karya Anda dengan spidol, abuk kilau, atau stiker setelah radu jika Dia ingin menggunakannya pada kartu ucapan Valentine atau kartu-kartu lainnya.
    • Buat bentuk naluri kerumahtanggaan total nan banyak, kemudian gantungkan pada seutas tali bakal dipasangkan seumpama untaian dekorasi menggemaskan di rumah.
    • Jika Dia ialah seorang pemula, gunakan kertas origami nan lebih tipis dan mudah dilipat.
    • Memperbedakan daluang aluminium (metalik) alias jeluang kado seandainya Anda ingin menciptakan menjadikan lengan bawah karya nan lebih glamor atau menjebloskan.
    • Untuk rang yang bertambah kokoh, gunakan plano dus yang lebih tebal.
    • Berinovasilah saat memikirkan material nan akan digunakan. Sebagai arketipe, Anda boleh menggunakan lap makan bersantap, kertas tisu, atau bahkan jeluang koran sebagai tantangan menarik.
  2. 2

    Buat kertas pengawas (fortune teller) perumpamaan permainan menghela buat dimainkan bersama teman-teman.
    Awali dengan melipat kertas menjadi dua babak (pada kedua sisi). Setelah itu, bekuk keempat sudut ke sisi paruh. Balikkan dan bekuk juga semua sudut ke arah tengah.

    • Tulis delapan tanzil di interior setiap sudut. Bentang sudut-sudut nan tampak seperti mana segitiga sama kaki di salah satu arah jeluang. Setiap sudut mempunyai dua ramalan.
    • Pada sisi dengan ki perspektif-tesmak nan terpandang seperti persegi-persegi kecil, tulis empat hal berbeda dari kategori yang sama. Sebagai contoh, jika Dia menggunakan kategori warna, tulis “merah”, “biru”, “bau kencur”, dan “kuning”. Kamu sekali lagi boleh menggunakan kategori enggak sebagai halnya fauna, musim, jenis sepatu, dan semacamnya.
    • Lakukan menunggangi kertas peramal, jepit bagian bawah tekap-tekap sudut dengan telunjuk dan ibu jari. Momen Anda membuka dan menutup tangan, kertas peramal pun akan ikut terbuka dan tertutup.
  3. 3

    Pelajari cara membuat bom air klasik dengan
    mewujudkan balon origami.

    Bagan dasar ini digunakan internal beragam desain origami tingkat menengah dan lanjutan. Maka dari itu karena itu, bentuk ini merupakan sortiran nan tepat bagi dikuasai. Sehabis membuat rancangan pangkal, lipat bentuk beberapa kali sekali lagi dan tiup balon semoga bentuknya makin tampak jelas.

    • Kamu juga dapat mengisi balon tersebut dengan air.
    • Untuk takhlik buram bawah persinggahan air, lipat selembar jeluang berbentuk persegi secara melintang pada kedua sisi (Ia harus membuka terlebih silam obrasan mula-mula sebelum mewujudkan kelipat baru sreg sisi yang bukan). Tempelkan kedua sudut yang berlawanan (secara diagonal) sebatas kertas membentuk segitiga.
    • Jika kertas tidak bisa mempertahankan bentuknya dengan mudah, Beliau mungkin terlazim merapatkan tisikan-obrasan yang mutakadim dibuat.
  4. 4

    Buat pesawat kusut origami

    laksana mainan penghilang rasa bosan.

    Kenali versi kapal udara origami yang lebih rumpil dan keren! Buat bentuk kapal udara biasa, atau tambahkan jet atau layang gantung.

    • Setelah takhlik pesawat bimbang, inilah saatnya menerbangkannya! Lemparkan atau dorong pesawat terbang ke udara seperti momen Dia lontar bola, kemudian amati pesawat momen terbang di udara.
    • Adakan kontes pesawat terbang origami dengan teman-teman. Cari tahu kali yang bisa membentuk pesawat nan dapat terbang paling jauh.
  5. 5

    Bakal gambar medalion

    jika Anda ingin menciptakan dekorasi yang unik.

    Salah satu bentuk yang paling umum bakal para pemula, bintang tampak makin susah bagi dibuat tinimbang nan sepatutnya ada. Gunting daluang menjadi dua adegan, kemudian lipat kedua potongan tersebut secara terpisah sebelum Anda merekatkannya bagi mewujudkan bintang.

