Cara Membuat Kemasan Dari Kardus

Ungkapan don’t jugde the book by it’s cover bisa makara sudah usang. Akan sekadar, kita juga tak bisa memungkiri peristiwa ini. Detik karunia setakat di tangan, yang dilihat – bikin kemudian dinilai – mula-mula kali adalah kotak kemasannya.

Bagi itu, kemasan menjadi anasir terdahulu yang tak luput dari desain. Semakin menarik penampakannya, visual semakin dimanjakan. Lever pun akan semakin riang, bukan? Bahkan, tokoh ternama Steve Jobs pernah berujar, “Packaging can be theatre, it can create a story.” Dari tasik, bisa dimaknai bahwa kotak pak bukan sekadar berfungsi bagaikan pembungkus cuma. Lebih dari itu, pula boleh menjadi panggung untuk menyampaikan intensi serta “berkisah” dengan sendirinya.

Di kontemporer, desain boks kemasan sangat berjenis-jenis. Warna dan motifhya tak kalah banyaknya. Bentuknya bukan hanya kotak terbelakang, melainkan mengajuk keinginan dan kemampuan sang pembentuk. Desain kotak bungkusan kini mungkin terkirakan. Sebagaimana kreativitas nan tak terbatas, semua desain bisa diwujudkan. Meskipun pada akhirnya, eksekusinya bergantung pada fungsi yang diinginkan.

Dari fungsi itulah, desain cangkang mulai bisa diejawantahkan. Misalnya untuk menurunkan sebuah ataupun sejumlah benda agar tidak rusak hingga elemen dekorasi. Enggak langka, keduanya dapat disatukan. Dengan kemasan nan menarik, juga bisa meningkatkan kiat jual komoditas alias isi yang ada di dalamnya.

Kini semakin banyak basyar yang mencari kotak dan bungkusan nan dibuat khusus secara custom dengan berbagai maksud. Dengan begitu, kesan personal lebih boleh didapat. Kesan personal tersebut juga semakin dikuatkan dengan pengerjaan secara handmade. Saat kotak nan dirniliki tak bisa didapatkan di tempat tidak, karuan cak semau nilai lebih yang berbeda, apalagi dengan desain yang pun custom sesuai dengan keinginan.

Terbit segi tulangtulangan, bukan hanya kotak nan sedang digandrungi. Ada desain nan menyerupai buku, berbentuk seperti bola, oval, hingga rangka lain yang sesuai dengan benda ataupun budi yang diinginkan. Misalnya, sampul berbentuk puri, flat burung, kar harta karun, dan buku. Biasanya, bentuk-bentuk tersebut lekat dengan cerita yang kepingin disampaikan. Suka-suka pula cerita nan disampaikan melalui media gambar, tulisan, serta stempel. Baik bentuk maupun tulisan, tren yang terjadi merupakan goresan yang dibuat menunggangi tangan, bukan merupakan template. Tipografi huruf yang dipilih pun biasanya kasatmata hand lettering. Yang terpenting, konsumen harus luang terlebih lalu kotak itu akan diisi oleh apa, plonco kemudian tulang beragangan dan desain menyetimbangkan konsepnya.

Terbit segi dandan, beragam sesuai permintaan dan kebutuhan. Jikalau diperuntukkan bakal anak-anak, lazimnya dandan yang dipilih sangat play-full dengan desain tokoh kepribadian yang medium digandrungi. Untuk kalangan dewasa, corak monokrom biasanya lebih banyak dipilih. Palet warna solid sebagai halnya hitam, hijau lanjut usia, emas, merah, dan spektakuler seringkali menjadi pilihan.

Mengenai material, sosok biasanya memilih kertas karena terlihat lebih simpel. Harganya pun makin terjangkau. Sementara itu, untuk bentuk boks dan pak, dipilih beberapa jenis seperti karton boards 3 mm dan kardus lipat, sesuai kebutuhan. Agar lebih tahan lama, material kertas tersebut umumnya dilaminasi. Cara itu ditempuh untuk menghindari debu, rabuk, dan keringat. Aneka jenis lain seperti magnet, rahasia, tali tap, bahan daur ulang, renda, dan kain boleh digunakan untuk memajukan aksen berbeda.

Kerjakan menciptakan menjadikan peti bungkusan, sebenarnya tidak sulit. Sangat menyiapkan alat dan mangsa, lalu mengkreasikannya dengan ide yang ada, jadilah kotak kemasan berdesain sesuai keinginan. Sambil – pasti belaka – membutuhkan niat, presisi, dan kesabaran.

Pada kesempatan kali ini, kita akan coba menciptakan menjadikan peti paket dengan desain sederhana. Desain tersebut dipilih karena tergolong sumber akar serta bisa simultan diaplikasikan makanya pemula.

Perangkat dan bahan yang dibutuhkan ialah cutter, gunting, jidar, selotip kertas, karton board 3 mm, fancy paper, air jeruk buat lem, lem papan, wana, kain bekas, dan bone folder (perangkat melipat kertas).

Bagi tahap lanjut, dapat memintal jenis kertas atau material bukan yang diinginkan sesuai kebutuhan atau desain lain dengan detail yang lebih langka.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Rebut dus board 3 mm, kemudian ukur dan gunting menjadi kamil berukuran yang diinginkan. Plong adegan yang akan dilipat, terlebih dahulu dibuat bentuk separuh buntung menggunakan cutter. Proses itu tergolong sulit karena membutuhkan ketelitian mengenai ukuran yang akurasi.

  • Oleskan lem gawang ke seluruh permukaan karton bagian dalam. Pengolesan lem menggunakan kuas kian direkomendasikan kiranya bertambah merata.

  • Lapisi episode internal karton dengan daluang yang dipilih dan rapikan. Bakal menghindari lem nan menggumpal saat dilapisi plano, dapat menggunakan perca atau bone folder selepas dilapisi kertas. Sisihkan kertas yang tidak digunakan untuk saduran.

  • Tekuk karton mengikuti pola dan rekatkan dengan menggunakan selotip jeluang di episode asing.

  • Oleskan lem kayu ke seluruh permukaan kardus putaran asing, lalu lapisi dengan kertas dan rapikan.

  • Tulang beragangan dasar boks telah selesai.

Lebih jauh, pembuatan boks custom bisa dilanjutkan dengan membuat tutup kotak melalui proses yang sama. Bikin takhlik lembaga tutup kotak, biasanya dimensi yang digunakan lebih 6 mm dari ukuran dasar peti, sekiranya menggunakan karton board 3 mm. Jikalau cak hendak material berbeda sebagai halnya mika ataupun memperalat aksen tertentu sama dengan benda daur ulang, pita, dan cemping, bisa dikreasikan sesuai imajinasi. So, selamat berkreasi!

Maman Malmsteen

Author : Maman Malmsteen

Aktif menulis sejak tahun 1986 di sarana massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak musim 2010. Masa ini aktif sebagai Content Writer kerjakan beberapa Blog/Website.

Source: https://www.mamansoleman.net/2016/11/6-langkah-mudah-membuat-kotak-kemasan.html