Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas Karton

Liputan6.com, Jakarta –
Cara membentuk jentera angin berbunga daluang sangat mudah dipraktikkan. Kincir angin cocok dijadikan bak mainan momongan-momongan atau hiasan interior kondominium yang lucu dan istimewa. Bagaimana mandu membuatnya?

Ada tiga cara membuat kilang angin berbunga plano yang bisa dicoba. Start berasal cara mewujudkan kincir angin bersumber jeluang origami, bersumber kertas kubus yang tak terlalu baplang, dan dari jeluang kubus nan makin tebal terbit kertas origami.

Cara membuat kincir angin terbit kertas hanya membutuhkan perangkat dan bahan berupa kertas, lem, karet, pensil, potong sate atau bilah bambu, pencucuk pentul, paku jamur, gunting, dan pencelup. Tertarik menyedang kaidah membuat kilang angin dari daluang?

Berikut Liputan6.com ira kian mendalam mengenai cara takhlik kincir angin dari kertas origami, daluang kardus, dan jeluang karton, Selasa (15/11/2022).


**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari simultan meringankan penderitaan saudara-uri kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.Lengkung langit Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan intern kerangka sembako, layanan kesegaran, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Kaidah Membentuk Jentera Angin dari Kertas Origami

Alat dan alamat kaidah membuat kincir angin dari plano origami:

– Kertas origami format 16×16 cm

– Kawat kecil

– Mutiara bikinan

– Tusuk sate/batang bambu

– Karet bilang-bilang

– Lem daluang

Cara mewujudkan kilang angin dari kertas origami:

1. Mulailah kaidah membuat jentera angin dari kertas origami dengan menyela kawat kira-kira 6 cm. Gunakan cucuk sate atau sembilah bambu bikin tiang kincir angin.

2. Tarik garis diagonal pada keempat kacamata kertas. Gunakan penggaris dan potlot untuk membuat garis. Pendirian membuat kincir angin dari kertas origami adalah buat jarak 8 cm.

3. Tarik lagi garis sampai menciptakan menjadikan persimpangan. Tandai tengahnya sebagai titik pusat. Setelah itu, gunting plong keempat garis diagonal yang sudah diberi jarak 8 cm. Kini,

4. Cara membuat kincir angin dari daluang origami, pertemukan ujung guntingan pecah sudut ke ki perspektif persegi. Tekuk ujung-ujung guntingan itu ke arah tengah-paruh persegi dengan kaidah ditumpuk.

5. Beri lem dan lekatkan. Kemudian, prinsip membuat rahat kilangangin kincir dari kertas origami adalah tikam kertas berbentuk dok bikin menyelimuti ujung-ujung jeluang agar tempelan kuat dan tidak mudah lepas.

6. Tempelkan potongan jeluang berbentuk lingkaran pada tengah-paruh timbunan ujung kertas nan baru dilem. Lanjutkan cara membuat kincir angin bermula kertas origami, dengan mengegolkan kawat puas mutiara imitasi dan tekuk kawatnya seharusnya menganyam.

7. Mutiara sintetis digunakan umpama pengaman dan pewatas agar ketika berputar, kincir angin tak lepas. Setelah itu lubangi tengah-tengah jeluang halangan menembus titik pusat yang suka-suka di bawah dengan menggunakan jarum.

8. Bagian penutup bersumber cara mewujudkan penggilingan kilangangin kincir dari kertas origami, masukkan dawai menembus gorong-gorong pada bintik ki akal yang cak semau di bawah. Pasangkan kincir angin pada tusuk sempol ataupun tiang papan. Ikat benang tembaga menggunakan reja gelang atau pengikat nan makin kuat.

Cara Takhlik Kincir Angin berbunga Jeluang Kardus

Radas dan bulan-bulanan cara menciptakan menjadikan penggilingan angin berpokok jeluang kardus:

– Kertas dus berwarna yang lain terlalu tebal

– Penggaris

– Potlot alias pulpen

– Pewarna kerjakan daluang begitu juga spidol, krayon, alias cat

– Lem plano

– Jarum pentul

– Tongkat kayu kecil

Kaidah menciptakan menjadikan kincir angin dari plano karton:

1. Mulailah cara membuat kincir kilangangin kincir dari daluang kardus, dengan mewujudkan model persegi yang punya ukuran 17.5 x 17.5 cm dengan menggunakan belebas di sebuah kertas yang kosong.

2. Garis jeluang kardus menunggangi pensil, suntuk gunting kertas mengikuti garis sesuai pola yang telah dibuat. Gambar catur persegi pada kertas yang sudah dipotong ukurannya menjadi 17.5 x 17.5 cm.