    • Pasang bintang origami Anda pada tongkat dan tempatkan di luar ruangan (mis. taman), kemudian lihat bintang tersebut berputar saat tertiup angin seperti kincir.
    • Anda juga bisa menunggangi bentuk bintang sebagai
      topper
      hadiah yang besar-besaran.
  1. 1

    Rang kertas menjadi bunga lili

    jika Anda kepingin membuat buket cantik yang lestari.

    Jika Sira senang dengan bentuk atau tampilan bunga ceria, tetapi monyos dengan ketahanannya, kerjakan bunga dari kertas. Lili merupakan riuk satu bentuk origami paling umum yang membutuhkan beberapa keliman terik sehingga pastikan Dia sudah lalu merasa nyaman dan memintasi teknik-teknik melipat asal malah adv amat.

    • Sira bisa memasang anakan lili yang sudah lalu dibuat pada sikat pembersih pipa atau sesapan (pipe cleaner), maupun menambahkan daun dari kertas seharusnya tampak makin realistis.
    • Gabungkan beberapa tangkai lili seumpama riasan meja yang rupawan atau bahkan buket akad nikah.
  2. 2

    Berlatihlah membuat bunga teratai

    untuk menciptakan riasan anakan idiosinkratis Jepang.

    Terserah beragam spesies rente origami yang Sira bisa buat, tetapi bunga lotus atau teratai merupakan salah suatu sortiran yang populer di Jepang. Setiap bunga membutuhkan rangkaian lipatan
    blintz.

    • Padu padankan kertas dengan beragam rona lakukan mendapatkan sekuritas yang cantik.
    • Anda bisa menghias bunga dengan serbuk kilau alias cat setelah makara bak paesan tambahan.
    • Selepas menguasai satu bentuk, coba variasi atau bentuk lain yang lebih selit belit. Kemampuan Beliau tak akan berkembang jika Anda tidak mau mendorong diri.
    • Origami membutuhkan banyak latihan. Biasakan diri untuk melatih keahlian ini saban hari dan berlatihlah sejauh paling 10 menit saban hari.
  3. 3

    Buat katak loncat

    jika Anda ingin membentuk hasta karya yang dapat dimainkan.

    Keceriaan tidak akan berhenti sesudah Anda selesai membentuk bangkong. Kalau Anda melipat tubuhnya dengan baik, katak bahkan bisa nocat ke awan!

    • Agar kangkung bisa melompat, tempatkan alas kata di atas permukaan datar dan tekan bagian birit tubuhnya. Campakkan dengan cepat dan lihatlah katak tersebut meloncat.
    • Aktivitas ini cocok bagi anak-anak yang masih mungil karena mereka akan demen memainkan hasta karya yang mutakadim mereka untuk.
  4. 4

    Buat
    bangau
    seumpama kreasi origami yang elegan.

    Burung bangau dan belibis yang dibuat dari kertas terbantah anggun dan cantik. Dengan pola lipatan ancala dan tong, angsa jeluang cocok lakukan para pemula. Semata-mata, burung bangau plano membutuhkan teknik nan sedikit lebih rumit.

    • Anda dapat mengikhlaskan hasil karya yang dibuat tetap pecak. Namun, takdirnya Ia ingin menciptakan hasta karya yang lebih bervolume (tiga dimensi), layak tarik penggalan kepala dan ekor hewan lebih jauh secara hati-lever.
    • Anda juga bisa meniupkan air melintasi penggalan bawah tubuh bangau atau angsa kerjakan mengisinya dengan angin.
    • Pasang karya-karya yang sudah lalu dibuat pada seutas tali untuk membuat untaian alias paesan dinding yang cantik.
  5. 5

    Coba buat nama origami

    takdirnya Engkau sudah nyaman atau mahir membuat bentuk penis.

    Bagi membuat ular besar, Anda teradat menggunakan rencana dasar yang didapatkan saat membuat bentuk penis. Selepas membuat tubuh seperti badan burung, bekuk beberapa adegan kertas bagi menciptakan ekor, sayap, dan kepala.

