Cara Membedakan Bibit Pepaya Jantan Dan Betina

Cara Memilih Bibit Pepaya California Yang Bagus
gudi. pribadi ppl ancala terang

Meskipun harganya mahal, semata-mata kates california atau keliki calina masih banyak digemari makanya umum, enggak kalah dengan budidaya pepaya jingga .

Bentuknya lonjong dengan berat galibnya 1,5 – 2,5 kg. Dengan format yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan pepaya lainnya, harga masing-masing kg dari pepaya california ini dapat mencapai Rp. 8.000,-.

Namun nada-nadanya harga tersebut tidak dianggap sebagai penurun kunci tarik dari pepaya ini. Budidayanya kian rembet dan tak alang kepalang produksinya meningkat setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, pembajak Ardi Terang telah memahami bahwa pemilihan konsentrat kates california merupakan salah satu daya penting.

Pendirian Memilih Pati Pepaya California yang Bagus

Kita boleh mendapatkan bibit pepaya california melalui tiga cara, merupakan dari resep buahnya, membeli secara langsung di toko pertanian, serta membeli via toko online. Kami akan memberikan tips jitu kerjakan ketiga cara tersebut.

  • Mendapatkan sari dari buahnya

Sekiranya bermaksud untuk mendapatkan bibit keliki california secara sekaligus pecah buahnya, maka pilihlah benih atau bibit dari biji zakar yang telah matang abstrak di pohonnya.

Membeda-bedakan biji pada bagian tengah buah, atau 1/3 bagian pepayanya sekadar. Untuk memastikannya, Anda dapat rajang pepaya california menjadi 3 bagian. Nah, episode tengah itulah nan bisa Anda rampas bijinya lakukan pembibitan.a.

  • Membeli bibit di toko pertanaman

Seandainya tidak punya tumbuhan pepaya indukan berkualitas yang poin buahnya boleh dijadikan konsentrat, maka menjauhi saja ke toko-toko pertanian untuk mendapatkan esensi pepaya california yang dijual dalam kelongsong.

Nan terbiasa diperhatikan detik akan membeli pati berpokok toko perladangan adalah, pastikan bahwa sari tersebut tak kadarluarsa dan merupakan konsentrat pepaya unggulan. Disamping itu, cari bibit pepaya california nan sudah punya pertinggal sehingga terjamin kualitasnya.

  • Membeli ekstrak di toko online

Sama halnya dengan membeli bibit di toko pertanian secara langsung, saat akan mengamalkan transaksi pembelian, pastikan bahwa sari tersebut enggak kadarluarsa serta bersertifikat.

Belilah bibit pepaya california di toko online nan sudah terpercaya sehingga dapat terhindar semenjak penyemuan dan apa yang kita dapatkan sesuai dengan apa nan diharapkan.

Sememangnya keliki california bukanlah kates import atau yang berasal mulai sejak asing negeri begitu juga namanya. Pepaya ini yaitu kates lokal yang diberi nama dengan embel-embel daerah tingkat di luar negeri moga menganjur minat mahajana.

Dalam situasi rasa, pepaya california kembali memiliki rasa yang sama seperti pepaya jenis lainnya. Sahaja memang pemberian etiket atau brand merupakan sebuah teknik marketing yang berharga untuk dipertimbangkan.

Apa saja fakta menarik mengenai pepaya california ini?

Fakta Menghirup Tentang Pepaya California

  1. Kates california ini adalah hasil temuan berbunga Sarjana Insdonesia, yakni Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS dari Perhimpunan Perkebunan Bogor.
  2. Tanda awal yang diberikan lakukan spesies pepaya unggulan ini adalah keliki IPB9 alias calina yang kemudian diberi nama enggak pepaya california buat maksud komersil belaka.
  3. Metode tersebut berhasil, dan kian menyanggang nama pepaya california sebagai biji zakar faforit masyarakat Indonesia. Biarpun harga belinya relatif mahal, tetapi tidak meletakkan minat para pembeli.
  4. Jenama dari pepaya california ini ialah dagingnya nan bertambah renyah dibanding dengan keliki jenis lainnya. Buahnya tidak lempem meskipun telah masak teoretis.

Dalam budidaya berskala besar , pepaya california dibagi menjadi dua yaitu betik california lebah ratulebah dan keliki california sempurna. Bagi kita orang awam, mungkin tidak mengetahui perbedaaanya, karena berpokok segi rasa dan tekstur sepadan belaka.

Yang membebaskan hanyalah bentuk buahnya. Jika pepaya california betina memiliki tampilan nan tekor membulat, pepaya california pola bentuknya lebih memanjang

Namun perbedaan ini karuan penting cak bagi para pembudidaya betik california. Sebab harga jual dipasar antara keduanya jelas berbeda. Pepaya california cermin dilabeli dengan harga nan lebih mahal dibanding dengan betik california lebah ratulebah.

Bahkan dapat dikatakan bahwa tikai harga antara keduanya dapat mengaras dua boleh jadi lipat. Maka para petani juga pasti akan mengasongkan bakal mendapatkan hasil panen riil pepaya california sempurna.

Lakukan itulah sangat dibutuhkan kejelian n domestik prinsip memilih bibit pepaya california nan bagus. Kami mensyurkan pada Ia untuk mendapatkan semen kates california tersebut secara langsung terbit para pembudidaya yang sudah lalu sukses.

Kualitas benihnya sudah terjamin, Kita lagi bisa mengawasi secara langsung indukannya sehingga bukan perlu berpendar akan varietas keliki nan hendak ditanam. Tetapi jika terdesak membeli bibit di toko pertanian maupun online, maka pastikan bahwa masa produksinya tidak makin semenjak 5 wulan.

Bibit yang sudah kadarluarsa akan membendung pertumbuhan jauhar nantinya, disamping itu, buah yang dihasilkan belum tentu baik kualitasnya.

Seandainya memang memutuskan bagi membeli bibit dari toko pertanian atau online, maka berikut ini adalah ciri berpunca konsentrat betik california yang baik dan berkualitas tahapan:

  • Dibungkus dengan plastik alumunium foil, sehingga sari kian resistan akan baja.
  • Taktik tumbuhnya tinggi
  • Presentasi buah sempurna mengaras 70% bertambah
  • Musim bermain ekstrak dibatasi cuma sampai 5 wulan

Yeni Feriyani, S.P                 PPL Jawatan Pertanian

Sumber:

htpps://ilmubudidaya.com/cara-memintal-esensi-kates-california-yang-bagus/

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/76069/Cara-Memilih-Bibit-Pepaya-California-Yang-Bagus/