Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan Dan Betina Umur 1 Bulan


Unduh PDF


Unduh PDF

Menentukan keberagaman kelamin seekor ayam kalkun mudah dilakukan sekiranya Sira banyak berlatih. Terserah beberapa karakteristik yang bisa Dia amati bagi mengidentifikasi ayam jantan dan betina, doang beberapa karakteristik tersebut memang hanya boleh dikenali jika Kamu mengamati ayam dengan saksama. Selain itu, ayam kalkun jantan yang masih katai terkadang tidak memiliki karakteristik ayam bahadur dewasa sehingga dapat pas membingungkan cucu adam yang melihatnya. Oleh sebab itu, sebaiknya taksir lagi umur mandung kalkun saat mencoba mengenali jenis kelaminnya.

  1. 1

    Bandingkan ukurannya.
    Ayam kalkun dakar makin besar daripada yang betina. Jika Anda melihat segerombolan kalkun, ayam jantan umumnya kelihatan jauh bertambah ki akbar ketimbang lebah ratulebah di sekitarnya.

    • Ayam kalkun jantan dewasa galibnya n kepunyaan berat antara 7 sampai 11 kg, sementara betinanya memiliki susah sekitar 3,5 sebatas 4,5 kg.
    • Matra seekor ayam jago kalkun sulit ditebak dari kejauhan, terutama jika ayam tersebut sendirian atau bergerombol bersama kelompoknya di wilayah nan tidak datar. Jika demikian, mandu ini tidak dapat diandalkan kerjakan menebak diversifikasi kelamin kalkun, tetapi loyal boleh digunakan bakal mengonfirmasi tebakan Sira saat karakteristik-karateristik lainnya telah teridentifikasi.
  2. 2

    Perhatikan janggutnya.
    Ayam kalkun jantan dewasa n kepunyaan janggut dari rambut nan menggantung di dadanya, sedangkan kalkun betina tidak memilikinya.[1]

    • Janggut kalkun tampak terbuat berbunga rambut, sekadar sreg kenyataannya janggut ini terdiri berpunca surai-bulu unik yang membentuk gumpalan bulu kaku.
    • Terdahulu bagi dicatat bahwa 10 sampai 20 uang ayam jago kalkun betina sekali lagi n kepunyaan janggut. Jadi, metode ini tidak selamanya akurat.
    • Jangan keliru membedakan janggut dengan ranggah atau pial. Menjolok yaitu daging yang tumbuh di atas kepala ayam, temporer menjolok yaitu daging yang terkelepai di bawah paruhnya. Semua kalkun memiliki kedua situasi tersebut, meskipun gelambir pada jantan dewasa biasanya bertambah besar daripada betina.
  3. 3

    Bahas putaran atas kepalanya.
    Ayam kalkun lebah ratulebah memiliki bulu kecil yang ki bertambah dari putaran atas kepalanya, sementara sebagian besar ayam kalkun gagah kepalanya tidak berambut.

    • Misal tambahan, kepala seekor ayam aduan kalkun jantan akan melongok corak sesuai dengan tingkat rangsangannya, terutama di tahun susunan. Kepala mereka dapat berubah warna dari merah ke biru, silam ke jati. Hal ini dapat berlangsung kerumahtanggaan waktu sejumlah momen saja.
    • Catatlah bahwa ayam jantan kalkun lebah ratulebah biasanya memiliki daging bercelup abu kebiruan yang terpandang jelas puas bagian bawah rambut kecil di kepalanya.
  4. 4

    Perhatikan dandan kalkun.
    Ayam kalkun jantan memiliki bulu yang tertentang lebih pendar. Sedangkan, ayam betina memiliki bulu yang lebih putih lesi, serta tampilan yang kurang menggelandang.

    • Secara tersendiri, mandung bagak umumnya n kepunyaan rambut bercat-warni yang terdiri berpokok warna sirah, hijau, cokelat tembaga, perunggu, atau emas nan mengilap. Ayam kalkun jantan memperalat surai warna-warni ini cak bagi menarik perhatian mandung kalkun betina di musim kawin. Semakin radikal rona bulunya, semakin sukses si jantan menyeret pikiran para betina.
    • Mandung kalkun betina n kepunyaan surai bercat abu-abu alias cokelat yang kurang ekstrem. Tugas mencari pasangan berada di tangan kalkun bahadur, sehingga para betinanya tidak memerlukan bulu berwarna-warni. Selain itu, warna surai nan pucat membuat para betina dapat berintegrasi dengan lingkungan di sekitarnya sehingga mereka lebih kesepakatan saat duduk melindungi sarang.
  5. 5

    Amati ekornya.
    Ayam kalkun nyali sering kali mengangkat ekor mereka dengan pola seperti kipas angin. Temporer itu, kalkun betina cerbak menurunkan ekor dan tidak mengangkatnya .

    • Melebarkan ekor dilakukan buat menunjukkan kontrol. Mandung kalkun jantan biasanya melakukan hal ini saat menyedang menarik perhatian betina di hari susunan atau untuk menakuti musuh yang mendekat.
  6. 6

    Amati kerelaan taji di kaki kalkun.
    Kedua suku ayam kalkun jantan memiliki taji alias tonjolan berbentuk gonjong yang terlihat terbit kejauhan. Ayam kalkun betina memiliki tungkai yang mulus dan lain bersungga.

    • Taji digunakan bagi melindungi diri dan menunjukkan dominasi. Ayam kalkun jantan menggunakannya bagi memaki predator dan para jodoh di waktu pertautan.
    • Terlepas dari ada-tidaknya susuh di kaki, tampilan kaki mandung kalkun jantan dan betina tampak sama. Semua kalkun memiliki tungkai bercat oranye kemerahan dengan empat jari di masing-masing suku.
  7. 7

    Dengarkan suaranya.
    Cuma ayam aduan kalkun jantan yang membuat suara miring berkokok. Kalkun betina hanya mengeluarkan suara berdenting atau meletus yang halus, tetapi pada umumnya, mereka tidak kerunyuk.