    • Berkreasilah dengan naga buatan Engkau! Buat sungu, tambahkan duri maupun sisik pada ekornya, atau hias sayapnya dengan kelipat-lipatan kecil.
    • Ada versi yang lebih keteter bagi pola atau bentuk ular besar jika Kamu ialah seorang pemula.
  1. 1

    Cari simbol yang menunjukkan sisi daluang nan menghadap ke atas.
    Kertas origami “tradisional” punya warna pada salah satu sisinya dan kosong (putih) di sisi yang lain. Gambar pertama plong grafik menampilkan simbol yang menunjukkan sisi yang memfokus ke atas. Sebagai contoh, jikalau Anda terlazim mengawali dengan sisi nol yang merentang ke atas, Anda dapat mematamatai gambar selembar kertas persegi bercat putih dengan sudut berwarna nan terlipat ke arah atas.
    [1]

    • Simbol umum lainnya adalah lingkaran dengan setengah bagian atas nan berwarna bukan, dan setengah adegan bawahnya bercat putih. Huruf angka ini menunjukkan bahwa arah kertas yang bercelup harus menghadap ke atas.
    • Awali dengan sisi nan tepat mudahmudahan hasil akhir invensi lain memiliki warna murni, alih-alih berwarna tidak.
  2. 2

    Tentukan diversifikasi lipatan yang dibuat berdasarkan abstrak garis (solid ataupun putus-putus).
    Ia bisa melihat plural jenis garis pada tabulasi origami. Jika garis punya korespondensi setrip dan titik, lipat plano n domestik transendental “gunung”. Jika garis hanya terasuh bermula titik-titik, bekuk kertas dalam kamil “leger”.[2]

    • Garis harfiah menandakan garis lipatan yang terbentuk dari tisikan sebelumnya.
  3. 3

    Ikuti sinar cak bagi mengetahui arah melipat kertas.
    Selain kirana kanan dan kiri biasa, tabulasi juga menyorongkan sorot-panah yang lebih kompleks untuk memandu proses pelipatan. Andai model, panah dengan garis yang mengarah ke kanan, kemudian pun ke kiri menunjukkan bahwa Anda teradat melipat daluang ke arah kanan, kemudian kuak pun lipatan tersebut.
    [3]

    • Kurat buat arketipe “lipat dan beber” juga terkadang tampak sebagaimana garis dengan ain cerah di kedua ujungnya. Lipat jeluang mengimak sisi panah biasa, kemudian beber ke jihat panah yang “nol” (tidak berwarna solid).
    • Anda lagi boleh jadi mengaram garis membusar (hampir membentuk limbung) dengan ujung yang menjurus ke titik semula garis. Garis ini merepresentasi arketipe lipatan “gunung”.
  4. 4

    Cari panah khusus yang menyimbolkan pemutaran ataupun pembalikan kertas.
    Jika Ia melihat panah yang berputar dan melalui garisnya koteng, Beliau perlu membalikkan jeluang ke sebelah nan enggak. Sorot nan membentuk lingkaran menandakan bahwa Anda harus memutar kertas beberapa derajat atau kali.[4]

    • Jika Dia diminta mengaduk kertas sejauh derajat tertentu (mis. 45 atau 90 derajat), angka nan menunjukkan derajat akan ditampilkan di dalam panah bulat.
    • Adakalanya, Anda dapat meluluk pecahan di interior panah, dan bukan derajat. Misal contoh, seandainya Anda melihat pecahan “1/4”, Engkau terbiasa mengadon kertas seperempat babak.
  5. 5

    Ulangi langkah-langkah tersendiri ketika Engkau melihat panah dengan garis di atasnya.
    Sejumlah kurat dilewati garis tegak mungil di ujung garis nan berlawanan dengan kilat. Kuantitas garis plong panah menunjukkan banyaknya pengulangan yang teristiadat dilakukan.[5]

    • Sebagai contoh, jika terdapat satu garis puas kurat, Anda perlu mengulangi langkah pada salah satu sisi alias lipatan. Jika terdapat dua garis, ulangi langkah pada dua sisi atau lipatan enggak, dan selanjutnya.

  • Jika Dia kesulitan memahami instruksi terjadwal pada diagram, ikuti video latihan daring yang akan memandu Anda melewati setiap langkah.
  • Bergabunglah dengan klub origami agar Dia bisa belajar berusul para anggota enggak. Dapatkan pemberitaan bermula kiat komunitas/masyarakat terdekat, kampus, ataupun toko kerajinan tangan terkait grup atau klub origami nan Dia bisa ikuti.

Adapun wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 297.037 kali.

Apakah kata sandang ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Membuat-Origami