3. Gunakan belebas bagi menjatah wilayah kertas dengan kewedanan yang tepat. Cara membuat kincir kilangangin kincir berbunga daluang karton, fragmen tengah kertas harus berada pata noktah 8,75 cm.

4. Gunakan pensil kerjakan takhlik garis bekuk, tujuannya agar bukan meninggalkan lepasan karangan nan susah lakukan dihapus.

5. Cara membuat penggilingan kilangangin kincir dari kertas karton, warnai keempat satah yang mutakadim dibagi dengan cat, alias memperalat kertas warna tak dengan menempelkan kertas corak tersebut dengan menggunakan lem.

6. Usahan keempat latar menggunakan warna nan berbeda. Selain kertas warna, bisa menggunakan lapisan alumunium, sehingga rahat angin berkilau ketika terkena pancaran sinar.

7. Tunggu jeluang nan diwarnai mengering cermin, tujuannya agar saat dilipat jeluang tidak mudah robek.

8. Seandainya jeluang nan diberi warna telah selesai, cara membuat kincir angin dari kertas karton merupakan mulai membentuk garis diagonal dari setiap tesmak kertas menuju puas bagian tengah.

9. Buatlah garis secara mirip antar tesmak jeluang dengan melangkaui bagian tengah, sampai hingga ke sudut yang berlawanan.

10. Buatlah gambar garis di setiap sudut kertas menyentuh jarak 3 cm dari tutul tengah. Ulangi proses ini pada setiap sudut yang ada, sehingga pada kertas terdapat 4 garis yang terpusat pada titik tengah.

11. Gunting daluang mengikuti garis nan mutakadim dibuat, jangan mengguntingnya terlalu tingkatan. Sisakan jarak sekitar 3 cm mulai sejak titik perdua.

12. Setelah itu, cara membuat kincir kilangangin kincir dari kertas kardus adalah berikan label di setiap garis misalnya, A, B, C, dan D. Setiap potongan segitiga memiliki satu huruf bak tanda.

13. Tambahkan kusen bagi kincir angin.

14. Pasca- itu, cara mewujudkan kincir kilangangin kincir berasal kertas kardus adalah bekuk kertas pada sebelah yang sudah diberi tanda A, B, C, dan D tadi ke tengah persegi.

15. Gunakan jemari bakal menahan lipatan, setelah itu masukkan jarum pentul tepat di pusat lipatan A, B, C, dan D semuanya bertumpuk menjadi suatu.

16. Kemudian, pasang sebuah manik kecil pada ujung jarum yang ekstrem.

17. Letakkan kincir yang sudah jadi, lalu cara membentuk kincir angin dari kertas kardus adalah ambil papan kayu kecil yang mutakadim disiapkan.

18. Basahi kayu dengan menggunakan air, lewat tekan jarum pada tiang tadi sebatas menancap. Pastikan jarum menancap pada kayu dengan kuat.

Mandu Membuat Rahat Angin pecah Kertas Kardus

Alat dan alamat cara takhlik penggilingan angin dari kertas karton:

– Kertas karton ukuran 15 cm × 15 cm

– Batang kayu kecil nan panjangnya 25 cm

– Gunting

– Pensil

– Paku payung alias penyemat pentul

– Penggaris

Cara takhlik kilang angin semenjak daluang karton:

1. Mulailah cara mewujudkan kincir angin bersumber kertas dus, dengan membuat pola pada kertas karton pakai potlot, membentuk dua garis memalang.

2. Pada episode tengah yang menjadi tiitk temu kedua garis cabang tersebut, cara takhlik kincir angin dari kertas karton adalah buat lubang kecil.

3. Bacok kertas sesuai dengan garis silang yang telah dibuat dengan gunting. Pancung sampai setengahnya atau berorientasi sumbu inden.

4. Tekuk bagian yang sudah digunting menuju sebelah poros, lalu kaidah takhlik kilang angin terbit kertas dus mulai tusuk dengan paku jamur atau pencucuk pentul pada bagian porosnya.

5. Sekiranya paku payung sudah menusuk kardus, selesaikan cara menciptakan menjadikan kincir angin dari plano karton dengan menusukkan pakis payung atau jarum pentul tersebut pada sebatang papan.


* Fakta ataupun Hoaks? Lakukan mengerti kebenaran pengumuman yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 sekadar dengan ketik kata muslihat nan diinginkan.

Source: https://hot.liputan6.com/read/5126001/cara-membuat-kincir-angin-dari-kertas-origami-kardus-dan-karton-bisa-berputar