    • Selaras seperti meluaskan ekor, kerunyuk lagi merupakan aksi untuk menunjukkan pengaruh. Ayam jantan kalkun jantan berkokok untuk menakuti predator dan saingan di hari pertalian.
  1. 1

    Selidik rambut dadanya.
    Bulu di bagian dada bawah mandung kalkun gagah dewasa memiliki ujung bercelup hitam. Ayam kalkun betina n kepunyaan simbar bercelup putih, cokelat, alias perunggu di putaran ujungnya.[2]

    • Momen mengusut surai dada kalkun, patut lihat rambut yang suka-suka di 2/3 bagian pangkal dadanya.
    • Penting untuk memahami bahwa cara ini saja akurat untuk menentukan kelamin kalkun dewasa. Semua kalkun yang belum dewasa punya ujung rambut berwarna kekuningan sehingga rona bulu kalkun gagah dan betina tampak setinggi.
  2. 2

    Ukur panjang kakinya.
    Selain lebih besar, kalkun nekat pun memiliki kaki-kaki nan lebih panjang daripada kalkun betina.[3]

    • Sebagian besar kalkun dakar memiliki kaki sepanjang 15 cm, tentatif kalkun betina n kepunyaan tungkai dengan panjang sekitar 11,5 cm.
  1. 1

    Ukur panjang janggut kalkun.
    Janggut seekor ayam kalkun nyali dewasa bertambah panjang daripada kalkun jantan yang belum dewasa. Biasanya, kalkun jantan yang belum dewasa memiliki brewok sepanjang 15 cm maupun lebih sumir.

    • Plong usia dua musim, sebagian besar ayam kalkun punya brewok sepanjang 23 sampai 25 cm. Ayam kalkun dengan janggut yang makin panjang bermula 25 cm biasanya berusia lebih mulai sejak 3 tahun, tetapi lazimnya janggut kalkun tidak tumbuh bertambah dari 28 cm.
  2. 2

    Lihatlah bulu di sayapnya.
    Bertambah tepatnya, lihatlah babak ujung surai sayap kalkun. Garis zakiah yang cak semau di tiap bulunya harus mundur setakat ujung apabila kalkun tersebut ialah kalkun bagak dewasa, provisional kalkun jantan nan belum dewasa tidak memiliki ujung surai berwarna.

    • Bagian ujung surai kalkun dewasa kebanyakan juga berbentuk membundar, tentatif kalkun nan belum dewasa ujung bulunya gonjong.
    • Lakukan berkat hasil terbaik, rentangkanlah sayap sampai mekar sempurna, adv amat bahas fragmen bulu yang paling asing. Warna dan bentuk berusul bulu sayap lainnya bisa berubah-ubah. Karena itu, bulu di bagian luarnya boleh memberikan Anda hasil nan paling akurat.
  3. 3

    Periksa rambut ekornya.
    Kembangkan bulu ekor kalkun atau tunggulah sampai ia melakukannya sendiri. Surai di fragmen tengah ekor ayam kalkun bahaduri yang belum dewasa terpandang lebih tinggi daripada bulu lainnya, sementara kalkun jantan dewasa n kepunyaan bulu yang panjangnya sama rata.

    • Baik ayam jantan kalkun dewasa maupun yang masih cukup umur memiliki tanda di ekornya. Warna terbit keunggulan ini sangat berbagai macam, tersampir pada jenis spesies hewan, serta tidak dapat digunakan untuk menebak perbedaan umurnya.
    • Catat bahwa ekor kalkun dewasa umumnya mempunyai panjang antara 30 – 38 cm, sementara ekor kalkun yang masih muda biasanya lebih ringkas. Hierarki ekor kalkun muda habis heterogen, terampai pada usia dan tingkat pertumbuhannya.
  4. 4

    Lihatlah surai dadanya.
    Semua kalkun muda memiliki ujung bulu berwarna kekuningan di 2/3 adegan bawah dadanya, copot dari spesies kelaminnya.

    • Catat bahwa simbar kalkun mulai dewasa cenderung lebih pipih dengan bagian ujung yang agak membundar, sementara kalkun dewasa memiliki ujung rambut berbentuk persegi.
  5. 5

    Selidik taji-tajinya.
    Ayam kalkun jantan yang masih muda dan mutakadim dewasa memiliki taji di kaki-kakinya, sahaja jalu pada kalkun nan masih muda tertentang sebagaimana aksen karena masih dalam proses pertumbuhan.[4]

    • Kalkun jantan yang belum dewasa memiliki tegil dengan panjang tekor pecah 1,25 cm.
    • Di umur dua perian, ayam aduan kalkun nyali punya taji sepanjang 1,25 sampai 2,2 cm. Pada sukma tiga tahun, taji akan bertaruk hingga 2,2 sampai 2,5 cm. Mandung kalkun jantan yang berusia lebih dari catur hari memiliki taji sepanjang 2,5 cm alias bertambah.

  • Secara sah, ayam kalkun jantan disebut
    gobbler, sedangkan kalkun lebah ratulebah disebut
    hen.
  • Umpama tambahan, kawanan kalkun disebut
    rafter. Hal ini berlaku bakal semua kawanan kalkun, tanggal dari apakah kawanan tersebut terdiri dari satu kelamin atau campuran dari dua kelamin.[5]

Mengenai wikiHow ini

Pekarangan ini sudah diakses sebanyak 9.978 bisa jadi.

Apakah artikel ini kondusif Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Mengetahui-Jenis-Kelamin-Ayam-Kalkun